Penjelasan Materi UN Bahasa Inggris SMP Tentang Short Message


Membahas materi UN Bahasa Inggris SMP tentunya tidak instan. Karena terdapat begitu banyak jenis materi yang sering muncul dalam soal UN SMP. Salah satu materi UN Bahasa Inggris SMP yang sering muncul dalam soal – soal UN SMP adalah materi Bahasa Inggris tentang Short Message atau yang kita kenal dalam Bahasa Indonesia dengan sebutan pesan singkat.

Materi UN Bahasa Inggris SMP tentang short message ini sangat sering muncul dalam soal UN SMP, bahkan memiliki porsi yang cukup besar bila dibandingkan dengan jumlah soal mengenai materi Bahasa Inggris lainnya. Untuk itulah, ayo kita pelajari bersama penjelasan materi UN Bahasa Inggris SMP tentang short message ini. – Bigbanktheories.com

Soal UN SMP Bahasa Inggris Tentang Short Message

Materi UN Bahasa Inggris SMP Tentang Short Message

Penjelasan Lengkap Materi UN Bahasa Inggris SMP Tentang Short Message

Taukah kamu apa yang dimaksud dengan Short Message? Short message atau yang kita kenal dengan istilah pesan singkat adalah suatu cara berkomunikasi secara tidak langsung melalui media tulisan, dan tentunya menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Beberapa contoh yang termasuk kedalam pesan pendek misalnya : memo, SMS, dan kartu ucapan.

Related: Latihan Soal EBTANAS Bahasa Inggris SMP Seri 3

Mungkin kita pernah melihat atau menggunakan secara langsung Short message ini. Contohnya saja, tentu kita pernah melihat di televisi dan film, ada orang yang menuliskan pesan pendek dan menempelkannya di pintu kulkas dengan menggunakan magnet. Nah seperti itulah contoh penggunaan short message. Contoh lainnya yang mungkin sebagian besar orang telah menggunakan adalah layanan SMS atau Short Message Service. Melalui layanan SMS yang tersedia di handphone ini, kita bisa berkirim pesan singkat dengan sangat mudah dan cepat.

Berikut ini penjelasan tentang jenis – jenis pesan pendek.

Memo

Memo adalah sebuah pesan pendek yang dituliskan pada selembar kertas dengan tujuan menyampaikan sesuatu pada seseorang. Berdasarkan penggunaannya, memo dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu memo resmi dan memo pribadi. Sesuai dengan namanya, memo resmi dipakai dalam hubungan resmi misalnya untuk menyampaikan pesan dari pimpinan kepada bawahannya. Sedangkan memo pribadi digunakan untuk menyampaikan pesan antara teman atau keluarga serta orang – orang yang memiliki hubungan akrab.

SMS (Short Message Service)

Seperti yang telah dicontohkan diatas, SMS adalah layanan pesan pendek yang bisa kita gunakan melalui handphone kita. Penggunaan SMS ini tidak terbatas dalam hal pribadi maupun resmi, karena dapat digunakan untuk keduanya, yang perlu menyesuaikan adalah bahasa yang kita gunakan dalam SMS tersebut.

Kartu Ucapan (Greeting Card)

Kartu ucapan juga merupakan salah satu contoh pesan pendek. Kartu ucapan ini berisi ucapan – ucapan khusus seperti ucapan selamat ulang tahun, ucapan selamat tahun baru, ucapan selamat lebaran, dan lain – lain. Biasanya kartu ucapan atau greeting card ini sudah tersedia dangan desain yang menarik dan bagus yang sesuai dengan momen khusus seperti yang telah disebutkan diatas, dan biasanya kartu ucapan ini bisa kita beli di toko – toko alat tulis.

Dalam soal UN SMP biasanya yang ditanyakan bukanlah tentang pengertian Short message, namun kita akan diberikan beberapa contoh Short message dan kemudian aka nada beberapa pertanyaan mengenai informasi didalam contoh pesan pendek tersebut. Untuk itulah, kali ini tim bigbanktheories akan membagikan beberapa contoh short message beserta pertanyaan yang sering muncul dalam soal – soal UN SMP.

Contoh Soal UN Bahasa Inggris SMP Tentang Short Message

To : Kiki

Papa and I will come home late tonight. The food is in the fridge, don’t buy any food until we get home. Don’t forget to lock all doors and windows. If you need anything just text or call me.

Mama

1. The short message is written to . . . . .

A. Inform Kiki about what to do at home while her Mom and Dad away.

B. Tell Kiki about the food whereabout.

C. Ask Kiki to lock the window.

D. Ask Kiki to leave the door unlocked.

2. According to the text, we know that . . . . .

A. Kiki’s parents leave some money for Kiki to buy some food.

B. Kiki’s parents will bring some pizza.

C. Kiki’s parents forgot to lock the door.

D. Kiki’s parents keep the food in the fridge.

From : +6281269713210

Get ready, I’ll be there in 5 minutes.

3. According to the SMS, we know that the sender . . . . .

A. Is already at the receiver place.

B. Will be at the receiver place within 5 minutes.

C. Is not coming.

D. Is not ready yet.

Dear Faranisa,

Congratulation on your success to be the winner of the blog design competition for college student 2016. We are proud of you.

University Blog Competition Committee

4. The blog competition committee congratulates Faranisa on . . . . .

A. Her effort to join blog competition.

B. Her membership as blogger.

C. Her winning of blog design competition.

D. Her success on study.

5. According to the text, we know that . . . . .

A. The Blog competition committee is proud of Faranisa.

B. Faranisa is a smart student.

C. Faranisa get some money from the contest.

D. The Blog competition committee give money to the winner.

Memahami materi UN Bahasa Inggris SMP memang tidak dapat dilakukan secara instan, terutama meteri tentang Short Message ini, perlu banyak latihan agar kita benar – benar mengetahui pola pertanyaan yang sering muncul dalam soal UN SMP. Mudah – mudahan dengan sedikit penjelasan dalam artikel berjudul Penjelasan Materi UN Bahasa Inggris SMP Tentang Short Message ini dapat membantu dalam persiapan menghadapi UN SMP bagi sobat yang sedang menghadapinya. Terus semangat belajar dan berlatih, dan semoga sukses dalam UN nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *