Perbedaan Antara Folklore Dan Folktale Yang Perlu Kita Tau


Adakah diantara kita yang penasaran apa bedanya antara Folklore dan Folktale? Jika iya, maka kamu mengalami hal yang sama dengan saya. Selama ini yang saya tau Folklore dan Folktale itu memiliki arti yang sama yaitu “Cerita Rakyat”. Namun, jika memang benar kedua kata ini adalah sinonim, mengapa harus ada dua istilah yang terdengar hampir mirip ditelinga? Padahal hal ini menurut saya hanya akan menimbulkan kebingungan bagi pengguna bahasa seperti kita. Ternyata hal ini dikarenakan Folklore dan Folktale sebenarnya adalah dua hal yang berbeda, namun mungkin selama ini penjelasan tentang perbedaan antara Folklore dan Folktale ini belum tersebar luas dengan baik.

Saya menemukan sebuah sumber di internet yang menjelaskan tentang perbedaan antara Folklore dan Folktale. Terlepas dari benar atau tidaknya informasi dari sumber yang saya temukan tersebut, namun menurut saya tidak ada salahnya jika kita mencoba mempelajarinya lebih jauh. Selain itu saya pribadi merasa mendapat sedikit kejelasan pada akhirnya setelah membaca informasi tersebut. Dari sana akhirnya saya mengerti mengapa selama ini banyak yang menganggap bahwa kedua istilah tersebut sama, serta menghubung-hubungkan keduanya pada jenis Cerita Rakyat. Nah, jika sobat tidak keberatan, kali ini saya ingin mencoba berbagi informasi yang telah saya kumpulkan dan saya kemas dalam tulisan saya berikut ini. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Folklore Dan Folktale

Perbedaan Antara Folklore Dan Folktale Yang Perlu Kita Tau

Perbedaan Folklore dan Folktale

Secara sederhana, folktale merupakan bagian dari folklore. Keduanya sama-sama merupakan suatu hal yang diturunkan dari satu generasi masyarakat ke generasi berikutnya dari mulut ke mulut. Inilah alasannya mengapa keduanya memiliki kemiripan yang pada akhirnya berujung pada anggapan bahwa keduanya adalah hal yang sama. Supaya lebih jelas, kita perlu mengetahui pengertian dari folklore dan juga folktale.

Related: Contoh Procedure Text Cara Membuat Puding Jeruk Bolu Gulung

Pengertian Folklore

Folklore adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kepercayaan tradisional serta cerita dari suatu masyarakat. Cakupan dari folklore ini cukup luas bahkan bisa dikatakan bahwa folklore dari suatu masyarakat berkaitan erat dengan budaya mereka. Misalnya saja kepercayaan suatu masyarakat akan Dewi Bumi yang membawa berkah terhadap hasil panen yang melimpah, hal ini biasanya sejalan dengan budaya festival tahunan yang sengaja diadakan untuk mengucap rasa syukur atas berkah yang diterima oleh masyarakat tersebut.

Hal ini biasanya diturunkan kepada generasi selanjutnya melalui cerita yang di sampaikan langsung dari mulut ke mulut, misalnya seorang kakek yang bercerita kepada cucu nya atau ayah yang bercerita pada anaknya. Beberapa hal yang tergolong kedalam folklore misalnya: belief, folktale, legend, myth, practices, superstitions, etc. Semua ini juga bisa dikategorikan sebagai warisan budaya (cultural heritage).

Pengertian Folktale

Folktale adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada cerita-cerita yang yang telah lama beredar di masyarakat yang diturunkan dari nenek moyang kepada generasi selanjutnya dalam masyarakat tersebut. Setiap kelompok masyarakat bisa memiliki folktale yang berbeda beda, namun secara umum elemen utama nya tetap sama yaitu adanya manusia sebagai karakter utama dan juga terkadang mengandung unsur supranatural seperti misalnya karakter yang ada dalam cerita tersebut digambarkan sebagai orang yang memiliki kekuatan khusus.

Alur cerita dari sebuah folktale biasanya juga mengandung nilai moral yang ingin disampaikan pada pendengar atau pembaca nya serta biasanya juga cerita tersebut akan mengandung nilai keadilan dan akhir yang bahagia. Beberapa yang dapat tergolong kedalam folktale adalah: adventure stories, fairy tales, historical tales, dan ghost tales.

Baca Juga: 20 Contoh Narrative Text Panjang Dalam Bentuk Cerita Rakyat

Nah, dengan membaca pengertian dari masing-masing istilah di atas, tentu sekarang sobat bisa memahami ya, mengapa selama ini istilah Folklore dan Folktale sering dianggap sama, karena memang keduanya sama-sama disebarluaskan dari mulut ke mulut dari nenek moyang kepada generasi selanjutnya. Namun bedanya adalah cakupan Folklore yang ternyata lebih luas, bahkan Folktale ternyata adalah bagian dari Folklore tersebut. Saya harap informasi ini bisa bermanfaat ya, dan juga semoga ini membawa sedikit pencerahan bagi yang sedang penasaran akan apa perbedaan antara Folklore dan Folktale sebenarnya. Terimakasih banyak atas waktu yang sudah kamu luangkan, baca juga artikel yang baru saya terbitkan dan masih berhubungan dengan pembahasan kali ini yaitu Pengertian Narrative Text Lengkap Dengan Jenis Jenisnya.

Referensi:

  1. Difference Between Folklore and Folktale – http://www.differencebetween.com/difference-between-folklore-and-vs-folktale/ – Diakses tanggal 3 Februari 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *