Penjelasan Lengkap Tentang -ing Form Dalam Bahasa Inggris


Jika kamu bertanya apa sebenarnya pengertian –ing form, maka jawaban yang bisa kami berikan adalah bahwa istilah –ing form merupakan sebutan yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris untuk merujuk kepada verb (kata kerja) yang berakhiran –ing, atau istilah lainnya yang sudah kita kenal juga adalah verb –ing, tentu kamu sudah mengenal istilah ini ya.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah kapankah penggunaan verb –ing ini diperlukan dalam kalimat? Untuk mengetahui hal ini, sobat harus mempelajari terlebih dahulu macam macam verb –ing dalam Bahasa Inggris. Karena jenis –ing form inilah yang akan menentukan kapan kita harus menggunakannya dalam kalimat. Tanpa menunggu lebih lama lagi, yuk kita pelajari penjelasan serta kumpulan contoh verb –ing berikut ini. – Bigbanktheories.com

Macam Macam Verb ing

Penjelasan Lengkap Tentang ing Form Dalam Bahasa Inggris

Macam Macam Verb –ing

Sebuah –ing form terbentuk dari bare infinitive ditambah dengan suffix –ing. Verb –ing yang terbentuk ini bisa kita kelompokkan berdasarkan fungsinya menjadi dua macam yaitu: present participle dan gerund. Lalu apa perbedaan antara gerund dan present participle ini jka memang keduanya sama sama berbentuk –ing form? Ini dia penjelasannya:

Related: Antara Worth Dan Worthwhile Dimanakah Perbedaannya ?

Dalam present participle, -ing form akan berfungsi sebagai adjective (kata sifat) atau verb.

Dalam gerund, -ing form akan berfungsi sebagai noun.

Nah, sekarang kamu sudah tau kan perbedaan antara present participle dan gerund. Dengan mengetahui hal ini, sobat nantinya akan mampu menentukan verb –ing yang sobat temui dalam suatu kalimat termasuk kedalam gerund atau present participle. Supaya pemahaman sobat tentang materi –ing form ini semakin mantap, baca penjelasan yang lebih rinci tentang macam macam verb –ing berikut ini.

Penggunaan Verb –ing Sebagai Present Participle

Sebagai present participle, sebuah –ing form bisa berfungsi sebagai adjective dan juga verb, tergantung pada cara pemakaiannya dalam kalimat. Saat digunakan sebagai adjective maka bentuk verb –ing ini akan menerangkan sebuah noun (biasanya sering muncul dalam noun phrase dan reduced adjective clause). Sedangkan saat digunakan sebagai verb, bentuk verb –ing ini akan muncul bersama auxiliary verb dalam tenses progressive atau continuous tense. Perhatikan beberapa contoh penggunaan –ing form sebagai present participle berikut ini:

Sebagai Adjective:

It was an amazing movie.

I bought an interesting book.

All employee working in my company got a raise last month.

Sebagai Verb:

Yoannita is playing guitar.

We were climbing the mountain when the rope broke into two pieces.

The bathroom is being cleaned.

Penggunaan Verb –ing Sebagai Gerund

Sebagai gerund,sebuah –ing form berfungsi sebagai sebuah noun. Dengan begini sebuah gerund bisa digunakan selayaknya noun pada umumnya, dan artinya sebuah gerund bisa menempati posisi sebagai subject, direct object, subject complement, object of preposition serta appositive. Perhatikan beberapa contoh penggunaan –ing form sebagai gerund berikut ini:

Drinking alcohol is prohibited in my religion.

He is good at singing.

I like traveling.

Itulah tadi sekilas materi tentang –ing form dalam Bahasa Inggris. Setelah membaca artikel ini kami yakin sobat sudah jauh lebih paham tentang istilah –ing form serta jenis dan berbagai contoh penggunaannya dalam kalimat, kami harap kedepannya kamu akan bisa menggunakan bentuk verb –ing dengan lancar.

Terimakasih atas waktu dan kunjungannya, kami minta maaf jika ada kekurangan dan kesalahan dalam materi yang kami sampaikan kali ini. Semoga sobat mendapat tambahan ilmu dengan membaca artikel ini, sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya.

Referensi:

  1. Penggunaan dan Contoh Kalimat -ing Form Dalam Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/penggunaan-contoh-kalimat-ing-form – Diakses tanggal 17 Februari 2017
  2. The -Ing Forms – http://www.ef.com/english-resources/english-grammar/ing-forms/ – Diakses tanggal 17 Februari 2017
  3. -ing Forms – https://learnenglish.britishcouncil.org/en/english-grammar/verbs/ing-forms – Diakses tanggal 17 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *