Penjelasan Tentang Kata Learned Dan Learnt


Kata Learned dan Learnt merupakan alternatip dari bentuk verb 2 (past tense) dan verb 3 (past participle) dari kata Learn.

Verb 1 – Verb 2 – Verb 3

Learn – Learnt/Learned – Learnt/Learned

Related: Mana Yang Benar Antara Near Dan Near To Dalam Bahasa Inggris

Namun yang menjadi pertanyaan adalah, apakah kedua kata tersebut sama? Ataukah memang sebenarnya ada perbedaan antara Learned dan Learnt? Temukan penjelasan singkat mengenai kata Learned dan Learnt dalam artikel ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Learned Dan Learnt

Penjelasan Tentang Kata Learned Dan Learnt

Penjelasan Tentang Kata Learned Dan Learnt

Kata Learned dan Learnt merupakan bentuk perubahan verb 2 dan verb 3 dari kata Learn. Ini menyebabkan verb seperti Learn ini dikatakan memiliki irregular form sekaligus regular form dalam perubahan bentuknya. Kedua duanya sah dan diterima sehingga boleh saja kamu memilih untuk menggunakan yang mana, syaratnya adalah kamu harus konsisten.

Tapi berdasarkan informasi yang kami peroleh dari berbagai sumber secara online, kami juga baru tau bahwa ternyata seiring dengan perkembangan jaman, baik di Inggris maupun di Amerika, saat ini kata Learned lebih umum digunakan jika dibandingkan dengan penggunaan kata Learnt. Salah satu alasannya ternyata karena native speaker terutama yang bergerak di bidang linguistic mulai berfikir untuk meregularkan beberapa verb seperti Learn ini.

Menyikapi perkembangan ini, beberapa sumber pun member pernyataan bahwa:

Jika kita sedang menggunakan panduan menulis dengan standar US (Amerika), gunakanlah Learned.

Jika kita sedang menggunakan panduan menulis dengan standar UK (Inggris), gunakanlah Learnt.

Meskipun ada pernyataan seperti ini, namun tetap saja Learned lebih umum penggunaannya. Untuk melengkapi penjelasan kali ini, berikut kami tampilkan contoh penggunaan kata Learned dan Learnt dalam kalimat.

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Learned dan Learnt

I learned/learnt how to catch fish from my father.

From the accident I learned/learnt that we cannot force other people to do what we wanted.

Setelah membaca penjelasan di atas, mungkin sobat berfikir bahwa kata Learned dan Learnt tidak begitu berbeda. Tapi ada satu hal yang mungkin akan merubah pandanganmu itu sobat. Ada satu hal yang bisa dilakukan oleh kata Learned namun tidak bisa dilakukan oleh kata Learnt. Hal yang kami maksudkan ini adalah kemampuan kata Learned untuk berfungsi sebagai adjective dalam kalimat. Berikut penjelasan singkatnya:

Learned Sebagai Adjective

Hanya kata Learned yang bisa digunakan sebagai adjective dalam kalimat. Kita menggunakan kata ini untuk menjelaskan bahwa seseorang adalah orang yang terpelajar atau bisa juga bermakna dipelajari. Perhatikan contoh penggunaan kata Learned dalam kalimat berikut ini:

He is a learned writer.

(Dia adalah seorang penulis yang terpelajar.)

Referensi:

  1. Perbedaan antara Learned dan Learnt – http://www.wordsmile.com/perbedaan-antara-learned-learnt – Diakses tanggal 1 Februari 2017
  2. Learnt or Learned? – https://en.oxforddictionaries.com/usage/learnt-vs-learned – Diakses tanggal 1 Februari 2017
  3. learned and learnt – the difference – http://www.grammar-monster.com/easily_confused/learned_learnt.htm – Diakses tanggal 1 Februari 2017
  4. Learned vs. Learnt – http://grammarist.com/spelling/learned-learnt/ – Diakses tanggal 1 Februari 2017
  5. Learned or Learnt ? – http://www.onlinegrammar.com.au/learned-or-learnt/ – Diakses tanggal 1 Februari 2017
  6. Learnt vs. Learned in English – https://jakubmarian.com/learnt-vs-learned-in-english/ – Diakses tanggal 1 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *