Penjelasan Lengkap Tentang Sentence Serta Tipe Tipenya


Kita tau bahwa mempelajari sebuah Bahasa berarti kita mempelajari bagaimana cara membuat kalimat atau sentence yang baik. Tapi apa kita sudah benar benar mengerti apa sebenarnya yang dimaksud dengan sentence itu ? Mungkin ada yang sudah mengerti dan ada yang belum ya.

Melalui artikel kali ini, kami ingin memberikan pembahasan singkat tentang definition atau pengertian sentence, serta macam macam jenis sentence dalam Bahasa Inggris. Silahkan baca dan perhatikan penjelasan dalam artikel ini, semoga bermanfaat dalam menambah wawasanmu tentang Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Definisi Dan Macam Macam Sentence

Penjelasan Lengkap Tentang Sentence

Pengertian Sentence

Sentence adalah sebuah kelompok kata yang memiliki makna atau ide yang utuh. Untuk bisa disebut sebagai sebuah sentence atau kalimat, kelompok kata tersebut haruslah memiliki paling tidak satu independent clause. Sedangkan sebuah independent clause harulah memiliki subject dan predicate. Dengan begitu, bagian penting dari sebuah kalimat adalah subject, predicate, serta tidak ketinggalan tanda titik (period / full stop), tanda seru (exclamation mark), atau tanda tanya (question mark) sebagai bagian akhir dari sebuah kalimat.

Related: Pengertian Dan Contoh Predicative Adjective Dalam Kalimat

Macam Macam Tipe Sentence

Dalam mempelajari jenis atau tipe sentence, kita perlu tau bahwa ada dua pendapat mengenai hal ini. Pendapat pertama menganggap bahwa declarative sentence, imperative sentence, exclamatory sentence, dan interrogative sentence adalah jenis atau tipe sentence. Dan pendapat kedua beranggapan bahwa simple sentence, compound sentence, complex sentence, compound-complex sentence lah yang merupakan macam macam dari sentence. Nah, berdasarkan yang kami amati, kedua pendapat ini sama benarnya karena jika kita pelajari semuanya memanglah merupakan tipe kalimat (sentence types), hanya saja pendapat pertama melihat pembagian itu berdasarkan kegunaan atau fungsi nya, sedangkan pendapat kedua melihatnya dari struktur kalimat nya. Ayo kita lihat penjelasannya satu persatu.

Declarative Sentence

Sebuah declarative sentence digunakan untuk menyatakan fakta atau opini kita.

Imperative sentence

Sebuah imperative sentence fungsinya untuk memberi perintah (command) atau permintaan secara sopan (polite request).

Exclamatory Sentence

Sebuah exclamatory sentence kita gunakan untuk menunjukkan seruan atau kegembiraan kita atas suatu hal.

Interrogative Sentence

Seperti namanya, interrogative sentence kita gunakan untuk membuat kalimat tanya. Jangan lupa di bagian akhir interrogative sentence letakkan question mark.

Simple Sentence

Simple sentence adalah kalimat yang hanya memiliki satu independent clause.

Compound Sentence

Compound sentence adalah kalimat yang memiliki dua independent clause atau lebih dan dihubungkan dengan coordinating conjunction.

Complex Sentence

Complex sentence adalah kalimat yang mengandung satu independent clause dan satu atau lebih dependent clause.

Compound-Complex Sentence

Compound-complex sentence  adalah kalimat yang terdiri dari dua atau lebih independent clause dan satu atau lebih dependent clause.

Sobat, itulah tadi macam macam sentence dalam Bahasa Inggris. Selanjutnya, kita juga perlu mempelajari masalah atau kesalahan yang sering terjadi berkaitan dengan kalimat atau sentence.

Kesalahan Dalam Pemakaian Sentence

Ada dua kesalahan yang umum terjadi dalam penggunaan kalimat, yaitu : sentence fragment dan run-on sentence. Berikut penjelasannya:

Sentence Fragment

Yang dimaksud dengan sentence fragment adalah kumpulan kata yang terlihat seperti sentence namun sebenarnya bukan. Hal ini biasa disebut juga sebagai incomplete sentence (kalimat tak lengkap).

Contohnya : In Berlin, during the cold war and just before the truce.

Run-On Sentence

Yang dimaksud dengan run-on sentence adalah kalimat yang memiliki dua independent clause atau lebih tapi tidak jelas penghubungnya atau tidak terhubung dengan benar.

Contohnya : The bus will be here in two minutes bring your bag here.

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas materi yang bisa kami sampaikan seputar penjelasan lengkap tentang sentence dan tipe tipe nya. Semoga bermanfaat. Kami mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penjelasan kami ini. Sampai jumpa lagi.

Referensi :

  1. Pengertian, Tipe, Pola Dan Contoh Sentence (Kalimat Bahasa Inggris) – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-sentence-kalimat-bahasa-inggris – Diakses tanggal 17 November 2016
  2. What is a sentence? – http://www.grammar-monster.com/glossary/sentences.htm – Diakses tanggal 17 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *