Penjelasan Lengkap Tentang Main Verb Dalam Bahasa Inggris


Halo sobat, dalam artikel kali ini kita akan mempelajari materi Bahasa Inggris tentang main verb. Jika ada materi baru seperti ini, pastinya yang kita pertanyakan pertama kali adalah membahas tentang apa artikel atau materi tersebut, dank arena sudah di sebutkan bahwa kita akan membahas tentang main verb maka yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah apa pengertiannya dan bagaimana contohnya. Untuk menjelaskan jawaban dari pertanyaan pertanyaan itulah kami menampilkan artikel ini. Jadi, untuk sobat yang ingin tau pengertian dan contoh main verb, silahkan baca artikel kali ini sampai selesai. – Bigbanktheories.com

Contoh Dan Jenis Main Verb Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan Lengkap Tentang Main Verb Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Main Verb

Yang dimaksud dengan main verb adalah kata kerja utama yang menunjukkan aksi atau kondisi dalam suatu kalimat. Main verb mencakup semua verb kecuali auxiliary verb. Verb (kata kerja) yang termasuk kedalam main verb terkadang sering disebut juga dengan istilah full verb / principal verb / ordinary verb atau lexical verb. Wah banyak sekali istilahnya ya hehe.

Kita bisa mengenali main verb dalam sebuah kalimat dengan memperhatikan ciri ciri berikut ini:

Related: Panduan Penggunaan Punctuation Marks Dalam Bahasa Inggris

1.Main verb bisa berubah bentuk menyesuaikan dengan subject dan konteks kalimatnya.

2.Main verb bisa digunakan bersama auxiliary verb dan bisa juga berdiri sendiri dalam kalimat.

3.Dalam negative dan interrogative sentence kata bantu berupa “did” dan “do” akan digunakan bersama main verb.

Itulah tadi sobat ciri ciri dari main verb yang bisa kita manfaatkan untuk mengenali suatu main verb dalam kalimat. Tapi sebenarnya ada cara yang lebih mudah lho, seperti yang sudah kami sampaikan di awal bahwa semua verb kecuali auxiliary verb adalah main verb, jadi selama yang kamu temui bukan berbentuk auxiliary maka itu pasti main verb.

Dengan pernyataan seperti di atas, berarti bisa kita bayangkan ya jumlah main verb tentunya sangat banyak sekali sobat. Nah dari begitu banyaknya main verb, ada beberapa cara pengelompokan verb yang bisa kita lakukan terhadap main verb tersebut. Cara cara nya seperti berikut ini:

Cara Pengelompokan Main Verb

Ada beberapa cara pengelompokan main verb yang bisa kita lakukan, yang pertamaadalah dengan mengelompokkan nya kedalam bentuk transitive dan intransitive verb.

Transitive dan Intransitive Verb

Transitive verb adalah kata kerja yang membutuhkan direct object, sedangkan intransitive verb adalah kebalikannya yaitu kata kerja yang tidak memerlukan  direct object.

Contoh Transitive Verb:

My mother brought a chocolate cake on my birthday.

I bought a water gun.

You will get bonus if you achieve the target.

Contoh Intransitive Verb:

The magician disappear from the stage.

The accident happened a week ago.

The audience remain silent.

Selanjutnya, kita juga bisa mengelompokkan sebagian main verb kedalam linking verb.

Linking Verb

Kebanyakan dari linking verb tidak memiliki makna yang jelas jika berdiri sendiri, karena memang sesuai dengan namanya, fungsi linking verb adalah untuk menghubungkan (to link) subject dengan hal yang berhubungan dengan subject tersebut. Linking verb ini selalu bersifat intransitive (tak memerlukan object), namun bukan berarti semua intransitive verb adalah linking verb.

Contoh Linking Verb:

My sister is an architect.

My daughter is beautiful.

The room became quiet.

That sounds impossible.

Selain dua cara pengelompokkan di atas, kita juga bisa mengelompokkan main verb kedalam dynamic dan stative verb. Berikut penjelasannya:

Dynamic dan Stative Verb

Dynamic verb adalah kata kerja yang menjelaskan aksi atau tindakan, sedangkan stative verb adalah kata kerja yang menjelaskan kondisi atau situasi. Umumnya yang lebih sering digunakan dalam continuous tense adalah dynamic verb.

Contoh Dynamic Verb: eat, explode, fight, go, hit, play, run, call, drink, listen, work, dsb.

Contoh Stative Verb: contain, desire, feel, hear, include, know, love, like, mean, need, prefer, please, see, smell, wish, dsb.

Dan yang terakhir, kita juga bisa mengelompokkan main verb kedalam regular dan irregular verb.

Regular dan Irregular Verb

Regular dan irregular verb berhubungan dengan perubahan bentuk verb dari bentuk 1, 2 dan 3. Regular verb berisi kata kerja yang perubahannya mengikuti pola yaitu berakhiran –ed. Sedangkan dalam irregular verb perubahannya tidak mengikuti pola tersebut, oleh karena itu kita perlu menghapalkannya.

Contoh Regular Verb:

Walk – Walked – Walked

Wash – Washed – Washed

Contoh Irregular Verb:

Bring – Brought – Brought

Cast – Cast – Cast

Itulah tadi sobat beberapa cara yang bisa kita lakukan dalam mengelompokkan main verb (kata kerja utama) dalam Bahasa Inggris.

Bagaimana sobat, sampai disini apa sudah bisa dipahami penjelasan yang kami berikan tentang main verb? Semoga saja sudah ya. Terimakasih sudah menyempatkan membaca artikel kami, semoga bermanfaat. Kami akhiri sampai disini, jika ada kesalahan kami minta maaf, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Main/Full Verb – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-main-verb – Diakses tanggal 30 Januari 2017
  2. Main Verbs – https://www.englishclub.com/grammar/verbs-classification-main.htm – Diakses tanggal 30 Januari 2017
  3. Apa itu Main Verbs dan Auxiliary Verbs – http://zonaenglish.com/138/apa-itu-main-verbs-dan-auxiliary-verbs.html – Diakses tanggal 30 Januari 2017
  4. Main Verbs: Definition and Examples – https://www.grammarly.com/blog/main-verb/ – Diakses tanggal 30 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *