Perbedaan Complement Dan Compliment Serta Contoh Kalimatnya


Hai sobat, kamu pernah dengar kata Complement dan Compliment? Taukah kamu apa arti dari kedua kata tersebut? Kalau jawabannya belum, itu sangat wajar sobat. Perbedaan antara Complement dan Compliment ternyata memang sering menjadi sumber perdebatan. Hal ini karena kata Complement dan Compliment memiliki kemiripan yang bisa dibilang cukup ekstrim. Coba saja kita perhatikan dari bentuknya, hanya terdapat satu huruf pembeda saja yaitu “e” dan “i”. Bahkan kedua kata ini pun ternyata bersifat homophone yang artinya keduanya memiliki cara pengucapan yang sama dan akan terdengar sebagai bunyi yang sama di telinga kita namun dengan arti yang berbeda.

Untuk sobat yang ingin tau apa perbedaan antara Complement dan Compliment serta pengertian dari masing-masing kata tersebut, silahkan baca penjelasan singkat yang akan saya berikan di bawah ini. Saya harap dengan membaca informasi yang ada dalam tulisan kali ini, sobat tidak bingung lagi kedepannya dalam membedakan penggunaan kata Complement dan Compliment. – Bigbanktheories.com

Complement vs Compliment

Perbedaan Complement Dan Compliment Serta Contoh Kalimatnya

Pengertian Complement dan Compliment

Menurut saya, untuk membedakan arti kata Complement dengan Compliment itu sebenarnya tidak sulit. Yang sulit adalah untuk mengingat kata yang tepat saat kita ingin menggunakannya, apakah yang mengandung huruf “e” atau yang mengandung huruf “I”. Untuk memudahkan kamu memahami nya, ayo kita mulai dari pengertian masing-masing kata tersebut.

Related: Key Of English Crossword Puzzle Exercise For Beginner

Kata “Complement” artinya “Pelengkap”

Kata “Compliment” artinya “Pujian”

Bagaimana sobat? Sangat berbeda ya ternyata arti dari kata Complement dan Compliment. Nah di bawah ini, kita akan mempelajari lebih jauh tentang kedua kata tersebut.

Complement

Seperti yang sudah dinyatakan di atas, kata Complement artinya “Pelengkap”. Apa yang dimaksud dengan pelengkap di sini? Ini artinya sesuatu yang bersifat melengkapi suatu hal yang lain, bisa dikatakan jika sesuatu dikatakan dapat melengkapi suatu hal, maka keduanya itu nampak cocok saat bersama. Contohnya saat kita menggunakan dasi yang warna dan corak nya sesuai dengan kemeja yang kita gunakan, maka kita bisa katakana bahwa dasi tersebut merupakan “complement” atau “pelengkap” dari kemeja kita.

Compliment

Kata “Compliment” artinya adalah “Pujian”. Saya rasa tidak perlu penjelasan panjang lebar ya tentang kata yang satu ini, sobat semua tentunya tau betul seperti apa yang disebut dengan pujian itu. Kalimat-kalimat menyanjung seperti “the shirt looks good on you.” Atau “I like your new haircut”, atau juga “you look so fresh this morning”, semuanya merupakan contoh dari “Compliment” atau “Pujian”.

Perlu saya tambahkan sedikit, kalo menurut saya pribadi, sesuatu hal yang bersifat “Complement” dalam beberapa situasi dapat menimbulkan “Compliment”, seperti misalnya contoh keserasian antara dasi dan kemeja yang kita gunakan, saat ada orang lain yang menilai bahwa perpaduan kedua nya terlihat serasi, maka sangat besar kemungkinan orang tersebut akan melontarkan “pujian” atas pakaian kita.

Penggunaan Kata Complement dan Compliment dalam kalimat

Setelah kita memahami pengertian kata Complement dan Compliment, ini saatnya kita mempelajari bagaimana penggunaan kedua nya dalam kalimat. Perlu sobat ketahui bahwa kedua kata ini saat digunakan dalam kalimat mampu berperan sebagai verb (kata kerja) dan juga noun (kata benda). Nah, perhatikanlah beberapa contoh penggunaan kata Complement dan Compliment dalam kalimat di bawah ini!

Contoh Penggunaan Kata Complement dan Compliment dalam kalimat

Complement

The dessert complemented the food perfectly.

(Hidangan pencuci mulut itu melengkapi makanan itu dengan sempurna.)

The butterfly park is the complement of this residence.

(Taman kupu-kupu itu adalah pelengkap dari perumahan ini.)

Compliment

The teacher complimented Razak on his paintings.

(Guru itu memuji Razak atas lukisannya.)

Mr. Subagyo seemed so happy when Miss Tina gave him a compliment.

(Pak Subagyo Nampak begitu bahagia saat bu Tina memberinya sebuah pujian.)

Bagaimana sobat, sudah jelas kan sekarang apa perbedaan antara Complement dan Compliment. Sampai disini penjelasan singkat yang bisa saya berikan, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih banyak untuk waktu yang sudah kamu luangkan kali ini, jangan lupa pelajari juga Pengertian Complex Transitive Verb Beserta Contoh Lengkapnya.

Referensi:

  1. Perbedaan antara Complement dan Compliment beserta Contoh Kalimat – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-complement-compliment – Diakses tanggal 25 Juli 2018
  2. Compliment or Complement – https://blog.oxforddictionaries.com/2011/04/13/compliment-or-complement/ – Diakses tanggal 25 Juli 2018
  3. “Compliment” versus “Complement” – https://www.quickanddirtytips.com/education/grammar/compliment-versus-complement – Diakses tanggal 25 Juli 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *