Penjelasan Singkat Tentang Indefinite Articles


Dalam Bahasa Inggris kita mengenal istilah definite dan juga indefinite articles. Melalui artikel kali ini, kami ingin memberikan sebuah penjelasan singkat tentang pengertian indefinite articles dan juga beberapa contoh penggunaannya dalam kalimat. Pada bagian akhir, kami juga akan memberikan beberapa contoh soal tentang indefinite article beserta jawabannya. Tujuan kami memberikan beberapa pertanyaan seputar penggunaan indefinite articles di bagian akhir artikel ini adalah agar sobat bisa menguji sejauh mana pemahaman sobat akan materi yang baru saja kamu pelajari ini. Yuk langsung saja kita simak penjelasan singkat tentang indefinite articles berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Soal Indefinite Article dan Jawabannya

Penjelasan Singkat Tentang Indefinite Articles

Pengertian Indefinite Articles

Indefinite articles adalah jenis article yang kita gunakan untuk noun (kata benda) yang bersifat umum (tidak merujuk pada suatu benda secara spesifik). Yang digolongkan kedalam indefinite articles dalam Bahasa Inggris ada dua yaitu “a” dan “an”. Sejak kita masih duduk di bangku sekolah dasar kita tentu sudah dikenalkan dengan dua contoh articles ini ya, dan ini artinya tidak akan sulit bagi kita memahami materi dan contoh penggunaan indefinite articles ini.

Sejak dulu, kita dibiasakan untuk menerjemahkan article “a” dan “an” sebagai “satu” atau sebuah”, tapi taukah kamu alasannya? Hal ini ditanamkan sejak dulu oleh guru di sekolah karena memang jika diterjemahkan dengan menggunakan kamus, arti dari kedua articles tersebut memang sama yaitu “satu” atau “sebuah”. Sedangkan alasan lainnya adalah karena dari aturan grammar, ternyata memang indefinite article hanya bisa kita gunakan bersama dengan singular countable noun saja (countable noun yang berbentuk tunggal).

Related: Positive Degree Dalam Bahasa Inggris Dibahas Tuntas Disini

Aturan Penggunaan Indefinite Articles

Ada beberapa aturan yang perlu kamu ketahui berkaitan dengan penggunaan indefinite article. Dengan membaca penjelasan berikut ini, sobat akan tau apa bedanya “a” dan “an” dalam Bahasa Inggris.

Indefinite article “a” digunakan di depan noun yang diawali dengan consonant sound (bunyi konsonan). Perhatikan contoh penggunaan article “a” berikut ini.

Contoh: a kid, a boy, a man, a woman, a ball, a phone, a chair, a table, a UFO (dibaca “yu ef ou”)

Indefinite article “an” digunakan di depan noun yang diawali dengan vowel sound (bunyi vokal). Seperti yang sudah kita tau selama ini bahwa vowel sound terdiri dari bunyi a, i, u, e, o. Perhatikan contoh penggunaan article “an” berikut ini.

Contoh: an apple, an idea, an umbrella, an elephant, an organization, an hour (dibaca “auwer”)

Bila noun yang dituju terdiri dari 2 kata atau lebih (noun phrase), maka penggunaan indefinite article akan menyesuaikan dengan kata terdepan dari phrase tersebut.

Contoh: a baby elephant, an old man, a big organization, a good idea, a rotten apple.

Indefinite article maknanya adalah one / satu / sebuah / seekor / seorang.

Contoh: a dog = seekor anjing, a man = seorang pria, an orange = sebuah jeruk

Indefinite article juga bermakna each / setiap / masing masing / per-.

Contoh: I have to write three stories a week. (Saya harus menulis tiga cerita setiap minggu.)

Itulah tadi sekilas penjelasan tentang cara menggunakan indefinite articles. Sekarang sobat sudah tau ya bahwa perbedaan antara “a” dan “an” dalam indefinite articles terletak pada pronounciation atau pengucapan dari kata yang ditujunya, jangan sampai salah lagi ya dalam menggunakan article “a” dan “an”.

Contoh Soal Indefinite Articles dan Jawabannya

Setelah mempelajari penjelasan singkat tentang indefinite articles di atas, kini saatnya bagimu untuk menguji sejauh mana pemahamanmu akan materi indefinite articles dalam Bahasa Inggris ini. Kerjakanlah beberapa soal berikut ini, kemudian periksa kebenaran jawabanmu jika kamu telah selesai mengerjakan latihan soal ini.

1.. . . helicopter

2.. . . honor

3.. . . itchy sweater

4.. . . big building

5.. . . amazing experience

6.My sister is . . . architect.

7.My father is . . . teacher.

8.Fadhil gave . . . diamond necklace to his wife.

9.Give me . . . orange and . . . lemon, please.

10.That is . . . very beautiful gown.

Itulah tadi beberapa contoh soal indefinite articles yang bisa kami bagikan dalam artikel kali ini. Silahkan dikerjakan untuk menguji pemahamanmu akan penjelasan yang telah kami berikan. Jawaban untuk setiap contoh soal telah kami sediakan di bagian akhir artikel ini, kamu bisa langsung mencocokan jawabanmu dengan kunci yang telah kami sediakan.

Terimakasih banyak atas kunjungan dan waktu yang kamu berikan untuk membaca artikel ini hingga akhir, kami harap informasi yang kami tampilkan dalam artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasanmu. Kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam informasi yang kami sampaikan, sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Kunci Jawaban Soal Latihan Indefinite Articles

1.a

2.an

3.an

4.a

5.an

6.an

7.a

8.a

9.an dan a

10.a

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Indefinite Articles (a, an) – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-indefinite-articles-a-an – Diakses tanggal 21 Februari 2017
  2. Indefinite Articles – http://www.ef.com/english-resources/english-grammar/indefinite-articles/ – Diakses tanggal 21 Februari 2017
  3. Indefinite Article: a and an – https://learnenglish.britishcouncil.org/en/english-grammar/determiners-and-quantifiers/indefinite-article-and – Diakses tanggal 21 Februari 2017
  4. Is It a UFO or an UFO? – https://www.quora.com/Is-it-a-UFO-or-an-UFO – Diakses tanggal 21 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *