Penjelasan Tentang Penggunaan Have Been To Dan Have Gone To


Has/have been to dan juga has/have gone to merupakan bentuk present perfect tense yang sama sama sering kita gunakan untuk merujuk pada suatu perjalanan atau pergerakan. Melalui artikel kali ini, pelajarilah cara menggunakan kedua ucapan tersebut dengan tepat, karena antara kedua ucapan tersebut terdapat sedikit perbedaan yang mungkin luput dari perhatian kita saat ingin menggunakannya dalam percakapan, terutama saat kita ingin mengungkapkan hubungannya dengan masa sekarang.

Ayo kita pelajari bersama perbedaan dalam menggunakan pola have been to dan have gone to dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Perbedaan Have Been To Dan Have Gone To

Penggunaan Have Been To Dan Have Gone To

Perbedaan Have Been To dan Have Gone To

Apa sih bedanya dua kalimat berikut ini:

Related: First Person, Second Person Dan Third Person Dalam Grammar

She has been to Thailand.

She has gone to Thailand.

Jika kita perhatikan, kedua kalimat di atas benar dan merupakan contoh kalimat yang lengkap. Lalu apa bedanya? Perbedaan di antara keduanya tentu terletak di makna kalimat tersebut, mari kita pelajari satu per satu.

Ungkapan “has/have been to” jika kita terjemahkan artinya “pernah pergi/berada ke/di”. Expression atau ucapan ini kita gunakan untuk merujuk atau menceritakan suatu tempat yang pernah di kunjungi seseorang semasa hidup nya. Jadi bisa dikatakan bahwa ungkapan “has been to atau have been to” ini merujuk pada pengalaman seseorang (self experience).

Hal ini berbeda dengan ungkapan “has/have gone to” yang jika kita terjemahkan artinya “telah pergi”. Expression atau ucapan ni kita gunakan untuk merujuk atau menceritakan bahwa seseorang telah pergi ke suatu tempat, tapi belum kembali.

Jadi penjelasan untuk kedua contoh kalimat di atas adalah sebagai berikut:

She has been to Thailand. (Dia pernah mengunjungi Thailand.)

Kita juga bisa menambahkan informasi seperti berapa kali subject pernah pergi ke suatu tempat tersebut yang akan memperkaya informasi dari kalimat, misalnya kita tambahkan menjadi seperti berikut ini:

She has been to Thailand three times. (Dia pernah mengunjungi Thailand tiga kali.)

Sedangkan untuk kalimat kedua, kita memang sebaiknya menambahkan informasi tambahan yang menyatakan kapan perkiraan subject akan kembali dari perjalanannya. Contohnya seperti berikut ini:

She has gone to Thailand, she will be back tomorrow. (Dia telah pergi ke Thailand, dia akan kembali besok.)

Contoh Kalimat Menggunakan Have Been To dan Have Gone To

Has/Have Been To

I have never been here before.

(Saya belum pernah kesini sebelumnya.)

Have you ever been to Australia?

(Pernah kamu berkunjung ke Australia?)

Everyone is looking for you, where have you been?

(Semua orang sedang mencari kamu, kamu dari mana saja?)

Has/Have Gone To

He was assigned to a new mission and has gone to Iraq.

(Dia telah ditugaskan ke sebuah misi baru dan telah pergi ke Irak)

He has gone to visit his parents. He will be back tomorrow.

(Dia telah pergi mengunjungi orang tuanya. Dia akan kembali lagi besok.)

Where has she gone? She was here a moment ago.
(Kemana dia pergi? Dia beberapa saat lalu masih disini.)

Itulah sobat sekilas penjelasan serta contoh penggunaan pola ucapan have been to dan have gone to yang bisa kami tampilkan. Kami harap sedikit informasi yang kami bagikan bisa bermanfaat serta bisa menambah wawasan pengetahuan sobat pembaca semua nya. Terimakasih banyak atas kunjungannya hari ini, kami mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian materi kali ini, sampai jumpa lagi di kesempatan lainnya.

Referensi:

  1. Common Mistakes in English – Has gone to vs. Has been to – https://www.thoughtco.com/has-gone-to-vs-has-been-to-1210742 – Diakses tanggal 12 Maret 2017
  2. Been or Gone? – https://www.ecenglish.com/learnenglish/lessons/been-or-gone – Diakses tanggal 12 Maret 2017
  3. Perbedaan antara Have Been to dan Have Gone to – https://www.wordsmile.com/contoh-have-been-gone-to – Diakses tanggal 12 Maret 2017
  4. Difference Between Have Gone To and Have Been To – http://tx.english-ch.com/teacher/chris/level-a/grammar-in-use-has-gone-to-vs-has-been-to-/ – Diakses tanggal 12 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *