Penjelasan Singkat Dan Contoh Kalimat Indefinite Adjective


Selamat pagi sobat, kali ini kita akan bersama sama membahas sebuah materi baru yang berkaitan dengan pelajaran Bahasa Inggris. Materi yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Indefinite Adjective. Terdapat berbagai jenis adjective (kata sifat) dalam Bahasa Inggris dan indefinite adjective ini adalah salah satunya.

Jika dipikirkan lagi, ternyata ada begitu banyak hal yang perlu kita ketahui seputar pelajaran Bahasa Inggris ya, dan kalau kita hitung hitung, mungkin kita akan pusing sendiri hehe. Menyadari hal ini, kami pun tidak ingin menambah beban sobat dalam mempelajari Bahasa Inggris, maka kami akan membuat penjelasan tentang indefinite adjective ini secara singkat saja namun mencakup hal hal penting yang perlu sobat ketahui.

Jika sobat sampai menemukan artikel ini melalui pencarian google, itu berarti sobat adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sedang mencari tau penjelasan tentang indefinite adjective. Kami sangat berharap artikel kali ini bisa menyediakan jawaban yang sedang kamu cari. Tanpa menunggu lebih lama lagi, inilah penjelasan singkat dan contoh kalimat indefinite adjective. – Bigbanktheories.com

Related: Perfect Modal Dalam Bahasa Inggris Dan Contoh Kalimatnya
Contoh Kalimat Indefinite Adjective

Penjelasan Singkat Dan Contoh Kalimat Indefinite Adjective

Penjelasan Tentang Indefinite Adjective

Indefinite adjective adalah jenis adjective (kata sifat) yang menerangkan noun atau pronoun secara tidak spesifik atau dengan samar samar. Apa maksudnya? Maksudnya disini adalah, jika pada umumnya kita menambahkan sebuah adjective terhadap noun dengan tujuan memperjelas noun tersebut, maka hal ini berbeda dengan saat kita menggunakan indefinite adjective. Perhatikan ilustrasi di bawah ini agar kamu bisa memahaminya:

“black cat”

Dengan hadirnya kata “black” membuat noun “cat” menjadi lebih spesifik, hal ini pun memperjelas noun yang sedang dibicarakan. Karenanya, contoh ini bukanlah termasuk contoh penggunaan indefinite adjective. Perhatikan contoh berikut ini:

“some cat”

Kata “some” pada contoh di atas memang memberi makna baru terhadap noun “cat”, namun apakah kita tau kucing mana yang sedang dibicarakan ini? Tentu tidak, karena penambahan kata “some” tidak membuat noun semakin jelas atau semakin spesifik. Inilah yang merupakan salah satu contoh dari penggunaan indefinite adjective.

Bagaimana sobat? Sudah bisa dipahami ya pengertian indefinite adjective dalamBahasa Inggris. Berikut ini adalah beberapa kosakata yang termasuk kedalam indefinite adjective: All, Another, Any, Both, Each, Either, Enough, Every, Few, little, a little, less, Neither, One, Other, Many, Most, Much, Several, Some. Beberapa kosakata yang kami sebutkan barusan terlihat sangat mirip dengan kosakata yang tergolong kedalam indefinite pronoun, karena memang kosakata tersebut selain bisa digunakan sebagai indefinite adjective, bisa juga digunakan sebagai indefinite pronoun,tapi dengan cara penggunaan yang berbeda dalam kalimat.

Jika ingin mengingat perbedaan indefinite adjective  dan indefinite pronoun dengan lebih mudah, sobat boleh memperhatikan kedua prinsip dasar berikut ini:

Indefinite pronoun menggantikan noun / menempati posisi noun. (noun tidak muncul)

Indefinite adjective menjelaskan / menerangkan noun. (noun muncul)

Bagaimana? Mudah bukan. Nah sekarang agar pemahamanmu semakin mantap, perhatikan lalu bandingkan kedua contoh kalimat singkat berikut ini. Setelah kamu membandingkan dan mengetahui perbedaannya, coba tentukan mana yang termasuk indefinite adjective dan mana pula yang termasuk indefinite pronoun.

I don’t have any.

I don’t have any idea.

Bisakah kamu menentukan yang mana diantara keduanya yang merupakan contoh indefinite adjective? Melihat dari prinsip dasar yang telah kita baca di atas, tentu kita tau bahwa contoh kalimat kedua adalah contoh penggunaan indefinite adjective. Sedangkan yang pertama adalah contoh penggunaan indefinite pronoun. Ternyata mudah ya memahami materi indefinite adjective. Selanjutnya sebagai penutup, kami akan menampilkan beberapa contoh kalimat yang mengandung indefinite adjective di dalamnya.

Contoh Kalimat Indefinite Adjective

Can you give me another example?

Every kid love to play all day.

I want less sugar in my coffee next time.

All books on the right shelf is free.

I don’t have enough time to think of a way out.

Several peoples were injured in an accident involving two cars near the Rawang toll plaza.

The psychologist give me some advice to control my anger issues.

Itulah beberapa contoh kalimat indefinite adjective yang bisa kami tampilkan dalam artikel ini. Semoga contoh yang kami sediakan bisa dipahami dengan mudah.

Terimakasih atas kunjungannya hari ini, kami harap sobat pembaca menyukai artikel artikel yang kami sajikan di website kami, dan semoga setiap artikel yang sobat baca bisa memperluas wawasan serta meningkatkan penguasaan Bahasa Inggris. Tetap semangat belajar, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Indefinite Adjective – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-indefinite-adjectives – Diakses tanggal 22 Februari 2017
  2. What Are Indefinite Adjectives? (with Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/indefinite_adjectives.htm – Diakses tanggal 22 Februari 2017
  3. Pengertian Indefinite Adjective Dan Contoh Kalimatnya – http://www.kampungbule.com/2015/09/pengertian-indefinite-adjective-contoh-kalimat.html – Diakses tanggal 22 Februari 2017
  4. What is an Indefinite Adjective? Definition, Examples of Indefinite Adjectives – http://writingexplained.org/grammar-dictionary/indefinite-adjective – Diakses tanggal 22 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *