Penjelasan Lengkap Tentang Modifier Dalam Bahasa Inggris


Modifier dalam Bahasa Inggris menjadi hal yang tak terpisahkan penggunaannya dalam keseharian kita. Karena seperti namanya, sebuah modifier berfungsi untuk me-modify atau dalam Bahasa Indonesia nya bisa kita artikan dengan merubah makna dari suatu kata atau suatu bagian dalam kalimat dengan cara member keterangan baru terhadap kata atau bagian kalimat tersebut.

Dengan begini, tanpa adanya modifier tentunya akan sangat sulit bagi kita untuk mengembangkan dan menuangkan ide kita kedalam bentuk tulisan maupun lisan. Kini kamu tau kan begitu pentingnya bagi kita untuk mempelajari berbagai macam modifier dalam Bahasa Inggris beserta kegunaan atau fungsinya masing masing dan tentunya kita pun ingin melihat bagaimana contoh penggunaan modifier ini dalam sebuah kalimat. Simak penjelasan kami berikut ini ya sobat. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Modifier Dalam Kalimat

Penjelasan Lengkap Tentang Modifier Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Modifier

Modifier adalah kata (word), frasa (phrase), ataupun klausa (clause) yang memodifikasi makna dengan cara memberi tambahan keterangan di dalam sebuah kalimat. Keberadaan modifiers memungkinkan seorang penulis untuk menyampaikan apa yang mereka bayangkan secara akurat kepada pembaca. Bahkan ada sebagian orang yang beranggapan bahwa tanpa adanya modifier sebuah kalimat akan terasa membosankan.

Related: Contoh Soal Dan Penjelasan Lengkap Tentang Noun Dan Jenisnya

Berdasarkan fungsinya, terdapat dua tipe modifiers yaitu:

Sebagai adjective yang berfungsi untuk memodifikasi noun.

Sebagai adverb yang berfungsi untuk memodifikasi verb, adjective, ataupun adverb lainnya.

Sebuah modifier dapat muncul setelah atau sebelum bagian kalimat yang dimodifikasinya (biasanya disebut head). Modifier yang muncul sebelum head disebut dengan pre-modifier, sedangkan yang muncul setelah head disebut dengan post-modifier.

Contoh Pre-modifier: Black cat

Contoh Post-modifier: cat on the tree

Contoh Gabungan Pre- dan Post-modifier: That black cat on the tree is mine.

Beberapa bentuk modifier yang berfungsi sebagai adjective yaitu: simple adjective, adjective phrase, adjective clause, participle dan infinitive. Sedangkan bentuk bentuk modifier yang berfungsi sebagai adverb yaitu: simple adverb, adverb phrase, adverb clause, prepositional phrase, dan infinitive. Selanjutnya, ayo kita lihat contoh penggunaan modifier dalam kalimat.

Contoh Kalimat Modifier

My father bought a new car. (Adjective)

(Ayahku membeli sebuah mobil baru)

I accidentally hit a goat. (Adverb)

(Saya secara tidak sengaja menabrak seekor kambing.)

My brother caught a mouse smaller than a spoon. (Adjective Phrase)

(Saudara saya menangkap tikus yang lebih kecil dari sebuah sendok.)

Mailia put the book on the table. (Prepositional Phrase)

(Mailia meletakkan buku itu di atas meja.)

Marina lift a box which was bigger than her body. (Adjective Clause)

(Marina mengangkat kotak yang lebih besar dari tubuhnya.)

Oke deh sobat, itulah tadi beberapa contoh kalimat yang menggunakan modifier di dalamnya. Sebelum kami akhiri artikel ini, kami ingin member sedikit tambahan informasi lagi yaitu tentang kesalahan kesalahan yang sering dilakukan dalam menggunakan odifier di dalam kalimat. Berikut penjelasannya.

Berbagai Kesalahan Umum Dalam Penggunaan Modifier

Umumnya ada tiga kesalahan dalam penggunaan modifier dalam kalimat yaitu: Dangling Modifier, Misplaced Modifier, Squinting Modifier. Inilah penjelasan singkat untuk masing masing kesalahan umum tersebut.

Dangling Modifier

Dangling modifier (berasal dari kata dangle = tergantung/menggantung) adalah sebuah kesalahan dalam menggunakan atau menempakan modifier, dimana modifier tersebut tidak memberi keterangan akan hal yang muncul setelahnya. Artinya dalam kalimat tersebut tidak jelas apa yang sedang diterangkan.

Contoh:

After reading the great new book, the movie based on it is sure to be exciting.

(Setelah membaca buku baru yang bagus itu, film yang berdasarkan itu pastinya menarik.

Membaca contoh kalimat seperti ini, pastinya timbul pertanyaan di pikiran kita ya, “siapa yang membaca buku itu?”, inilah yang dimaksud dengan dangling modifier sobat, dimana modifier yang muncul itu tidak menerangkan apa apa.

Misplaced Modifier

Sesuai dengan namanya, misplaced modifier berarti modifier yang letaknya salah (misplaced) dalam suatu kalimat, sehingga menimbulkan makna yang aneh, membingungkan atau bahkan tidak logis.

Contoh:

She served sandwiches to the children on paper plates.

(Dia menghidangkan sandwich kepada anak anak di atas piring kertas.)

Bagaimana sobat, sedikit aneh kan, mungkin akan timbul pertanyaan di pikiranmu, “yang di atas piring kertas itu anak anak atau sandwich nya?”. Hal ini terjadi karena salah penempatan modifier (misplaced modifier).

Squinting Modifier

Squinting modifier masalah yang timbul karena sebuah modifier yang berada di tengah kalimat dan mengakibatkan makna ambigu.

Contoh:

Novelist who revise their work often can recognize their mistakes.

Ada dua kemungkinan makna dari kalimat di atas yaitu:

“Novelis yang sering merevisi tulisan mereka bisa menyadari kesalahan mereka.”

“Novelis yang merevisi tulisan mereka sering menyadari kesalahan mereka.”

Inilah yang dimaksud dengan squinting modifier sobat. Mungkin sampai sekarang kamu pun masih bingung harus memilih yang mana antara dua kemungkinan makna di atas.

Itulah tadi beberapa permasalahan yang umum terjadi berkaitan dengan penggunaan modifier dalam kalimat. Jika kamu masih memiliki waktu luang, coba lah untuk membaca dan mempelajari lebih jauh tentang cara untuk memperbaiki kesalahan penggunaan modifier seperti yang telah kami contohkan di atas.

Bagaimana sobat setelah membaca artikel ini, apa kamu sudah terbantu dalam memahami pengertian, jenis serta contoh modifier dalam Bahasa Inggris? Kami harap sudah ya. Sekian dulu pembahasan singkat yang bisa kami berikan, jika ada kekurangan dan kesalahan dalam pembahasan materiyang kami sampaikan ini, kami minta maaf. Terimakasih untuk kunjungannya, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian, Masalah dan Contoh Kalimat Modifier Bahasa Inggris – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-modifier-inggris – Diakses tanggal 28 Januari 2017
  2. The Modifier – http://chompchomp.com/terms/modifier.htm – Diakses tanggal 28 Januari 2017
  3. Grammatical Modifier – https://en.wikipedia.org/wiki/Grammatical_modifier – Diakses tanggal 28 Januari 2017
  4. What Are Modifiers? (with Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/modifiers_modify.htm – Diakses tanggal 28 Januari 2017
  5. Examples of Dangling Modifiers – http://examples.yourdictionary.com/examples-of-dangling-modifiers.html – Diakses tanggal 28 Januari 2017
  6. Examples of Misplaced Modifiers – http://examples.yourdictionary.com/examples-of-misplaced-modifiers.html – Diakses tanggal 28 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *