Penjelasan Tentang Parallel Structure Dalam Grammar


Pernahkah kamu mendengar istilah parallel structure sebelumnya? Mungkin ada beberapa orang sudah tau atau sempat mendengar istilah ini dan mungkin juga ada yang belum pernah sama sekali mendengarnya. Nah, bagi sobat pembaca yang belum pernah mendengar istilah ini, perlu kamu ketahui bahwa parallel structure merupakan sebuah istilah dalam grammar Bahasa Inggris dimana istilah tersebut berkaitan dengan tindakan kita dalam menghubungkan beberapa hal atau aksi di dalam sebuah kalimat.

Parallel structure ini kadang disebut juga dengan parallelism yang artinya kesamaan atau kesetaraan. Seperti apa ya penggunaan parallel structure ini dalam kalimat? Yuk kita simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini. – Bigbanktheories.com

Parallel Structure Dengan Conjunction

Penjelasan Tentang Parallel Structure Dalam Grammar

Parallel Structure

Parallel structure maksudnya adalah menggunakan struktur grammatical yang sama atau setara terhadap elemen kalimat yang memiliki fungsi yang sama. Elemen kalimat yang sama tersebut bisa berupa kata (word), frasa (phrase), ataupun klausa (clause). Dengan menggunakan parallelism atau parallel structure ini, kita akan dapat menunjukkan bahwa elemen elemen dalam kalimat tersebut setara antar satu dan yang lainnya.

Related: Subjective Case Dalam Grammar Bahasa Inggris

Contoh Parallel Structure Dalam Kalimat

Berikut ini kami tampilkan beberapa contoh parallelism atau parallel structure dalam kalimat. Hal yang paling penting untuk diingat saat ingin melakukan parallel structure adalah “penyetaraan / penyamaan” dari beberapa elemen kalimat yang fungsinya sama.

Contoh Parallel Structure Untuk Kosakata Dalam Bentuk –ing (gerund)

Charlie likes diving, swimming, and snorkeling.

Contoh Parallel Structure Dengan Infinitive Phrases

Khusus untuk infinitive phrase, kita bisa melakukan parallelism dengan dua cara, yaitu dengan menambahkan “to” pada semua verb dalam kalimat tersebut atau menambahkan “to” hanya di depan verb pertama saja.

Charlie likes to dive, to swim, and to snorkel.

Charlie likes to dive, swim, and snorkel.

Contoh Parallel Structure Untuk Elemen Yang Dibandingkan

Charlie likes diving better than snorkeling.

Charlie likes to dive better than to snorkel.

Contoh Parallel Structure Untuk Elemen Berupa Clause

The trainer told the atheletes that they should not drink alcohol, that they should not use drugs, and that they should eat healthy food.

Bagaimana sobat? Tidak sulit ya ternyata membuat sebuah kalimat yang parallel. Ingat, kata kuncinya adalah harus setara atau harus sama, jadi jangan sampai mencampur atau menggunakan struktur yang berbeda seperti berikut ini ya:

Charlie likes diving, swimming, and to snorkel.

Nah, itulah tadi sobat sekilas materi tentang parallel structure dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat. Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam materi yang kami sampaikan kami minta maaf dan harap dimaklumi. Terimakasih untuk kunjungannya dan sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Parallel Structure (Parallelism) – http://www.wordsmile.com/pengertian-aturan-contoh-kalimat-parallel-structure-parallelism – Diakses tanggal 20 Januari 2017
  2. Parallel Structure – https://owl.english.purdue.edu/owl/resource/623/01/ – Diakses tanggal 20 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *