Penjelasan Lengkap Report Text Terbaru Yang Wajib Kamu Baca


Report Text adalah salah satu jenis teks yang akan kita temui dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Teks laporan (report) ini sering kali dianggap sebagai jenis teks yang sulit untuk dibuat oleh sebagian pelajar. Menurut kami hal ini terjadi karena beberapa siswa belum bisa memahami pengertian Report Text itu secara menyeluruh, oleh karena itu mereka pun bingung harus melakukan apa saat diberi tugas oleh guru di sekolah untuk membuat sebuah contoh report text singkat sederhana di rumah.

Jika kamu adalah salah satu siswa yang sedang mengalami kebingungan yang saya sebutkan di atas, saya sangat menyarankan sobat untuk membaca penjelasan lengkap tentang Report Text yang akan saya berikan di bawah ini. Melalui tulisan kali ini, kami ingin mencoba membahas pengertian dari Report Text ini beserta ciri khas yang membedakannya dengan jenis teks bacaan lain dalam Bahasa Inggris. Dengan begini, kami harap setelah membaca penjelasan yang kami berikan, tidak ada lagi siswa yang bingung dengan pengertian Report Text serta apa saja yang harus dilakukan untuk membuatnya. – Bigbanktheories.com

Pengertian Report Text

Penjelasan Lengkap Report Text Terbaru Yang Wajib Kamu Baca

Pengertian Report Text

Menurut pengertian yang baku, report text adalah jenis teks yang digunakan dalam menjelaskan serangkaian fakta logis tentang fenomena alam, sosial serta bisa juga membahas tentang benda ciptaan manusia. Dari pengertiannya ini, kita bisa melihat bahwa yang bisa kita jadikan bahan pembahasan dalam sebuah report text diantaranya adalah: fenomena alam (seperti: proses terjadinya hujan, banjir, polusi udara dan sebagainya), fenomena sosial (seperti: adat pernikahan, budaya bersilaturahmi saat lebaran, etnis atau suku tertentu), dan tentang benda ciptaan manusia (seperti: pembangkit tenaga listrik, komputer, serta bangunan).

Related: 5 Contoh Procedure Text Tentang Membuat Makanan Dan Minuman

Yang menjadi masalah dan membuat bingung sebagian orang yang baru mempelajari materi tentang Report Text adalah karena teks ini memiliki kemiripan dengan Descriptive Text. Jika kita berkaca pada pengertian report text yang telah kita baca di atas, mungkin tidak membingungkan ya, masalahnya adalah saat kita menemui sebuah contoh report text yang sangat mirip bentuknya dengan descriptive text misalnya saja ada sebuah contoh report text tentang kucing, bagi kita yang sudah lebih dulu kenal dengan descriptive text, maka kita mungkin meragukan bahwa itu adalah report text karena jika dikaji dari segi Generic Structure, report text dan juga descriptive text sama sama memiliki dua bagian saja yaitu: “identification” dan “description” untuk descriptive text, serta “general classification” dan “description” untuk report text.

Baca Juga: Generic Structure Dan Language Features Report Text

Karena kedua jenis teks tersebut memiliki unsur “description” di dalamnya maka sangat wajar jika banyak yang bingung dalam menentukan perbedaan antara descriptive text dan report text. Padahal hal ini bisa kita pahami dengan cara yang cukup sederhana lho, perhatikan penjelasan berikut ini:

Misalnya saja kita mengambil tema “kucing”, jika tema ini kita kemas menjadi sebuah Descriptive Text, maka hal hal yang akan kita bahas adalah informasi spesifik dari satu kucing saja, misalnya saja “kucing saya”. Jika kebetulan kita memiliki lebih dari satu ekor kucing di rumah, maka dalam sebuah teks deskriptif, kita harus membuatnya lebih spesifik lagi, misalnya dengan membahas “kucing saya yang berwarna putih”, dan jika ternyata kebetulan kita memiliki lebih dari satu kucing putih di rumah, maka kita juga harus membahas yang lebih spesifik lagi misalnya “kucing persia saya yang berwarna putih dan berekor panjang”. Intinya dalam Descriptive Text, kita fokus membahas ciri atau deskripsi dari satu benda saja, karena seperti tujuan dari teks deskriptif itu sendiri, yaitu untuk “menggambarkan” maka dalam membuat sebuah teks descriptive kita harus berusaha agar orang yang membaca atau mendengar bisa membayangkan benda yang sedang kita deskripsikan.

Kita juga bisa mengemas tema “kucing” menjadi sebuah Report Text, namun tentunya dengan cara yang berbeda. Lalu apa letak perbedaan antara Report Text dan Descriptive Text yang telah disampaikan di atas? Bedanya adalah, dalam Report Text kita hanya menyampaikan hal hal yang bersifat umum saja, inilah sebabnya dalam generic structure Report Text ada “General Classification” dimana kita menyampaikan hal umum apa yang akan kita bahas. Jadi, kita boleh saja membuat sebuah Report Text yang berjudul “Cat” saja dan isinya menceritakan secara umum tentang hewan “kucing”. Di dalamnya kita bisa membahas secara global tentang kucing secara umum, mulai dari nama ilmiah nya, masa hidupnya secara umum, rata rata berat dan panjang kucing, hingga jenis jenis kucing yang ada di dunia. Jika kita ingin membuatnya menjadi sedikit lebih spesifik, kita juga bisa membuat laporan tentang satu spesies kucing saja seperti misalnya “kucing persia” atau jenis “kucing sphinx” saja.

Sejauh ini saya yakin mulai bisa dipahami ya seperti apa Report Text itu sebenarnya. Nah, ada satu hal yang penting juga untuk sobat ketahui, jenis teks ini akan sering kita jumpai dalam jurnal ilmiah atau majalah yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan sains seperti ensiklopedia dan buku ilmiah lainnya. Jadi jika kamu menganggap bahwa jenis teks yang satu ini terkesan serius dan berbobot, maka kami tegaskan bahwa itu memang benar, karena tujuan utama dari Report Text ini adalah untuk menyampaikan secara objektif informasi yang bersifat faktual (fakta / kebenaran). Mungkin ini sebabnya kita jarang diberi tugas untuk membuat teks jenis ini di rumah, namun jika suatu saat kita diberi tugas membuat teks report dalam Bahasa Inggris, tentunya kita akan membutuhkan contoh report text yang singkat dan sederhana untuk kita baca dan jadikan panduan ya, untuk itu kami akan menyediakannya juga di website ini.

Sekian penjelasan lengkap tentang Report Text yang bisa kami sajikan, kami harap informasi yang ada di dalamnya bermanfaat untukmu dan bisa dipahami dengan mudah. Jika ada kekurangan atau kesalahan dalam informasi yang kami sampaikan, kami minta maaf dan harap bisa dimaklumi. Sampai jumpa lagi, dan jangan lupa baca juga 15 Contoh Announcement Dalam Bahasa Inggris Di Tempat Umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *