Perbedaan Action Dan Stative Verb Serta Contoh Kalimatnya


Pelajaran tentang action dan stative verb mungkin akan kamu temui saat kamu sudah berada di tingkat perkuliahan. Karena pada umumnya pelajar di tingkat SMA dan juga SMP tidak mempelajari pengertian stative verb maupun action verb ini. Umumnya kalau untuk pelajar di tingkat SMP, sudah mengenal verb saja itu sudah bagus hehe.

Mempelajari bahasa Inggris memang bukanlah hal yang bisa dibilang mudah, namun juga bukanlah suatu hal yang mustahil. Agar seseorang dapat berbahasa Inggris dengan baik dan benar pun waktu yang dibutuhkan relatif lama, karna semuanya memang harus dipahami sedikit demi sedikit baik itu grammar, vocabulary dan bagian-bagian lainnya.

Begitu juga pada kesempatan kali ini, Bigbanktheories.com akan berbagi materi tentang perbedaan antara action dan stative verb dilengkapi dengan contoh kalimatnya. Semoga bisa menambah pemahaman teman-teman tentang bahasa Inggris. Semangat belajarnya ya! – Bigbanktheories.com

Related: Penjelasan Lengkap Tentang Modifier Dalam Bahasa Inggris
Contoh Kalimat Action Dan Stative Verb

Pengertian Action Dan Stative Verb

Pengertian Stative Verb Dan Action  Verb Serta Jenisnya

Action Verb adalah kata kerja (verb) yang fungsinya adalah menyatakan bahwa subjek sedang melakukan aksi atau tindakan. Biasanya action verb juga disebut dinamic verb. Sedangkan Stative Verb adalah kata kerja (verb) yang fungsinya berkebalikan dengan action verb, stative verb menyatakan bahwa subjek tidak sedang melakukan aksi atau tindakan melainkan hanya menunjukkan sebuah kondisi atau keadaan.

Perbedaan yang paling mencolok dari action dan stative verb adalah stative verb umumnya tidak mempunyai bentuk continuous atau progressive (verb + -ing). Baik action verb maupun stative verb dapat dibagi lagi berdasarkan jenisnya. Macam-macam active verb adalah sebagai berikut:

Activities

Activities adalah kata kerja yang menunjukkan suatu aktivitas yang dilakukan oleh subjek. Contoh action verbnya adalah: play, study, walk, run dan sebagainya.

Contoh:

Jonathan eat two breads at canteen. (Jonathan memakan dua roti di kantin)

Process

Process adalah kata kerja yang menujukkan suatu proses dari subjek. Beberapa contoh action verbnya adalah: change, melt, grow dan sebagainya.

Contoh:

My cats grow fast. (Kucing-kucing saya tumbuh dengan cepat)

Momentary

Monentary adalah kata kerja yang menujukkan suatu kejadian yang berlangsung hanya sebentar dan (biasanya) tidak direncanakan. Contoh action verbnya seperti: knock, hit, jump dan sebagainya.

Contoh:

Roxy hits the wall with his hand. (Roxy memukul dinging dengan tangannya)

Berbeda dengan action verb, berdasarkan jenisnya, Stative Verb dibagi menjadi 6 macam. Masing-masing penjelasannya adalah sebagai berikut:

Emotions

Emotion adalah kata kerja yang menujukkan emosi dari subjek. Contoh emotions adalah: love, like, dislike, hate dan sebagainya.

Contoh:

I like chocolate banana. (Saya suka pisang coklat)

Mental States

Mental states adalah kata kerja yang menujukkan apa yang dipikirkan oleh subjek. Contoh stative verbnya adalah: agree, remember, know, think dan sebagainya.

Contoh:

Katie agree with my decision. (Katie setuju dengan keputusan saya)

Senses atau Appearance

Senses atau appearance adalah kata kerja yang dilakukan oleh subjek melalui panca inderanya. Contohnya seperti: see, hear, smell, sound, taste dan sebagainya.

Contoh:

I can’t hear you. (Saya tidak dapat mendengarmu)

Need dan Preference

Need dan preference adalah kata kerja yang menujukkan keinginan ataupun kebutuhan subjek. Contoh stative verbnya adalah: want, need, wish, desire dan sebagainya.

Contoh:

I want to get a job. (Saya ingin mendapatkan pekerjaan)

Possession

Possession adalah kata kerja yang menunjukkan kepemilikan subjek terhadap suatu benda. Beberapa stative verbnya adalah: have, own, possess dan sebagainya.

Contoh:

Finch and Geronimo have special mission. (Finch dan Geronimo memiliki misi spesial)

Measurement

Measurement adalah kata kerja yang menunjukkan suatu ukuran atau sesuatu yang dapat dihitung. Stative verbnya adalah: owe, cost dan weigh.

Contoh:

You owe me one thousand rupiah. (Kamu berhutang padaku seribu rupiah)

Contoh Action Dan Stative Verb Dalam Kalimat

Beberapa kalimat dibawah ini adalah contoh dari action verb dan stative verb. Coba teman-teman kelompokkan, manakah yang termasuk action verb dan manakah yang termasuk stative verb.

I always wake up at 5.00 a.m.everymorning. (Saya selalu bangun tidur pada jam 5 setiap pagi)

Okta writes a letter to her friend. (Okta menulis surat untuk temannya)

The ice is going to melt when I turn off the freezer. (Es akan meleleh saat saya mematikan freezernya)

Bono jumps to the lake. (Bono melompat ke danau)

I love my family. (Saya mencintai keluarga saya)

Fionalikes watching korean drama.(Fiona suka menonton drama korea)

I remember the day whenwe met. (Saya ingat hari saat kita bertemu)

I prefer to choose Julia Perez than Dewi Persik. (Saya lebih suka memilih Julia Perez daripada Dewi Persik)

My sister want a new dress as my birthday gift. (Saudara perempuan saya ingin gaun baru sebagai hadiah ulang tahun saya)

Dessy is listening music. (Dessy sedang mendengarkan musik)

My father is wearing woman dress and playing football in independece day competition. (Ayahku memakai gaun wanita dan bermain sepak bola saat lomba di hari kemerdekaan)

I know that you are a famous actor. (Saya tahu kamu adalah seorang aktor terkenal)

They hear the mysterious voice from that door. (Mereka mendengar suara misterius dari pintu itu)

This mocca brownies tastes delicious. (Brownis moka ini terasa lezat)

Bagaimana, sudah tahu belum yang mana saja yang action dan stative verb? Jika masih bingung, coba teman-teman baca ulang ya penjelasan tentang Perbedaan Action Dan Stative Verb Serta Contoh Kalimatnya dari Bigbanktheories.com diatas. Apabila masih ada yang belum dimengerti, teman-teman bisa bertanya dengan menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat ya materi kali ini dan sampai jumpa di postingan yang lain.

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *