Penjelasan Lengkap Tentang Interjection Dalam Bahasa Inggris


Interjection merupakan salah satu bagian dari part of speech (kelas kata) dalam Bahasa Inggris. Meskipun begitu, namun bagi sebagian orang interjection memiliki peranan yang tidak sepenting part of speech lainnya. Alasannya adalah karena ada atau tidaknya interjection dalam kalimat, tidak akan mempengaruhi kejelasan makna kalimat tersebut, dalam artian makna kalimat tersebut akan tetap utuh dan bisa dimengerti meski tanpa adanya interjection.

Sebuah interjection itu memang merupakan kata yang diperuntukkan khusus agar pembicara atau penulis bisa memasukkan emosi nya kedalam kalimat yang mereka gunakan. Bisa kita katakan bahwa interjection itu mengandung makna yang bisa menunjukkan perasaan namun tidak bisa menghubungkan bagian bagian kalimat secara grammatical, serta tidak bisa digunakan untuk membantu pembaca memahami hubungan antar kata atau antar frasa dalam sebuah kalimat. Inilah alasannya interjection jarang digunakan dalam penulisan ilmiah, namun untuk penulisan yang bersifat seni kita mungkin akan sering menjumpai penggunaan interjection ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Interjection Dalam Percakapan

Penjelasan Lengkap Tentang Interjection

Pengertian Interjection

Jika kita coba terjemahkan dengan menggunakan kamus, interjection artinya “kata seru” atau “seruan”, sedangkan pengertian dalam Bahasa Inggris nya adalah “a word or an expression added to a sentence to convey an emotion or a sentiment such as surprise, disgust, joy, excitement, or enthusiasm”, jika diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia artinya “sebuah kata atau ungkapan yang ditambahkan kepada sebuah kalimat untuk menyampaikan emosi atau perasaan seperti terkejut, jijik, gembira, senang atau semangat”.

Related: Contoh Soal Dan Penjelasan Lengkap Tentang Noun Dan Jenisnya

Penggunaan Interjection

Pada umumnya interjection lebih sering digunakan pada saat berbicara dibandingkan dalam bentuk tulisan, terutama dalam penulisan ilmiah atau tulisan yang bersifat resmi bisa dikatakan sangat jarang. Penggunaan interjection juga tidak harus selalu menyatu dengan kalimat, karena sebuah interjection dapat berdiri sendiri, dan saat letaknya menyatu dengan kalimat pun, sebuah interjection bisa dibilang tidak memiliki hubungan yang bersifat gramatikal dengan kalimat tersebut.

Ada beberapa cara penggunaan interjection yang bisa kita gunakan. Berikut ini adalah penjelasannya:

Di bagian awal kalimat.

Pemakaian interjection di awal kalimat merupakan cara yang paling sering di lakukan oleh pengguna Bahasa Inggris baik di Indonesia maupun di negara asalnya. Banyak juga yang menghubung hubungkan penggunaan interjection dengan penggunaan exclamation point atau dalam Bahasa Indonesia nya tanda seru. Perhatikan contoh berikut ini:

Contoh Interjection di Awal Kalimat

Ahh, it feels great!

Congrats! You have graduated.

Di bagian tengah atau akhir kalimat.

Meski pada umumnya interjection diletakkan di bagian awal kalimat, namun sebenarnya bisa juga kita gunakan di bagian tengah, akhir atau di bagian manapun dalam suatu kalimat yang ingin diberikan penekanan perasaan oleh kita sebagai pembicara atau penulis.

Contoh Interjection di Tengah dan Akhir Kalimat

That is, absolutely, the biggest fish I’ve ever seen in my life.

This riddle is so confusing, argh!

Interjection berdiri sendiri (stand-alone sentence)

Sebuah interjection bisa berdiri sendiri dan disebut dengan stand alone sentence.

Contoh Interjection Berdiri Sendiri

Bah!

Oh dear!

Itulah tadi berbagai contoh penggunaan interjection dalam Bahasa Inggris. Temukan lebih banyak Contoh Penggunaan Interjection yang sudah kami sediakan di website ini.

Daftar Interjection Dalam Bahasa Inggris (List of Interjection)

Ahem – Suara ber-dehem atau suara membersihkan tenggorokan, biasanya bertujuan untuk meminta perhatian atau meminta didengarkan.

Aah – Suara jeritan biasanya bertujuan untuk meminta bantuan ketika seseorang merasa takut.

Boo – Suara yang digunakan untuk menakut nakuti atau menunjukkan ketidak setujuan.

Eh – Interjection yang digunakan ketika kita tidak seberapa mendengar atau tidak mengerti apa yang orang lain katakan.

Eww – Ungkapan untuk menunjukkan ketidak sukaan atau jijik.

Hmm – Interjection yang kita gunakan saat kita sedang berfikir atau ragu.

Jeez – Mengandung makna bahwa kita percaya akan suatu yang terjadi atau saat kita jengkel.

Ooh-la-la – Merupakan cara yang ekspresif untuk menunjukkan bahwa suatu hal itu indah atau spesial.

Oops – Seruan yang digunakan ketika kita secara tidak sengaja melakukan sesuatu.

Phew – ungkapan untuk menunjukkan kelegaan bahwa sesuatu telah usai.

Whoa – Sesuatu yang biasanya kita ucapkan saat terkejut atau kagum.

Yahoo – (alamat email jaman dulu, Oops, hehe just kidding) ucapan untuk menunjukkan kegembiraan atau kebahagiaan.

Yeah – Seruan untuk menunjukkan persetujuan yang sangat kuat (sangat setuju).

Yoo-hoo – biasanya digunakan oleh wanita untuk menarik perhatian.

Itulah tadi sobat beberapa contoh common interjection atau seruan yang umum digunakan dalam Bahasa Inggris. Semoga bisa bermanfaat ya bagi sobat yang sedang mempelajari materi interjection dalam Bahasa Inggris. Temukan juga contoh interjection yang lebih lengkap dalam daftar interjection Bahasa Inggris.

Terimakasih banyak untuk kunjungannya hari ini, semoga artikel yang kami tampilkan kali ini bisa menambah wawasanmu seputar materi Bahasa Inggris. Kami akhiri sampai disini penjelasan lengkap tentang interjection dalam Bahasa Inggris, pelajari juga materi terkait yang telah kami sediakan agar pemahamanmu semakin mantap. Kami mohon maaf jika ada kekurangan dalam materi yang kami sampaikan, sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. What Is An Interjection? – http://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/interjections/what-is-an-interjection.html – Diakses tanggal 14 Februari 2017
  2. Examples of Interjections – http://examples.yourdictionary.com/examples-of-interjections.html – Diakses tanggal 14 Februari 2017
  3. List of Interjections – http://grammar.yourdictionary.com/parts-of-speech/interjections/list-of-interjections.html – Diakses tanggal 14 Februari 2017
  4. What are interjections? (Grammar Lesson) – http://www.grammar-monster.com/lessons/interjections.htm – Diakses tanggal 14 Februari 2017
  5. Pengertian dan Contoh Interjection (Kata Seru Bahasa Inggris) – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-interjections-kata-seru – Diakses tanggal 14 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *