Penjelasan Lengkap Word Order Dalam Kalimat Bahasa Inggris


Word order artinya adalah urutan kata. Dalam hal ini yang dimaksud adalah bagaimana kata – kata akan disusun dalam sebuah kalimat yang baku. Contohnya saja kalimat “I Love You.” Yang ternyata disusun dengan suatu pola tertentu yaitu pola SVO atau “Subject + Verb + Object”. Dengan mengikuti pola seperti inilah yang membuat susunan kata – kata atau word order seperti contoh diatas menjadi bermakna, bayangkan saja bila susunan kalimat diatas kita acak menjadi “Love I You” mungkin kita akan kesulitan memaknainya.

Pengertian word order dalam wikipedia (word order definition) menjelaskan bahwa word order typology adalah merupakan sebuah cabang linguistic yang mempelajari urutan syntactic constituent (tidak hanya kata, dapat berupa gabungan beberapa kata yang memiliki kedudukan sama, contohnya : compound noun) dari sebuah bahasa dan bagaimana berbagai bahasa dapat memiliki word order yang berbeda – beda. Dan yang akan kita pelajari dalam artikel ini adalah word order dalam kalimat Bahasa Inggris.

Ayo simak penjelasan dan contoh kalimat tentang word order berikut ini. – Bigbanktheories.com

Related: Pengertian Nonfinite Verbs Serta Tipe Dan Contoh Kalimatnya
Pengertian Word Order

Word Order Dalam Bahasa Inggris

Word Order Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Sebagian besar kalimat atau klausa dalam Bahasa Inggris mengikuti bentuk SVO word order. SVO adalah singkatan dari “Subject Verb Object”. Dalam hal ini, sesuai dengan urutannya, maka “subject” dari suatu kalimat akan berada tepat didepan “verb”. Dan “object” biasanya mengikuti setelah “verb”.

Contoh : I (Subject) + Read (Verb) + a novel (Object).

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, walaupun materi kali ini berjudul word order, namun sebenarnya bukan hanya “kata” saja yang menjadi bahasannya, namun lebih tepatnya constituent atau bagian dari kalimat. Misalnya saja bagian “subject” dapat terdiri dari lebih satu kata, namun tetap menjadi satu constituent.

Contoh : The child who had been sleeping all day (Subject) + woke up (Verb).

Meskipun terkesan sangat panjang, namun “The child who had been sleeping all day” tetap menjadi satu constituent yaitu berada dalam posisi “Subject”. Sedangkan sisanya “woke up” yang berisi verb atau kata kerja menempati posisi “Predicate”.

Jika dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris ada bagian lain seperti : indirect objects, adverb atau adverb phrases. Ini artinya selain SVO terdapat pula pola lain seperti SVOI (Subject, Verb, Object, Indirect Object) dan juga SVOA (Subject, Verb, Object, Adverb). Berikut cara menempatkan urutannya.

Posisi Indirect Object Dalam Kalimat Bahasa InggrisBerdasarkan Word Order

Indirect object berada setelah direct object jika dalam kalimat tersebut menggunakan preposition “to”.

Contohnya : The doctor gave some medicine to the child.

Namun, jika preposition “to” dihilangkan, maka posisi indirect object berada didepan direct object.

Contohnya : The doctor gave the child some medicine.

Posisi Adverbs Atau Adverb Phrases Berdasarkan Word Order

Terdapat tiga cara untuk menempatkan adverbs (kata tunggal) dan adverb phrases (kelompok kata, biasanya terbentuk dengan awalan sebuah preposition) dalam sebuah kalimat Bahasa Inggris.

Yang pertama : Sebelum Subject

Contoh : At the end of March (Adverb) + the weather (Subject) + was (Verb) + rather cold.

Yang kedua : Setelah Object

Contoh : The girl (Subject) + wrote (Verb) + a letter (Object) + on her computer in the bus (Adverb).

Yang ketiga : Di tengah verb group. (Umumnya berupa adverb of time dan frequency)

Contoh : The boy (Subject) + has (Verb) + already (Adverb) + written (Verb) + his letter (Object).

Itulah tadi materi Bahasa Inggris dengan judul Penjelasan Lengkap Word Order Dalam Kalimat Bahasa Inggris. Dengan mempelajari word order dalam Bahasa Inggris, kita akan lebih tau cara mengungkapkan sesuatu dalam Bahasa Inggris dengan tepat. Ikutilah penjelasan dan pahami contoh – contoh kalimat word order diatas. Semoga materi ini bermanfaat, terimakasih kunjungannya hari ini.

Referensi :

  1. Word Order And Sentence Structure In English – http://linguapress.com/grammar/word-order.htm – Diakses tanggal 20 Juni 2016
  2. Word Order – http://esl.fis.edu/grammar/rules/order.htm – Diakses tanggal 20 Juni 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *