Perbedaan Antara Immanent, Imminent, Eminent Dan Prominent


Sobat, apakah kamu tau apa perbedaan antara keempat kata yang kami sebutkan di judul artikel ini? Atau mungkin kamu sekarang justru sedang mencari penjelasannya? Jika iya, coba deh baca sebentar penjelasan singkat dalam artikel kali ini. Di sini kami ingin mencoba menjelaskan tentang perbedaan antara kata Immanent, Imminent, Eminent dan juga Prominent berdasarkan pemahaman yang kami miliki. Kami harap apa yang kami bagikan kali ini bisa membantu sobat pembaca untuk memahami penggunaan keempat kata tersebut dengan tepat.

Sebenarnya keempat kata tersebut tidaklah termasuk kedalam homophones (kosakata yang terdengar sama pengucapannya ditelinga kita). Namun hingga saat ini masih banyak lho yang bingung dalam membedakan mereka. Kata Immanent ternyata sering tertukar dengan kata Imminent yang memang mirip dari segi bentuk. Kata Imminent dan Eminent juga sering menimbulkan kebingungan karena terdengar mirip pengucapannya. Dan juga kata Eminent dengan Prominent yang ternyata membingungkan dari segi makna yang dimilikinya. Kalau saat ini sobat juga mengalami kebingungan yang sama, yuk kita temukan penjelasan singkatnya dalam artikel berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Kata Immanent, Imminent, Eminent Dan Prominent Dalam Kalimat

Perbedaan Antara Immanent, Imminent, Eminent Dan Prominent

Immanent, Imminent, Eminent atau Prominent?

Untuk memahami perbedaan antara keempat adjective (kata sifat) berikut ini: Immanent, Imminent, Eminent dan juga Prominent, kita harus mengetahui pengertian dari masing masing kata tersebut. Barulah setelah itu kita memperhatikan bagaimana contoh penggunaannya yang tepat dalam kalimat. Oleh karena itu, perhatikanlah penjelasan singkat berikut ini.

Related: Pengertian Serta Perbedaan Loose Dan Lose

Immanent

Arti kata “Immanent” jika kita coba cari melalui Google adalah “existing or operating within; inherent” yang jika kita terjemahkan dalam Bahasa Indonesia maksudnya kira kira adalah “ada di dalam atau beroprasi di dalam; melekat”. Mungkin masih sulit ya bagi kita untuk benar benar bisa membayangkan makna yang ditangkap oleh kata “Immanent” dengan hanya berlandaskan terjemahan ini. Untuk itu kami telah mencari penjelasan dari beberapa sumber dan merangkup poin penjelasan tersebut, dan ternyata kata Immanent ini umumnya digunakan untuk mengungkapkan hal hal yang berhubungan dengan “spiritual presence” atau bisa kita terjemahkan dengan “keberadaan roh / hal hal yang bersifat batiniah”. Nah, dengan begini jadi lebih bisa dipahami ya makna dari kata Immanent tadi. Ini adalah salah satu contoh penggunaan kata Immanent dalam kalimat:

“The protection of liberties is immanent in constitutional arrangements.”

Imminent

Jika kita cari di Google, maka kita akan menemukan bahwa arti kata “Imminent” adalah “about to happen” atau dalam Bahasa Indonesia nya “akan terjadi” atau “sebentar lagi terjadi/muncul”. Untuk adjective yang satu ini saya rasa tidak sulit bagi kita untuk memahami maksud dan cara penggunaannya ya, karena maknanya cukup jelas. Lalu kenapa kita perlu membahas nya dalam artikel kali ini? Alasannya adalah karena penggunaan kata “Imminent” ini masih sering tertukar dengan kata “Eminent” yang terdengar mirip saat diucapkan, padahal artinya sangat berbeda. Berikut ini adalah salah satu contoh penggunaan kata Imminent yang tepat dalam kalimat:

“The National Examination is imminent.”

Eminent

Kata “Eminent” juga merupakan sebuah adjective yang artinya “famous and respected within a particular sphere or profession” atau dalam Bahasa Indonesia nya “terkenal dan dihormati dalam lingkungan atau profesi tertentu”. Bagaimana sobat, setelah kamu mengetahui artinya, ternyata kata “Eminent” ini sangat berbeda kan dengan kata “Imminent” yang kita bahas di atas, malahan sebenarnya jika dilihat dari segi makna, kata ini lebih membingungkan jika dibandingkan dengan kata “Prominent” yang memiliki kemiripan makna dengannya. Sekarang kita lihat dulu sebuah contoh penggunaan kata Eminent yang tepat dalam kalimat.

“The photo was taken by Dody Kusuma, one of the most eminent photographer from Indonesia.”

Prominent

Kata “Prominent” memiliki arti “important; famous” atau dalam Bahasa Indonesia nya “penting; terkenal”. Dari pengertiannya ini tentu kamu menyadari bahwa kata “Prominent” ternyata memiliki kemiripan makna dengan kata “Eminent” di atas. Lalu apa yang membedakannya ya? Nah hal ini akan kita bahas di bagian selanjutnya. Sekarang, perhatikanlah contoh penggunaan kata Prominent dalam kalimat berikut ini.

“Drizella is a prominent character in Cinderella story.”

Perbedaan Eminent dan Imminent

Setelah membaca pengertian untuk masing masing adjective di atas, tentu kamu tau bahwa kata Eminent dan Imminent memang sangatlah berbeda. Sekarang kami akan membagikan sebuah cara mudah dalam mengingat penggunaan kedua kata ini agar tidak tertukar. Cara ini merupakan poin yang kami temukan dari website “vocabulary.com”, silahkan sobat cek di bagian referensi jika ingin mengunjungi halaman asli nya.

Cara mudah yang bisa kita lakukan dalam membedakan penggunaan kata Eminent dan Imminent adalah dengan menyamakan kata “Eminent” dengan “Eminem”. Saya yakin sobat pasti tau ya dengan “Eminem”, ya benar sekali Eminem merupakan nama seorang penyanyi lagu rap asal Amerika yang sangat terkenal. Dengan begini kita akan mudah mengingatnya, jika Eminent = Eminem , maka Eminem artinya Terkenal. Sedangkan untuk kata “Imminent” kita bisa menyamakannya dengan “In a minute” yang bisa kita artikan “segera” atau hanya dalam hitungan menit. Bagaimana, mudah kan?

Perbedaan Eminent dan Prominent

Untuk membedakan antara Eminent dan Prominent memang agak sedikit sulit ya, karena makna dari kedua kata ini hampir sama, yaitu membicarakan sesuatu atau seseorang yang terkenal. Perbedaan yang perlu kita ketahui adalah “Eminent” mengandung makna terkenal dan dihormati atau diakui karena proses pelatihan, pendidikan atau pengalaman yang membuat seseorang itu menjadi ahli atau sangat baik dalam melakukan suatu hal. Sedangkan untuk Prominent, kata ini mengandung makna dikenal secara luas atau seseorang yang penting, atau sesuatu yang bisa dengan mudah dilihat/disadari keberadaannya. Bisa kita katakan bahwa seseorang mungkin saja “prominent” tanpa harus “eminent”. Bagaimana sobat, bisa dimengerti ya.

Oke deh, itu saja sedikit pembahasan yang bisa kami berikan berkaitan dengan perbedaan antara kata Immanent, Imminent, Eminent dan juga Prominent. Kami harap informasi yang kami bagikan kali ini bermanfaat bagi sobat pembaca semua, dan semoga kamu menyukainya. Sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya dan jangan lupa baca artikel terbaru kami yang berjudul Emphatic “Do” Dalam Grammar Bahasa Inggris dan Contohnya.

Referensi:

  1. Perbedaan antara Eminent dan Imminent – https://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-eminent-imminent – Diakses tanggal 6 September 2017
  2. Eminent vs. Immanent vs. Imminent – https://www.englishgrammar.org/eminent-immanent-imminent/ – Diakses tanggal 6 September 2017
  3. Eminent vs. Immanent vs. Imminent – http://grammarist.com/usage/immanent-imminent-eminent/ – Diakses tanggal 6 September 2017
  4. Eminent / Imminent – https://www.vocabulary.com/articles/chooseyourwords/eminent-imminent/ – Diakses tanggal 6 September 2017
  5. Eminent / Prominent – http://www.bbc.co.uk/worldservice/learningenglish/grammar/ask_about_english/080930/ – Diakses tanggal 6 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *