Penjelasan Lengkap Macam Macam Tenses Dalam Bahasa Inggris


Mungkin kita sudah tau pengertian tenses dalam Bahasa Inggris. Bahkan juga mungkin kita sudah megenal beberapa macam tenses beserta rumus nya. Tapi memang saat sedang belajar Bahasa Inggris dan membahas materi tenses, hingga kini masih sedikit menjadi beban yang tidak seberapa disukai oleh pelajar. Hingga akhirnya muncul anggapan di masyarakat bahwa tenses Bahasa Inggris itu susah, dan alasan tidak bisa berbahasa Inggris adalah karena nggak ngerti tenses. Tapi apakah memang benar seperti itu ?

Sebenarnya tenses adalah cara yang digunakan oleh native speaker Bahasa Inggris untuk menunjukkan waktu dari sebuah kejadian atau peristiwa dengan cara melakukan perubahan bentuk dari kata kerjanya. Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa ada 12 macam tenses yaitu dalam bentuk basic tenses, namu pada umumnya yang diketahui secara umum jumlah tenses itu ada 16. Tapi berapapun jumlah tenses dalam Bahasa Inggris, ada dua hal saja yang penting untuk kita ketahui dari suatu tenses, yaitu : 1. Bagaimana kita membuat kalimat dengan tenses tersebut (rumus), dan 2. Kapan dan mengapa kita menggunakan tenses tersebut. Jika kita sudah mengerti dua hal penting itu, mudah mudahan deh, tenses tidak akan sesulit itu lagi hehe.

Nah, supaya kamu jadi lebih mudah mempelajari tenses Bahasa Inggris yang jumlahnya banyak itu, kami akan mengumpulkan semuanya jadi satu dalam artikel ini. Masing masing tenses akan dilengkapi dengan penjelasan singkat tentang kapan dan mengapa kita menggunakan nya, ditambah lagi dengan rumus tenses tersebut dan contoh kalimatnya. Mudah mudahan dengan artikel ini belajar tenses jadi lebih mudah. – Bigbanktheories.com

Related: Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense
Rumus Tenses

Macam Macam Tenses Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Macam Macam Tenses Beserta Rumus Dan Contoh Kalimatnya

Simple Present Tense

Rumus : Subject + V1

Keterangan : Simple present tense kita gunakan saat kita ingin mengungkapkan sebuah aksi yang merupakan kebiasaan, sebuah fakta, sesuatu yang konstan atau tetap.

Contoh kalimat : The earth is round.

Present Continuous Tense

Rumus : Subject + am/is/are + V-ing

Keterangan : Present continuous tense kita gunakan saat kita membicarakan suatu tindakan yang sedang terjadi saat kita membicarakannya.

Contoh kalimat : She is teaching in class 7d now.

Present Perfect Tense

Rumus : Subject + have/has + V3

Keterangan : Present perfect tense kita gunakan saat kita mengacu pada tindakan tertentu yang telah dilakukan subjek pada masa sekarang. Ini berarti perbuatan tersebut telah dimulai pada masa lalu. Inilah sebabnya, kita bisa bilang bahwa present perfect tense merupakan bentuk waktu gabungan dari keadaan yang lampau dan keadaan masa sekarang.

Contoh kalimat : I have studied Chemistry since 7 o’clock in the morning.

Present Perfect Continuous Tense

Rumus : Subject + have/has + been + V-ing

Keterangan : Present perfect continuous tense kita gunakan saat kita ingin menjelaskan bahwa suatu tindakan atau aksi telah dimulai di masa lalu dan masih sedang berlangsung hingga akhir-akhir ini atau hingga waktu subjek berbicara.

Contoh kalimat : Faranisa has been writing the novel since she was in her twenties and at last it finished.

Simple Past Tense

Rumus : Subject + V2

Keterangan : Simple past tense kita gunakan untuk menyatakan aksi yang terjadi di masa lampau, dan juga dalam artian bahwa sekarang sudah tidak lagi dilakukan.

Contoh kalimat : I went to Bandung yesterday.

Past Continuous Tense

Rumus : Subject + was/were + V-ing

Keterangan : Past continuous tense kita gunakan untuk menyatakan bahwa suatu kejadian tengah berlangsung pada waktu tertentu di masa lalu.

Contoh kalimat : He was sleeping yesterday afternoon.

Past Perfect Tense

Rumus : Subject + had + V3

Keterangan : Past perfect tense kita gunakan untuk menunjukkan bahwa suatu tindakan telah berlangsung pada masa lampau dan telah terhenti pada waktu tertentu sebelum aksi lainnya berlangsung.

Contoh kalimat : When she went to school yesterday, the gasoline in her car had run out.

Past Perfect Continuous Tense

Rumus : Subject + had + been + V-ing

Keterangan : Past perfect continous tense adalah bentuk waktu yang menyatakan suatu tindakan atau kegiatan yang sudah dimulai dan masih berlangsung pada masa lampau.

Contoh kalimat : Tejo had been watching television, when Tia finished her homework.

Simple Future Tense

Rumus : Subject + will + bare infinitive

Keterangan : Simple future tense kita gunakan untuk menyatakan kejadian yang akan terjadi dimasa depan.

Contoh kalimat : I will meet you tomorrow morning.

Future Continuous Tense

Rumus : Subject + will + be + V-ing

Keterangan : Future continuous tense adalah bentuk waktu atau tense yang dipakai untuk menyatakan tindakan atau kegiatan yang diperkirakan akan sedang terjadi dimasa depan.

Contoh kalimat : On Monday, the students will be sitting in the classroom.

Future Perfect Tense

Rumus : Subject + will + have + V3

Keterangan : Future perfect tense merupakan bentuk waktu yang menunjukkan bahwa kegiatan atau tindakan tertentu telah dimulai di masa lampau dan segera selesai pada waktu yang akan datang.

Contoh kalimat : Yoannita will have done her study by the end of this year.

Future Perfect Continuous Tense

Rumus : Subject + will + have + been + V-ing

Keterangan : Future perfect continuous tense kita gunakan saat ingin menjelaskan tindakan atau kegiatan yang dilakukan subjek tertentu yang dimulai pada masa lampau, namun kemungkinan besar terus berlangsung atau dilanjutkan pada masa yang akan datang.

Contoh kalimat : By the end of this week. Markoniah will have been working in Alfamart as a cashier for two years.

Simple Past Future Tense

Rumus : Subject + would + bare infinitive

Keterangan : Simple past future tense kita gunakan untuk membicarakan masa depan dari sudut pandang di masa lalu.

Contoh kalimat : I promised I would give you a new bike.

Past Future Continuous Tense

Rumus : Subject + would + be + V-ing

Keterangan : Past future continuous tense kita gunakan untuk menceritakan suatu tindakan yang akan sedang terjadi pada masa lalu.

Contoh kalimat : I would be attending my sister’s graduation if I was in Bandung.

Past Future Perfect Tense

Rumus : Subject + would + have + V3

Keterangan : Past future perfect tense kita gunakan untuk membuat kalimat pengandaian (conditional sentence).

Contoh kalimat : I would have gone to Paris, if I had won the lottery.

Past Future Perfect Continuous Tense

Rumus : Subject + would + have + been + V-ing

Keterangan : Past future perfect continuous tense kita gunakan untuk menjelaskan suatu pekerjaan yang akan sedang terjadi dan masih berlanjut di masa lampau.

Contoh kalimat : If my father allowed me, I would have been working as chef.

Oke deh sobat, itu dia tadi penjelasan panjang dan lengkap tentang macam macam tenses dalam Bahasa Inggris. Dengan menyatukan penjelasan semua tenses kedalam satu halaman artikel mudah mudahan kamu akan lebih mudah dalam mempelajari tenses Bahasa Inggris. Dengan cara ini juga kamu akan punya kesempatan untuk membandingkan dan mengamati perubahan perubahan dari masing masing tenses. Kami sudahi dulu, sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *