Penjelasan Lengkap Tentang Perbedaan Principal Dan Principle


Dalam artikel kali ini kita akan membahas perbedaan dari dua kata yang memiliki kemiripan bunyi atau pelafalan yaitu principal dan principle. Kedua kata ini merupakan sebuah contoh homophone, yaitu kata yang cara pengucapannya sama namun memiliki perbedaan arti. Nah, karena kita sudah tau bahwa salah satu perbedaan antara keduanya terletak pada pengertian kata principal dan principle, maka berikut inilah penjelasan singkatnya.

Principal bisa diartikan sebagai “utama/pokok” dan juga “kepala sebuah lembaga”, inilah sebabnya di Indonesia kita mengenal penggunaan kata principal ini sebagai terjemahan Bahasa Inggris untuk kata kepala sekolah. Tentunya kamu sudah pernah mendengar penggunaan kata ini di sekolahmu. Sedangkan untuk kata principle bisa diartikan sebagai “asas / dasar / prinsip”. Ternyata sangat berbeda ya sobat. Lalu adakah penjelasan lebih lanjut tentang perbedaan principal dan principle ini? Ikuti penjelasan kami berikut ini. – Bigbanktheories.com

Arti Kata Principal Dan Principle

Perbedaan Antara Kata Principal Dan Principle

Perbedaan Antara Kata Principal Dan Principle

Pada paragraph di atas kita telah mengetahui arti kata principal dan juga principle. Dan arti dari kedua kata inilah yang menjadi dasar pembeda antara kata principal dengan principle. Namun ternyata selain dari arti katanya, masih ada lagi perbedaan mendasar dan cukup mencolok diantara keduanya, yaitu terletak pada kelas kata nya (part of speech). Berikut ini penjelasan untuk masing masing kata beserta contoh kalimatnya.

Related: Inilah Penjelasan Singkat Tentang Perbedaan Good Dan Well

Principal

Secara umum, kata principal digunakan dalam kalimat sebagai adjective yang artinya utama atau pokok.

Contohnya:

Mr.Mark Andrew is the principal speaker in the conference.

(Bapak Mark Andrew adalah pembicara utama dalam konferensi itu.)

Selain berfungsi sebagai adjective, kata principal dalam kalimat juga bisa berfungsi sebagai noun yang artinya kepala (dari sebuah lembaga). Dan ternyata tidak hanya di Indonesia saja kata ini memiliki keterkaitan dengan dunia pendidikan yang erat, di Amerika pun, kata “principal” ini juga umum digunakan untuk merujuk pada head teacher (guru kepala).

Contohnya:

The principal is in his office.

(Kepala sekolah sedang berada di kantornya.)

Principle

Kata principle dalam kalimat berfungsi sebagai noun. Secara umum kata ini diartikan sebagai asas, dasar, prinsip, teori, hukum, aturan, kepercayaan, ataupun tata cara melakukan sesuatu. Dari sini kita bisa melihat bahwa kata principle memiliki cakupan makna yang cukup luas, maka dari itu kitapun harus berhati hati dalam menerjemahkannya.

Contohnya:

I disagree with that, because it is against my principles.

(Saya tidak setuju dengan hal itu, karena itu berlawanan dengan prinsip saya.)

Bagaimana sobat, bisa dimengerti kan penjelasan dari kami tentang perbedaan kata principal dan principle ini. Semoga materi ini bermanfaat untukmu, dan mudah mudahan kamu tidak bingung lagi saat ingin menggunakan kedua kata tersebut. Terimakasih untuk kunjungannya, kami minta maaf jika ada kesalahan dalam penyampaian materi kali ini, sampai jumpa lagi dalam materi lainnya.

Referensi:

  1. Principal And Principle – The Difference – http://www.grammar-monster.com/easily_confused/principal_principle.htm – Diakses tanggal 13 Desember 2016
  2. Perbedaan Antara Principal Dan Principle – http://www.wordsmile.com/pengertian-perbedaan-contoh-kalimat-principal-principle – Diakses tanggal 13 Desember 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *