Perbedaan Antara Illness Dan Disease Dalam Bahasa Inggris


Dalam artikel sebelumnya kita sudah membahas berbagai nama penyakit dalam Bahasa Inggris. Tapi apa kita sudah tau apa Bahasa Inggris nya “penyakit” ? Apakah illness? Ataukah disease? Karena kedua kata ini memang berhubungan dengan kata “sakit” ataupun “penyakit” dalam Bahasa Indonesia, namun manakah yang merupakan terjemahan yang tepat untuk kata “penyakit” dalam Bahasa Inggris? Kita akan menemukan penjelasan nya dalam artikel yang membahas tentang perbedaan antara illness dan disease dalam Bahasa Inggris berikut ini. – Bigbanktheories.com

Illness vs Disease

Perbedaan Antara Illness Dan Disease Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Illness dan Disease

Kita mungkin sudah sering sekali mendengar kata illness dan disease digunakan di keseharian kita. Namun ternyata masih banyak yang menggunakan kedua kata ini secara tidak tepat karena tidak mengerti perbedaan mendasar antara illness dan disease, keduanya kadang juga dianggap sebagai satu hal yang sama yaitu “penyakit”, padahal sebenarnya tidak begitu.

Tanpa kita sadari, mungkin kita juga termasuk salah satu orang yang masih bingung dengan perbedaan kedua kata ini, misalnya saja nih kamu ingin mengungkapkan kalimat berikut dalam Bahasa Inggris “saya sudah lama mengidap penyakit ini”, apakah kamu akan menggunakan kata “illness” ataukah kata “disease” ? Nah, jika kamu masih bingung dengan pertanyaan ini, berarti kamu perlu membaca penjelasan berikut ini sampai selesai.

Related: English Crossword Puzzle – Vocabulary Exercises For Beginner

Berdasarkan sumber yang kami temukan, illness dan disease memang memiliki kesamaan yaitu pada perasaan yang ditimbulkan terhadap penderita. Baik illness maupun disease keduanya sama sama mengakibatkan perasaan tidak nyaman, sakit atau perasaan tidak menyenangkan terhadap penderita. Meski memiliki dampak yang sama terhadap penderita, namun perlu kita ingat bahwa kedua kata ini memiliki perbedaan.

Kata illness lebih cenderung kearah perasaan yang bersifat subjective, artinya tidak ada alasan atau penyebab yang benar benar jelas yang melatar belakangi kondisi ini, atau bisa dikatakan si subject atau penderita hanya merasa tidak nyaman atau sakit tanpa tau penyebabnya apa. Namun saat penyebab yang melatar belakangi illness ini sudah bisa diketahui atau diidentifikasi, maka kondisi nya pun berubah dan sudah bisa kita sebut dengan istilah disease.

Jika kita terjemahkan masing masing kata tersebut, maka yang akan kita dapatkan adalah sebagai berikut ini: Illness adalah sebuah kondisi dimana seseorang merasakan sakit atau tidak nyaman yang tidak diketahui secara pasti alasan atau penyebabnya. Sedangkan disease adalah suatu kondisi dimana tubuh atau salah satu anggota tubuh seseorang tidak berfungsi sebagai mana mestinya yang biasanya disebabkan oleh sejenis pathogen (bakteri atau virus) atau bisa juga karena faktor lain, yang juga berdampak pada perasaan tidak nyaman atau sakit pada tubuh penderita.

Sampai disini mungkin masih agak sulit untuk dipahami ya, supaya lebih jelas, mari kita perhatikan pernyataan yang kami kutip dari website AFMC (The Association of Faculties of Medicine of Canada) berikut ini: Pada tahun 1973, seorang epidemiologist bernama Susser mengusulkan sebuah definisi yang menerangkan perbedaan illness, sickness dan disease. Dalam pernyataannya, tertera bahwa:

Illness merujuk pada perasaan tidak enak yang dialami subject. Illness tidak merujuk pada penyakit tertentu, tapi lebih ke arah yang dirasakan oleh subject seperti tidak nyaman, kelelahan, atau rasa tidak enak badan secara umum. Saat kita merasa “nggak enak badan” , biasanya kita akan berkonsultasi atau berobat ke dokter. Saat berkonsultasi dengan dokter, umumnya kita sudah memiliki dugaan awal tentang penyakit kita, dugaan awal ini biasanya dipengaruhi oleh asumsi yang berkembang secara umum di masyarakat. Seperti misalnya “suhu badan tinggi” berarti sakit demam, atau “nafas tidak sedap” berarti panas dalam, dan berbagai konsep lainnya tentang kondisi kesehatan tubuh yang sudah terbentuk di masyarakat, konsep konsep seperti ini disebut dengan istilah “sickness”. Setelah kita berkonsultasi dengan dokter dan menyampaikan dugaan kita akan penyakit kita,biasanya dokter akan mengambil tindakan pemeriksaan, dan setelah diperiksa, barulan kemudian dokter akan bisa menyimpulkan penyakit apa yang mengakibatkan perasaan tidak enak di tubuh kita, dan inilah yang disebut dengan disease.

Dari penjelasan di atas, kita bisa membuat alur nya seperti berikut ini: Seseorang merasa tidak enak badan (illness), pergi ke dokter dan menceritakan dugaan tentang penyakitnya (sickness), dokter memeriksa dan menemukan penyakit sebenarnya (disease). Dengan begini bisa kita simpulkan bahwa hubungan illness dan disease adalah: Illness merupakan perasaan tidak enak yang dialami seseorang sebagai akibat dari penyakit (disease) yang dideritanya. Maka terjawab sudah pertanyaan kita, Bahasa Inggrisnya penyakit yang tepat adalah “disease”.

Fiuuh, cukup panjang juga ya ternyata penjelasan tentang perbedaan illness dan disease dalam Bahasa Inggris. Kami harap penjelasan yang kami berikan bisa dipahami dengan mudah ya sobat. Terimakasih banyak untuk kunjungannya kali ini, semoga informasi yang kami tampilkan bisa bermanfaat dan menambah wawasanmu. Kami sudahi sampai disini artikel kali ini, sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. Difference Between Illness and Disease – http://www.differencebetween.net/language/difference-between-illness-and-disease/ – Diakses tanggal 15 Maret 2017
  2. Illness, Sickness, and Disease – http://phprimer.afmc.ca/Part1-TheoryThinkingAboutHealth/Chapter1ConceptsOfHealthAndIllness/IllnessSicknessandDisease – Diakses tanggal 15 Maret 2017
  3. What is the difference between a disease and an illness – https://www.reference.com/health/difference-between-disease-illness-b69e4a32392e4c5f – Diakses tanggal 15 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *