Penjelasan, Rumus Dan Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense


Setelah kita mempalajari dan memahami past perfect tense, maka untuk mempelajari past perfect continous tense tidak akan terlalu sulit. Bigbaktheories.com akan menjelaskan secara detail tentang apa yang dimaksud dengan past perfect continous tense berikut rumus dan contoh kalimatnya. Perbandingan past perfect tense dan past perfect continous tense pun akan di jelaskan di akhir artikel. Selamat membaca dan semoga artikel ini bisa membantu pemahaman pembaca tentang past perfect continous tense. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense

Pengertian Past Perfect Continuous Tense

Penjelasan Lengkap Past Perfect Continuous Tense

Past perfect continous tense adalah bentuk waktu yang menyatakan suatu tindakan atau kegiatan yang sudah dimulai dan masih berlangsung pada masa lampau. Rumus dari past perfect continous tense adalah frasa had been ditambah dengan kata kerja berakhiran –ing (verb1 + -ing).

Past perfect continous tense, selain dapat menyatakan tindakan atau kegiatan yang telah dimulai pada masa lampau juga dapat digunakan untuk menunjukkan tindakan atau kegiatan yang berlangsung terus pada masa lampau.

Related: 20 Contoh Soal Simple Present Tense Tersulit, Berani Coba?

Contohnya: When Tia finished her homework, Tejo had been watching television. (Ketika Tia selesai mengerjakan PR-nya, Tejo tengah sedang menonton televisi)

Dalam kalimat diatas jelas bahwa kegiatan yang dilakukan subjek Tejo masih terus berlangsung meskipun kegiatan yang dilakukan subjek Tia telah selesai pada masa lampau.

Pola Kalimat Atau Rumus Past Perfect Continuous Tense

Berikut ini adalah pola kalimat yang akan kita gunakan jika ingin membuat sebuah kalimat past perfect continuous tense :

Kalimat Positif

Subject + Had + Been + Verb1 + -ing

Kalimat Negatif

Subject + Had + Not + Been + Verb1 + -ing

Kalimat Introgatif/Tanya

Had + Subject + Been + Verb1 + -ing

Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense

Gilda had been trying to do the best. (Gilda telah terus menerus mencoba menjadi yang terbaik)

Roger and Iko had been cooking for their mother. (Roger dan Iko telah sedang memasak untuk ibu mereka)

Didu had not been moving the furniture to the his new apartment. (Didu tidak telah sedang memindahkan barang-barangnya ke apartemennya yang baru itu)

They had not been staying up late, so the bunglar stole everything. (Mereka tidak sedang begadang sehingga para perampok mengambil semua barang yang ada)

Had Gunawan been working in Garuda Indonesia Airlines after he finished his study? (Apakah Gunawan telah sedang bekerja di Garuda Indonesia Airlines setelah ia menyelesaikan studinya?)

Had Tina and Dion been discussing about selling their house immediately? (Apakah Tina dan Dion telah sedang bediskusi tentang rencana penjualan rumah mereka secepatnya?)

Dari contoh-contoh diatas, past perfect continous tense dapat dipergunakan untuk menegaskan suatu tindakan atau kegiatan yang dilakukan secara terus menerus atau berulang-ulang pada masa lampau oleh subjek tertentu. Coba perhatikan pada kalimat pertama; subjek Gilda berusaha melakukan yang terbaik secara terus menerus.

Dapat disimpukan bahwa perbedaan antara paast perfect tense dengan past perfect continous tense terletak pada kesinambungan tindakan atau kegiatan yang dilakukan. Pada past perfect continuos tense tindakan kemungkinan besar terus berlanjut setelah waktu subjek berbicara pada masa lampau. Namun pada past perfect tense, tindakan mungkin saja terjadi pada waktu yang berdekatan dengan waktu subjek berbicara, tetapi biasanya terdapat jarak yang cukup panjang diantara kedua waktu tersebut (waktu tenses dengan waktu subjek berbicara).

Contohnya pada kalimat kedua diatas tertulis: Roger and Iko had been cooking for their mother. Bandingkan kalimat tersebut dengan kalimat ini: Roger and Iko had painted for their mother. Pada kalimat pertama, jarak antara subjek yang berbicara (Roger and Iko) dengan waktu tindakan (memasak) tersebut dilakukan kemungkinan besar lebih dekat.

Kesimpulan sementara yang dapat diambil dari kalimat pertama ialah bahwa makanan yang dimasak masih dalam keadaan hangat dimasa lampau. Sebaliknya pada kalimat kedua (yang menggunakan past perfect tense), jarak subjek dengan tindakan atau kegiatan subjek cukup jauh karena secara implisit dapat dimaknai bahwa “kedua subjek sudah tidak memasak lagi atau keduanya telah melakukan kegiatan memasak tersebut beberapa saat di masa lampau”

Semoga Penjelasan, Rumus Dan Contoh Kalimat Past Perfect Continous Tense inidapat dimengerti dan dibedakan penggunaannya dengan past perfect tense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *