Penjelasan Tentang Imperative Mood Dalam Bahasa Inggris


Imperative mood adalah satu dari tiga jenis verb mood dalam Bahasa Inggris. Selain imperative mood, kita juga mengenal jenis verb mood yang lain yaitu subjunctive dan indicative. Perlu kita ingat kembali bahwa istilah “mood” dalam tata aturan grammar Bahasa Inggris merupakan istilah yang digunakan untuk menamai sikap (attitude) atau perasaan pembicara yang terkandung dalam kalimat yang diucapkan atau dituliskan. Dengan begini bisa kita simpulkan bahwa ketiga jenis verb mood yang telah kita sebutkan di atas mewakili sikap yang berbeda beda dan untuk mengetahui jenis mood mana yang sedang kita hadapi, berarti kita harus mengeti keseluruhan makna kalimat terlebih dahulu.

Setelah membaca keterangan di atas, mungkin saat ini sobat sedang membayangkan ya, sikap seperti apa yang diwakili oleh imperative mood ini. Sobat tentunya juga penasaran sekarang tentang pengertian serta contoh penggunaan imperative mood dalam kalimat. Jika sobat ingin tau penjelasan lebih lanjut tentang imperative mood dalam Bahasa Inggris, baca artikel ini sampai selesai. – Bigbanktheories.com

Contoh Imperative Mood Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan Tentang Imperative Mood Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Imperative Mood

Mood dalam suatu kalimat memang merupakan hal yang tersirat atau tidak nampak dimata. Karenanya, memahami materi ini terkesan sulit bagi sebagian orang, namun sebenarnya tidak begitu sulit lho untuk memahami verb mood dalam Bahasa Inggris. Misalnya saja tentang pengertian imperative mood yang sedang kita bahas kali ini, menurut kami sangat mudah untuk memahaminya.

Related: Pengertian Dan Penggunaan Would Like Dalam Bahasa Inggris

Pada dasarnya sikap atau keinginan yang terkandung dalam imperative mood adalah si pembicara mengingikan suatu hal terlaksana. Jika kita amati, hal ini sangat berbeda dengan indicative mood dimana si pembicara yakin bahwa sesuatu itu benar adanya. Berdasarkan pengertian ini, maka imperative mood berfungsi untuk memberikan perintah, meminta, atau menyarankan orang lain untuk melakukan sesuatu. Karena fungsinya inilah, imperative mood sering dikenal juga dengan sebutan command mood. Setelah membaca penjelasan tentang imperative mood ini, kira kira apa sobat bisa menebak jenis sentence atau kalimat apa yang menggunakan imperative mood? Ya,benar sekali, jenis kalimat yang menggunakan imperative mood adalah imperative sentence.

Contoh Imperative Mood Dalam Kalimat

Clean the table!

Put the money inside your wallet!

Shut the computer down!

Insert a coin into the machine!

Stop the bus!

Itulah tadi beberapa contoh imperative mood dalam kalimat. Semoga contoh yang kami berikan bisa dipahami dengan mudah.

Imperative mood merupakan jenis mood yang terkandung di dalam imperative sentence serta berfungsi untuk memberi perintah kepada orang lain. Jadi kapanpun kita membuat kalimat perintah dalam Bahasa Inggris, disaat itulah kita menggunakan imperative mood dalam kalimat yang kita gunakan.

Terimakasih banyak atas kunjunganmu hari ini, semoga informasi yang kami tampilkan dalam artikel kali ini bermanfaat dan bisa menambah wawasanmu seputar pelajaran Bahasa Inggris. Sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. English moods (imperative, indicative, and subjunctive) – http://grammarist.com/grammar/english-moods/ – Diakses tanggal 28 Februari 2017
  2. The Imperative Mood – http://www.learnenglish.de/grammar/moodimperative.html – Diakses tanggal 28 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *