Perbedaan Antara Later Dan Latter Serta Contoh Penggunaannya


Later dan latter adalah dua kosakata yang sangat mirip ya jika kita lihat sekilas dari urutan huruf nya, yang membedakan adalah adanya dua huruf “t” dalam kata “latter”. Perlu kita garis bawahi bahwa kedua kosakata ini “sangat mirip”, dan bukan berarti “sama”, karena memang ada perbedaan antara kata later dan juga latter. Dimana kah letak perbedaan itu? Dan seperti apa pula contoh penggunaan masing masing vocabulary tersebut dalam kalimat? Simak artikel berikut ini untuk menemukan penjelasannya. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Later Dan Latter

Perbedaan Later Dan Latter Serta Contoh Penggunaannya

Perbedaan Later dan Latter

Perbedaan antara Later dan Latter terletak pada makna atau arti dari masing masing kata tersebut. Selain itu jika ditelusuri lebih jauh, sebenarnya kedua kata ini juga datang dari part of speech yang berbeda, kata Later merupakan sebuah adverb (kata keterangan), sedangkan kata Latter adalah sebuah adjective (kata sifat). Nah itulah tadi perbedaan antara kedua kata ini dilihat dari sisi part of speech, dan untuk perbedaan makna antara Later dan Latter, penjelasan nya adalah sebagai berikut:

Jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia, Later artinya “nanti” atau “kemudian”, sedangkan penjelasan dalam Bahasa Inggris untuk kata Later menyatakan “something to happen in the future” atau dalam terjemahan Bahasa Indonesianya menjadi “sesuatu yang akan terjadi di masa depan”. Jika dipikir pikir, benar juga kalau kita menerjemahkan kata Later sebagai kata Nanti dalam Bahasa Indonesia ya sobat, kan memang kalau kita bilang nanti, berarti pelaksanaannya tidak sekarang, tapi di waktu kemudian atau masa depan.

Related: Berbagai Contoh Informal Contractions Dalam American English

Kata Latter jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya “yang belakangan” atau “yang terakhir”. Sedangkan untuk penjelasan dalam Bahasa Inggrisnya, dinyatakan bahwa “Latter is an adjective to describe something that happens or exists after something else, or toward the end of something, as opposed to the beginning” atau jika terjemahkan maka artinya adalah “Latter adalah sebuah kata sifat untuk menerangkan sesuatu yang terjadi atau muncul setelah sesuatu yang lain, atau jika diibaratkan awal dan akhir maka yang dimaksud adalah bagian akhir.

Gimana sobat, sampai disini bisa dimengerti? Kalau masih bingung bingung sedikit nggak masalah hehe, karena berikut ini kami akan menampilkan beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata Later dan Latter, dan dengan mengamati kalimat beserta terjemahannya sobat pasti akan memahami apa yang sudah kami jelaskan di atas, sip ya, yuk lanjut.

Contoh Kalimat Later dan Latter

I’m sorry, I can’t talk to you right now. I’ll call you later.

(Saya minta maaf, saya tidak bisa bicara denganmu sekarang. Saya akan meneleponmu nanti.)

Sunda Kelapa was later renamed Jakarta.

(Sunda Kelapa kemudian diganti namanya menjadi Jakarta.)

Three months later they accidentally meet in the drugstore.

(Tiga bulan kemudian mereka tanpa sengaja bertemu di toko obat.)

If you didn’t study seriously, you will regret it later.

Jika kami tidak belajar dengan serius, kamu akan menyesal nantinya.

Help me change the light bulb now, you can finish your homework later.

(Bantu aku mengganti bohlam lampu sekarang, kamu bisa menyelesaikan PR mu nanti.

Of the two series Avenger movies, I prefer the latter.

(Dari dua seri film Avenger, saya lebih menyukai yang kedua.)

My father offered me a job as a teacher or a blogger, and I choose the latter.

(Ayah saya menawari pekerjaan sebagai seorang guru atau seorang blogger, dan saya memilih yang kedua.)

I have a turtle and a cat. Of the two, the latter is my favorite.

(Saya punya seekor kura kura dan seekor kucing. Dari keduanya, yang terakhir adalah kesukaan saya.)

My mother has a secret recipe in making cookies and bakpao. The latter is the most delicious one.

(Ibu saya punya resep rahasia dalam membuak kukis dan bakpao. Yang terkahir adalah yang paling lezat.)

Itulah tadi penjelasan tentang perbedaan Later dan Latter dan juga beberapa contoh kalimatnya. Semoga dengan informasi yang kami kemas dalam artikel kali ini, bisa membantu teman teman dalam memahami perbedaan penggunaan kata Later dan Latter dalam Bahasa Inggris. Jika ada kekurangan dalam materi yang kami tampilkan kami minta maaf, terimakasih untuk kunjungannya dan sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Perbedaan Antara Later dan Latter – http://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-later-latter – Diakses tanggal 31 Januari 2017
  2. Later vs Latter – http://grammarist.com/usage/later-vs-latter/ – Diakses tanggal 31 Januari 2017
  3. Later vs. Latter – Rules, Examples & Exercises – http://www.gingersoftware.com/content/grammar-rules/adjectives/later-vs-latter/ – Diakses tanggal 31 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *