Penjelasan Tentang Particle Dalam Grammar Bahasa Inggris


Mendengar kata particle rasanya kita seperti mau membahas pelajaran fisika deh hehe. Selama ini apa yang sobat tau tentang kata particle secara umum? Mungkin yang akan terlintas dalam benak kita sesuatu yang ukurannya kecil ya, seperti debu begitu lah kira kira. Tapi kalau dalam istilah grammar Bahasa Inggris, apa ya sebenarnya pengertian dari particle?

Pada awalnya saya juga bingung lho sobat saat pertama kali mendengar istilah particle ini dalam materi Bahasa Inggris. Saya sempat mencari di beberapa sumber tentang pengertiannya dan juga contohnya, tapi saya malah semakin bingung. Hingga akhirnya saya menemukan sebuah ilustrasi yang di berikan di halaman website study.com, barulah saya mendapat gambaran yang lebih jelas seperti apa particle dalam istilah grammar Bahasa Inggris itu. Kamu juga ingin tau kan seperti apa ilustrasinya, simak artikel berikut ini ya. – Bigbanktheories.com

Contoh Particle Dan Fungsinya

Penjelasan Tentang Particle Dalam Grammar Bahasa Inggris

Particle Dalam Grammar Bahasa Inggris

Apa itu particle dalam grammar Bahasa Inggris? Beberapa sumber yang saya temukan mencoba mendeskripsikan particle sebagai sebuah kata yang memiliki fungsi grammatical yang berbentuk tetap dan tidak tergolong kedalam salah satu dari part of speech manapun. Jujur saja waktu menemukan penjelasan seperti ini yang muncul di pikiran saya malah pertanyaan.

Related: Preposition Of Quantity Or Measure Dan Contoh Kalimatnya

Selama ini konsep yang kita terima adalah bahwa kosakata dalam Bahasa Inggris di bagi menjadi kelompok kelompok yang disebut dengan part of speech, lalu kalau tidak termasuk kedalam part of speech manapun, jadi particle itu apa? Jawabannya ya particle hehe. Karena memang ternyata, dari pernyataan yang saya kutip dari halaman about.com bahwa particle dianggap sebagai linguistic unit yang memiliki ciri sendiri.

Masih dalam kebingungan itu, akhirnya saya menemukan sebuah ilustrasi yang menurut saya pada akhirnya member titik terang bagi pembelajar baru seperti saya. Nah kali ini saya ingin mengajak sobat semua untuk menyimak ilustrasi tersebut. Beginilah ilustrasi tentang particle dan posisinya dalam grammar.

Saat ini sobat mungkin sudah mengenal keseluruhan part of speech, mulai dari noun, pronoun, adjective, adverb, verb, preposition, conjunction dan juga interjection. Sekarang bayangkan bahwa keseluruhan kelompok dari part of speech ini membentuk sebuah kereta, dengan masing masing bagian diwakili oleh kelompok part of speech tersebut, mulai dari gerbong yang mungkin bisa diibaratkan noun, mesin yang diibaratkan dengan verb, engsel penghubung antar gerbong yang diibaratkan dengan conjunction serta bagian bagian lainnya.

Rasanya sudah lengkap ya kereta kita, tapi bukankah kita juga membutuhkan orang orang yang bekerja di sekitar kereta tersebut yang dapat menentukan berjalan atau tidaknya kereta ini? Orang orang ini bukanlah bagian dari kereta tersebut, namun ternyata perannya begitu besar, tanpa mereka kereta tersebut bahkan mungkin tidak akan jalan. Nah seperti inilah posisi particle dalam grammar sobat.

Lalu bagaimana dengan contoh sebenarnya dalam kalimat? Coba sobat bandingkan dua kalimat berikut ini:

Dany cut the branch.

Dany cut off the branch.

Terlihat jelas ada perbedaan ya di sana, dalam kalimat kedua terdapat kata “off” sedangkan di kalimat pertama tidak. Jika kita kelompokkan berdasarkan part of speech,kita bisa langsung tau mana yang termasuk noun, article dan juga verb. Bagaimana dengan kata “off” ini? Apakah termasuk kedalam verb? Jawabannya ternyata tidak. Inilah yang disebut dengan particle. Kata yang pendek ini meskipun tidak tergolong kedalam part of speech, namun mampu memberikan arti yang berbeda antara kedua contoh kalimat di atas, karena antara “cut” dengan “cut off” merupakan verb yang berbeda dalam Bahasa Inggris.

Mungkin sempat terlintas di pikiran kita, jika kata “off” dalam contoh di atas member makna berbeda pada verb “cut” berarti seharusnya kata tersebut tergolong adverb dong. Nah ternyata hal ini masih menjadi perdebatan hingga saat ini sobat oleh para ahli tata bahasa, karena hal ini tidak seperti adverb yang memberi penekanan makna atau memodifikasi makna saja, namun antara “cut” dengan “cut off” memang digunakan di masyarakat untuk menamai dua tindakan yang sangat berbeda. Simpelnya seperti kata memotong dan membacok dalam Bahasa Indonesia.

Contoh Particle Dan Fungsinya

Berikut ini adalah beberapa kosakata yang termasuk dalam particle dan fungsinya.

Digunakan bersama verb untuk membentuk multi-word verb (Phrasal Verb)

Contoh Particle: across, along, apart, away, back, behind, by, down, forward, from, in, of, off, on, up, out, into.

Contoh Kalimat: If you look down on someone, they will not respect you.

Particle “to” dengan sebuah verb akan membentuk infinitive.

Contoh Kalimat: I want to go now.

Particle (not, n’t, ‘t) digunakan dalam pembentukan kalimat negative.

Contoh Kalimat: I can’t see.

Particle (do, don’t, let, let’s) digunakan dalam pembentukan kalimat imperative.

Contoh Kalimat: Don’t close the gate!

Yang kami tampilkan di atas baru sebagian dari contoh particle dalam Bahasa Inggris, sobat juga bisa menemukan lebih banyak contoh penggunaan particle bersama verb dalam materi phrasal verb.

Itulah tadi sobat sekilas ulasan materi tentang pengertian dan contoh particle dalam Bahasa Inggris, semoga bisa dimengerti dengan mudah. Oh ya, terkadang beberapa particle juga sering dianggap sebagai preposition, namun sebenarnya kita bisa membedakannya. Caranya adalah dengan memindahkan particle yang dianggap sebagai preposition itu beserta noun yang mengikutinya ke awal kalimat, lalu lihat apakah masih bisa diterima makna nya atau masuk akal. Jika maknanya masih masuk akal, maka kata tersebut adalah preposition, sebaliknya jika bukan maka hal itu adalah particle. Oke deh, terimakasih kunjungannya, kami minta maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian materi ini, sampai jumpa lagi di artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Fungsi, dan Contoh Particle – http://www.wordsmile.com/grammatical-particle – Diakses tanggal 17 Januari 2017
  2. The Particle in English Grammar – http://study.com/academy/lesson/the-particle-in-english-grammar.html – Diakses tanggal 17 Januari 2017
  3. Particle – http://www.teachingenglish.org.uk/article/particle – Diakses tanggal 17 Januari 2017
  4. Particle (grammar) – http://grammar.about.com/od/pq/g/particleterm.htm – Diakses tanggal 17 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *