Penjelasan Second Person Pronoun Dalam Bahasa Inggris


Dalam Bahasa Inggris, kita mengenal istilah pronoun atau kata ganti. Umumnya alasan menggunakan pronoun ini adalah untuk memberikan variasi serta menghindari pengulangan kata yang sama dalam kalimat. Terdapat beberapa jenis pronoun yang perlu kita ketahui, salah satunya adalah yang akan kita pelajari berikut ini yaitu tentang second person pronoun.

Seperti apakah second person pronoun itu? Dan bagaimana cara kita menggunakannya dalam kalimat? Ayo kita pelajari bersama dalam artikel ini. – Bigbanktheories.com

Personal Pronoun - Second Person

Penjelasan Second Person Pronoun

Pengertian Second Person Pronoun

Second person pronoun adalah bentuk pronoun yang mengarah pada audience (pendengar/pembaca) dari si pembicara. Semua personal pronouns mulai dari I, You, She, He, It, We dan They sudah dikelompokkan kedalam tiga kategori yaitu:

Related: Daftar Preposition Bahasa Inggris Terlengkap Beserta Artinya

First Person Pronoun : I dan We

Second Person Pronoun : You

Third Person Pronoun : She, He, It dan They

Nah sudah terjawab kan sobat, yang termasuk dalam second person pronoun adalah “You”. Oh ya, perlu kita ketahui juga sobat, first person pronoun adalah pronoun yang mengarah pada si pembicara itu sendiri atau sekelompok orang dimana si pembicara tergabung didalamnya. Itulah sebabnya yang masuk dalam First Person Pronoun adalah “I dan We”. Sedangkan Third Person Pronoun mengarah pada orang lain.

Sobat, kita juga perlu tau bahwa penggunaan second person pronoun ini dalam kalimat tentunya tidak hanya dalam posisi subject saja, namun bisa juga digunakan dalam posisi object dan muncul dalam bentuk possessive juga. Saat beralih fungsi seperti ini, bentuk second person pronoun yang kita gunakan juga akan berubah. Perhatikan daftar berikut ini:

Subject

Singular/Plural : You

Object

Singular : Yourself

Plural : Yourselves

Singular/Plural : You

Possessive

Singular/Plural : Your, Yours

Pengecualian Dalam Second Person Pronoun

Dalam penulisan ilmiah (academic writing), terkadang penggunaan second person pronoun “You” dianggap kurang tepat karena tidak mewakili kondisi sesungguhnya. Mengapa begitu ? karena seorang yang menulis karya tulis ilmiah dianggap tidak berbicara langsung pada pembacanya. Maka untuk mengatasi hal ini dipilihlah kata lain yang dapat menggantikan “You” sebagai second person pronoun, yaitu kata “One” yang artinya “seseorang”.

Contohnya : One needs to pay attention on their child’s golden time to learn a language.

Contoh Kalimat Second Person Pronoun

I will send you an email when I get there.

(Saya akan mengirimimu email saat saya sampai disana.)

You have to come to the office right now.

(Kamu harus datang ke kantor sekarang juga.)

I lost my notebook, can I borrow yours?

(Saya kehilangan buku catatan saya, bisakah saya meminjam milikmu?)

She loves you.

(Dia mencintaimu.)

Is this your bag?

(Apakah ini tas milikmu?)

Baiklah sobat, kami akhiri dulu sampai disini penjelasan tentang second person pronoun dalam Bahasa Inggris. Semoga setalah ini kamu tidak akan bingung lagi ya dalam memakai pronoun dalam kalimat. Terimakasih sudah berkunjung, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian materi kali ini, sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. What is second person? – http://www.grammar-monster.com/glossary/second_person.htm – Diakses tanggal 18 November 2016
  2. Pengertian Dan Contoh Kalimat Second-Person Pronouns – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-second-person-pronouns – Diakses tanggal 18 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *