Perbedaan Click Dan Clique Dalam Bahasa Inggris


Click dan Clique adalah dua kata yang terlihat mirip. Tidak hanya dari spelling atau ejaannya, pengucapannya pun mirip, bahkan sangat mungkin jika kita salah dalam mengucapkannya karena menganggapnya sebagai dua kata yang bersifat homophone. Tapi ternyata meski hanya sedikit, jika yang mengucapkan nya adalah native speaker, maka akan terlihat perbedaan antara kedua nya.

Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari perbedaan antara “Click” dan “Clique” yang selama ini sering dikategorikan sebagai common misused words in English. Untuk kamu yang penasaran akan perbedaan kedua kata ini, silahkan baca penjelasan singkat yang akan saya berikan kali ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Click dan Clique Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Click Dan Clique Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan “Click” dan “Clique”

Sobat, taukah kamu bahwa ternyata perbedaan antara kata “Click” dan “Clique” juga sering membingungkan native speaker Bahasa Inggris? Ya, ternyata ini benar adanya. Berdasarkan informasi yang saya temukan di internet, sering kali penutur asli Bahasa Inggris salah dalam menuliskan kata ini, saat yang dimaksudkan adalah “Click” namun yang ditulis adalah “Clique”.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Cuppa Dalam Bahasa Inggris

Salah satu penyebabnya menurut saya mungkin karena kedua kata ini memiliki kesamaan, yaitu sama-sama bisa dan sering digunakan untuk merujuk pada hubungan pertemanan anak-anak sekolah di Amerika. Jika kita kaji dari sisi ilmu sosial, kedua kata ini ternyata merujuk pada jenis kelompok pertemanan remaja atau dalam Bahasa Inggris nya disebut dengan “Teen Social Groups” dimana salah satu nya dinilai sebagai kelompok pertemanan yang bersifat “Positive” sedangkan yang satu lagi dianggap sebagai kelompok pertemanan yang bernilai “Negative”. Jadi, manakah yang bersifat positive, “Click” ataukah “Clique” ? Jadi penasaran kan hehe, silahkan lanjutkan membaca penjelasan di bawah ini.

Menurut artikel yang saya baca di website insearchofmecafe(dot)com, kata “Click” lah yang ternyata merujuk pada kelompok pertemanan yang bersifat positive. Dalam tulisannya, sang penulis menyatakan bahwa “Friend groups made up of kids who “click” are usually healthy” atau dalam Bahasa Indonesia nya “Kelompok pertemanan yang terbentuk dari anak-anak yang merasa “click” atau memiliki kecocokan biasanya merupakan pertemanan yang sehat”. Dalam penjelasannya diilustrasikan sebuah kelompok pertemanan yang terdiri dari beberapa orang dimana anggota kelompok tersebut bisa saling menghargai perbedaan antar satu dan yang lainnya, namun tetap memiliki rasa kesamaan yang menyatukan mereka, sehingga masing-masing anak dalam kelompok tersebut masih tetap bisa mengejar dan mengembangkan diri ke arah minat nya masing-masing, serta dapat memperluas jaringan pertemanan nya masing-masing tanpa harus merasa “menghianati” atau “dihianati” kelompok tersebut. Bahkan masing-masing anak pun bisa membawa dan mengenalkan teman baru kedalam kelompok tersebut tanpa perlu merasa akan ada kecemburuan atau persaingan nantinya.

Berbeda dengan definisi kelompok pertemanan yang bersifat “Click”, kelompok pertemanan yang disebut dengan “Clique” ternyata memiliki konotasi yang negative di kalangan remaja. Dalam artikel tersebut dinyatakan bahwa “Cliques aren’t necessarily made up of people who “click”. Instead, they are organized around power and popularity.” Atau jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya “Cliques tidak selalu dibentuk dengan orang-orang yang merasa “click” atau cocok. Malahan, mereka dibentuk dengan berdasarkan kekuatan dan popularitas”. Saya yakin kita sudah sangat familiar dengan jenis kelompok pertemanan yang seperti ini ya, kita bisa dengan mudah menemukan contoh nya dalam film-film Holywood bertemakan remaja atau anak sekolah.

Nah, itu tadi perbedaan antara kata “Click” dan “Clique” jika dilihat dari sudut pandang ilmu sosial. Sekarang kita akan mendiskusikan pengertian serta perbedaan antara keduanya dilihat dari sudut pandang ilmu bahasa.

Dari sisi ilmu bahasa, kata “Click” dan “Clique” juga memiliki perbedaan. Dari beberapa sumber yang saya baca, kata “Clique” ternyata memang merujuk pada “kelompok pertemanan”. Bisa dikatakan kata ini merupakan julukan bagi kelompok pertemanan yang cenderung membawa dampak yang tidak baik bagi anggota nya. Berikut beberapa kutipan yang saya temukan:

English-for-students(dot)com

Clique: small group of people often with shared interests who associate closely and exclude others from their group

“Sekumpulan orang-orang yang biasanya memiliki ketertarikan yang sama yang menjalin hubungan dekat dan tidak mengikut sertakan orang lain dalam kelompok tersebut”

Wordsmile(dot)com

Clique: an exclusive group of people

“Kelompok yang bersifat eksklusif”

Yang intinya semua mengarah pada jenis kelompok pertemanan yang telah saya jelaskan di atas. Tapi hal yang menarik adalah jika kamu memasukkan kata “Clique” dalam Google Translate, maka kamu akan menemukan bahwa kata ini diterjemahkan sebagai “Klik” / “Click” juga. Saya juga tidak tau alasannya, tapi mungkin saking sering nya kedua kata ini tertukar, Google pun akhirnya memutuskan untuk mengangap nya sama hehe.

Nah, sekarang kita akan membahas pengertian kata “Click” yang ternyata memiliki beberapa arti.

Beberapa Pengertian Click

Click – Noun (Kata Benda)

Suara yang singkat namun keras seperti misalnya suara mengunci gembok

Click – Verb (Kata Kerja)

Menghasilkan suara singkat dan keras (menghasilkan bunyi “klik”)

Merasa atau menjadi cocok dengan seketika (terhadap seseorang)

Menjadi terkenal

Secara tiba-tiba paham atau merasa sesuatu menjadi jelas

Menekan tombol pada “mouse computer” atau alat penunjuk lainnya untuk menjalankan suatu operasi komputer.

Oke deh sobat, itu saja sepertinya yang bias saya sampaikan terkait pengertian serta perbedaan antara kata “Click” dan “Clique” semoga bisa memberikan pemahaman serta pengetahuan baru bagi sobat pembaca semua. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah kamu luangkan untuk membaca tulisan ini hingga selesai, sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya dan jangan lupa baca juga Pengertian Colon Punctuation Di Bahasa Inggris Dan Fungsinya.

Referensi:

  1. Fitting In – Click or Clique? – http://www.insearchofmecafe.com/fittingIn/fittingIn_clickClique.aspx – Diakses tanggal 15 September 2018
  2. What is the difference between Click and Clique? – http://www.english-for-students.com/What-is-the-difference-between-Click-and-Clique.html – Diakses tanggal 15 September 2018
  3. Perbedaan antara “Click” dan “Clique” beserta Contoh Kalimatnya – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-click-clique – Diakses tanggal 15 September 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *