Penjelasan Mudah Tentang Transitive Dan Intransitive Verb


Dalam Bahasa Inggris kita mengenal istilah transitive dan intransitive verb. Bagi yang sudah pernah mempelajarinya di sekolah tentu sudah mengerti penjelasan dan perbedaan keduanya. Tapi bagi yang baru mendengar istilah ini mungkin penasaran tentang apa sih pengertian transitive dan intransitive verb itu? Coba perhatikan sebentar dua kalimat berikut ini:

Miss Yoannita loves cats. / Miss Yoannita Loves.

My sister cried out loud. / My sister cried.

Related: Direct And Indirect Speech Beserta Contoh Kalimatnya

Setelah memperhatikan contoh kalimat diatas, bagaimana menurutmu tentang kalimat tersebut? Yang manakah yang termasuk kedalam transitive verb dan intransitive verb? Untuk tau penjelasan nya, ayo kita simak bersama penjelasan mudah tentang transitive dan intransitive verb berikut ini. – Bigbanktheories.com

Kata Kerja Transitif Dan Intransitif

Transitive And Intransitive Verb

Pengertian Dan Perbedaan Transitive Dan Intransitive Verb

Mengetahui penjelasan dan perbedaan transitive dan intransitive verb sangatlah mudah sobat. Jadi ingatlah, tidak perlu takut dan bingung dalam mempelajari kata kerja transitif dan intransitive ini, karena sekali lagi saya yakinkan, materi ini sangat mudah untuk kamu pahami. Ada dua hal yang perlu kita ingat saat belajar materi transitive verb dan intransitive verb ini, yaitu :

Transitive Verb – Direct Object

Intransitive Verb – No Direct Object

Maksud dari pernyataan diatas adalah, Transitive verb adalah kata kerja yang selalu membutuhkan object atau direct object. Mengapa begitu? Karena jika sebuah transitive verb digunakan dalam kalimat dan tidak disertai dengan direct object, maka itu akan mempengaruhi makna kalimat tersebut, dan kalimat tersebut akan terasa tidak lengkap. Dan seperti yang kita lihat dalam pernyataan diatas, intransitive verb adalah kata kerja yang tidak membutuhkan direct object dan ini juga berarti jika dalam suatu kalimat menggunakan intransitive verb maka kalimat tersebut sudah bisa dipahami dan bermakna utuh tidak seperti transitive verb.

Nah itulah tadi penjelasan mudah tentang transitive dan intransitive verb. Sekarang ayo kita pelajari keunikan dari masing masing transitive dan intransitive verb tersebut. Berikut penjelasannya.

Penjelasan Lengkap Transitive Verb

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang transitive verb agar kita bisa benar benar mengenali suatu kata kerja termasuk kedalam transitive verb hanya dengan sekali lihat. Yang pertama adalah kita harus mengetahui kata apa saja yang termasuk kedalam transitive verb, silahkan baca Daftar Transitive Verb Yang Sering Digunakan.

Transitive Verb bisa dikemas menjadi kalimat Tanya dengan menggunakan kata “What” dan “Whom”. Mengapa begitu? Ya tentu saja ini karena adanya object atau direct object yang selalu mengikuti sebuah transitive verb. Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

She bought a shirt.

What did she buy?

Transitive verb bisa juga di rubah menjadi bentuk Passive/Passive Form. Alasannya juga sama, yaitu karena transitive verb memiliki object yang selalu mengikutinya. Dan seperti yang kita ketahui sebelumnya dalam materi Passive Form, dalam membentuk sebuah kalimat passif kita perlu memindahkan posisi object dan subject. Lihat contoh berikut :

The engineer designed the space ship. – The space ship were designed by the engineer.

Penjelasan Lengkap Intransitive Verb

Setelah membaca penjelasan lengkap tentang transitive verb diatas, sebenarnya sangat mudah untuk mengingat penjelasan tentang intransitive verb. Karena intransitive verb tidak membutuhkan object seperti transitive verb, maka intransitive verb tidak memiliki passive form, serta tidak bisa dibentuk menjadi kalimat Tanya dengan kata “What dan Whom”. Nah sekarang yang kamu perlu lakukan adalah mempelajari Daftar Intransitive Verb Serta Contoh Kalimatnya, supaya kamu benar benar paham bagaimana sebuah intransitive verb digunakan dalam kalimat serta perbedaannya dengan transitive verb.

Selain penjelasan untuk masing masing jenis verb diatas, kali ini kami juga akan membagikan informasi menarik bahwa ternyata ada beberapa kata kerja yang bisa termasuk kedalam kedua kelompok tersebut. Jadi kita juga tetap harus berhati hati dalam menentukan suatu kata kerja termasuk kedalam transitive atau intransitive verb, karena memang ternyata ada beberapa kata kerja yang tergolong kedalam keduanya. Contohnya adalah seperti dalam kalimat di bawah ini :

Open the door, please. (Transitive Verb)

The cinema opens at 9 a.m. (Intransitive Verb)

Nah terlihat kan perbedaannya. Kedua kalimat diatas sama sama menggunakan verb “Open”, namun tetap seperti aturan awalnya, saat verb tersebut diikuti dengan object maka dalam kalimat tersebut mengandung transitive verb. Dan saat tidak diikuti object maka kalimat tersebut menggunakan intransitive verb. Baca juga artikel kami tentang Daftar Kata Kerja Yang Bisa Transitive Dan Juga Intransitive.

Bagaimana, mudah kan ternyata belajar materi transitive dan intransitive verb. Nah, setelah mempelajari Penjelasan Mudah Tentang Transitive Dan Intransitive Verb kamu juga perlu tau dan mengingat Daftar Transitive Verb Dan Intransitive Verb Yang Sering Digunakan. Terimakasih untuk kunjungannya ya sobat. Oh ya, jika kamu tertarik ingin mempelajari lebih jauh tentang transitive verb, kami juga akan menyediakan artikel mengenai Tipe tipe transitive verb dalam Bahasa Inggris.

Referensi :

  1. Pengertian Dan Contoh Kalimat Transitive Dan Intransitive Verb – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-transitive-intransitive-verbs – Diakses tanggal 23 Juli 2016
  2. The Difference Between Transitive ANd Intransitive Verbs – http://www.testmagic.com/Knowledge_Base/TOEFL/exercises/grammar/transitive_intransitive/intro_01.htm – Diakses tanggal 23 Juli 2016
  3. Transitive And Intransitive Verbs – http://www.oxforddictionaries.com/words/transitive-and-intransitive-verbs – Diakses tanggal 23 Juli 2016
  4. Transitive And Intransitive Verbs – http://www.myenglishpages.com/site_php_files/grammar-lesson-transitive-intransitive%20verbs.php – Diakses tanggal 23 Juli 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *