Penjelasan Paling Mudah Tentang Penggunaan Get-Passive


Selamat sore sobat, dalam artikel kali ini kami ingin membahas tentang penggunaan pola Get-Passive dalam Bahasa Inggris. Bentuk passive yang satu ini sebenarnya sudah bukan hal baru ya bagi kita, terutama yang sudah lancar menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan santai sehari hari. Tapi perlu kita akui juga bahwa tidak sedikit yang sebenarnya belum tau dari mana sih asalnya penggunaan pola ini, dan bagaimana sebenarnya aturan penggunaannya jika dilihat dari kebiasaan native speaker.

Pertanyaan seperti yang kami sebutkan di atas mungkin timbul karena selama ini kita mengenal cara membuat bentuk passive yang standard adalah dengan menggunakan “be + -ed form (past participle)”. Namun tiba tiba dan entah datang dari mana, muncul begitu banyak ucapan berbentuk passive dengan menggunakan pola “Get + -ed form” atau yang kita sebut dengan Get-Passive ini, akhirnya kita pun bingung. Contoh yang sering kita dengar misalnya saja: get married (menikah), got fired (dipecat), get dressed (berpakaian), get paid (dibayar) dan sebagainya. Jadi penasaran kan bagaimana penjelasan lengkapnya, yuk simak keterangan nya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Tentang Pola Get-Passive

Penggunaan Get-Passive Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Pola Get-Passive Dalam Bahasa Inggris

Singkatnya pola Get-Passive merupakan cara alternative dalam mengungkapkan bentuk passive (passive form) dalam Bahasa Inggris. Seperti bentuk passive lainnya, penggunaan pola Get-Passive menunjukkan bahwa subject dari suatu kalimat merupakan penerima aksi (verb) yang dalam hal ini adalah “Get” dan bentuk past participle (-ed form) yang mengikutinya yang sebenarnya merupakan tindakan dari seorang agent (pelaku sebenarnya) yang biasanya tidak disebutkan.

Related: Pengertian Dan Contoh Predicative Adjective Dalam Kalimat

Dengan keterangan seperti di atas, berarti pola Get-Passive sama saja dong dengan bentuk Standard Passive? Dan berarti kita boleh dong sesuka hati menggunakan salah satunya secara bergantian? Awalnya kami juga berpikiran sama sobat, kami juga mempertanyakan hal ini, dan setelah berputar putar di beberapa sumber, barulah kami menemukan informasi yang menurut kami merupakan pencerahan. Kami juga baru tau bahwa ternyata jawaban untuk pertanyaan di atas adalah tidak selalu, ya begitulah, pola Get-Passive tidak selalu sama dan tidak selalu bisa menggantikan bentuk Standard Passive. Perbedaan inilah yang perlu kita pelajari lebih jauh.

Perbedaan Pola Get-Passive dengan Standard Passive

Dalam kesempatan kali ini, kami hanya ingin berbagai informasi yang kami temukan, karena jujur saja hal ini juga merupakan sesuatu yang baru bagi kami. Pola Get-Passive dan Standard Passive atau yang kadang disebut juga dengan be-Passive sama sama bisa kita gunakan untuk mengungkapkan kalimat passive dalam Bahasa Inggris, hal yang mengejutkan adalah perbedaan utama antara keduanya yaitu penggunaan Get-Passive merupakan bentuk informal sedangkan be-Passive adalah bentuk formalnya. Inilah sebabnya penggunaan Get-Passive akan lebih sering kita dengar dalam spoken english dibandingkan bentuk be-Passive.

I was paid $75 an hour for playing piano. (Formal)

I got paid $75 an hour for playing piano. (Informal)

Namun, beberapa sumber dan pendapat yang kami temukan meyakini bahwa perbedaan antara Get-Passive dengan be-Passive tidak hanya sampai disini saja. Beberapa orang meyakini bahwa dalam situasi tertentu keua bentuk ini tidak bisa saling menggantikan, misalnya saja dalam contoh berikut ini:

It is believed to be true. (be-Passive)

Contoh di atas dianggap salah satu contoh dimana penggunaan be-Passive tidak bisa digantikan dengan Get-Passive, dan pendapat pribadi kami pun setuju dengan hal ini, karena jika kita ganti, maka kalimat tersebut akan terdengar aneh “It gets believed to be true”.

I got myself locked out the other day.

Sedangkan untuk contoh di atas, merupakan sebuah contoh dimana penggunaan Get-Passive tidak bisa digantikan dengan be-Passive, hal ini dikarenakan adanya reflexive pronoun (myself) dalam contoh tersebut. Kami juga setuju dengan pendapat yang satu ini, kita tidak bisa menggantinya menjadi “I was myself locked out. . .”.

Bicara tentang perbedaan Get-Passive dengan be-Passive, ada sebuah pendapat yang menyatakan bahwa penggunaan Get-Passive yang bersifat informal umunya menggambarkan situasi dimana subject ikut serta atas terjadinya suatu situasi atau keadaan, atau saat ada dampak merugikan atau menguntungkan terhadap subject. Perhatikan contoh:

He got hired by the UN in 2016.

Several shots were heard.

Dalam contoh pertama penggunaan Get-Passive dianggap lebih cocok karena subject tentu memiliki andil hingga ia bisa “dipekerjakan”, bayangkan jika subject menolak tawaran kerja tersebut, maka kondisi dia disewa atau dipekerjakan itu tidak akan terwujud. Selain itu juga karena subject terkena dampak dari kondisi ini secara langsung.

Sedangkan dalam contoh kedua, penggunaan be-Passive dianggap lebih sesuai karena jika kita terjemahkan kalimat tersebut dan kita pahami artinya, maka kita akan tau bahwa si pembicara yang mendengar beberapa suara tembakan itu tidak melakukan apa apa hingga dia berada dalam situasi dimana dia mendengar suara tembakan tersebut. Suara itu hanya muncul begitu saja dan dia mendengarnya. Dampak kejadian itu terhadap pembicara pun tidak jelas dalam kalimat ini, karena kita juga tidak bisa memastikan apakah orang yang mengucapkan kalimat ini adalah orang yang benar benar mendengarnya, ataukah ini merupakan cerita yang dialami orang lain.

Pola Get-Passive ternyata digunakan saat kita ingin menunjukkan kegiatan pribadi yang menjadi kebiasaan (personal routine tasks). Saat digunakan dalam kondisi seperti ini, maka makna kalimat tersebut adalah bahwa subject juga merupakan agent dari aktivitas tersebut. Misalnya saja seperti dalam contoh berikut:

“He got dressed.” Dianggap sama dengan “He dressed himself.”

He got shaved.

He got showered.

Dan masih banyak lagi contoh lainnya, yang intinya subject dianggap melakukan aksi terhadap dirinya sendiri, atau bisa dikatakan mirip dengan kalimat yang mengandung reflexive pronoun. Jika salah satu contoh kalimat di atas kita ubah kedalam bentuk be-Passive, maka makna kalimat akan berubah, karena agent dalam kalimat akan berubah dan memiliki banyak kemungkinan.

He was dressed (by himself, by his sister, by a taylor).

Satu lagi penggunaan bentuk Get-Passive yang menurut kami perlu kita ketahui alasannya adalah saat pola tersebut digunakan dalam kalimat dengan tujuan untuk menunjukkan bahwa kita mengatur atau merencanakan sesuatu sendiri. Subject seringnya merupakan agent (pelaku) dari aktivitas tersebut. Beberapa contoh yang sering kita dengar misalnya:

They got engaged.

They got married.

They got divorced.

Masih banyak sebenarnya contoh penggunaan Get-Passive yang lainnya, namun tidak bisa kami bahas satu persatu, karena artikelnya akan menjadi sangat panjang. Tapi tenang saja sobat, kami akan menampilkannya dalam contoh kalimat berikut ini, jadi kamu tetap bisa mengamati berbagai cara menggunakan Get-Passive dalam Bahasa Inggris yang umum dilakukan oleh native speaker.

Contoh Penggunaan Get-Passive dalam Kalimat

Our motorbike got stolen yesterday.

Mike and his girlfriend are going to get married next month.

The cat gets fed every morning.

The air conditioner didn’t get fixed until I hired the technician.

I’ll get your socks washed if you like.

Kaola got the wood chopped.

Raton got the package delivered.

Baiklah sobat, sampai disini bahasan materi yang bisa kami sajikan tentang penggunaan Get-Passive dalam Bahasa Inggris, semoga bisa dipahami dengan mudah. Jika selama ini kamu merasa sudah familiar dengan penggunaan pola Get-Passive, ternyata hal itu sangat wajar, karena kami juga baru tau bahwa pola ini lebih sering digunakan ketimbang pola be-Passive. Kami akhiri artikel kali ini, jika ada kesalahan dalam informasi yang kami sampaikan, kami mohon maaf, terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi dalam kesempatan lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat Get-Passive – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-get-passive – Diakses tanggal 26 April 2017
  2. Get Passive – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/passive/get-passive – Diakses tanggal 26 April 2017
  3. “Get” Passives – http://www.grammar-quizzes.com/passive2.html – Diakses tanggal 26 April 2017
  4. Get-Passive (Grammar) – https://www.thoughtco.com/get-passive-grammar-1690898 – Diakses tanggal 26 April 2017
  5. The Use of “Get” in the Passive Voice – http://www.learnamericanenglishonline.com/Green%20Level/G6%20Get%20Passive.html – Diakses tanggal 26 April 2017
  6. When do you use Get or Be in the Passive Voice? – https://ell.stackexchange.com/questions/97506/when-do-you-use-get-or-be-in-the-passive-voice – Diakses tanggal 26 April 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *