Penjelasan Lengkap Ditransitive Verbs Dan Contoh Kalimatnya


Ditransitive verbs adalah salah satu jenis dari transitive verb. Mungkin bagi kita istilah “ditransitive verb” adalah hal yang baru, tapi saya yakin banget deh kita semua pasti sudah pernah mendengar istilah “transitive verb” selama belajar Bahasa Inggris dari dulu hingga saat ini, meski mungkin ada yang lupa pengertiannya. Sekedar menyegarkan ingatan sedikit, yang dimaksud dengan transitive verb adalah jenis kata kerja (verb) yang akan selalu membutuhkan object supaya maknanya menjadi utuh atau lengkap saat digunakan dalam kalimat.

Setelah melihat penjelasan di atas, mungkin saat ini kita sudah memiliki sedikit dugaan tentang apa yang dimaksud dengan Ditransitive Verbs itu ya. Imbuhan “Di” yang melambangkan “dua” pada nama “Ditransitive” bisa jadi bermakna bahwa ada dua kata kerja transitive yang digunakan, namun apa benar begitu? Atau mungkin Ditransitive Verb ini merupakan kebalikan dari Monotransitive Verb yang sama sama merupakan jenis dari transitive verb dalam Bahasa Inggris? Kalau ingin tau penjelasan lengkapnya, langsung simak saja deh penjelasan di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Ditransitive Verbs Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan Lengkap Ditransitive Verbs Dan Contoh Kalimatnya

Pengertian Ditransitive Verbs

Yang dimaksud dengan Ditransitive Verbs adalah jenis transitive verb (kata kerja transitive) yang bisa diikuti oleh dua (di) object, yaitu berupa direct object dan juga indirect object disaat yang bersamaan. Hal ini sangat berbeda dengan jenis transitive yang lainnya yaitu monotransitive verb (diikuti oleh satu object) dan juga complex transitive verb (diikuti direct object dan object complement).

Related: Inilah Penggunaan Would Prefer Yang Benar Dalam Kalimat

Berkaitan dengan masalah penggunaannya dalam kalimat, kata kerja yang tergolong kedalam Ditransitive Verb ini bisa saja muncul hanya dengan direct object saja, kelebihannya adalah kata kerja ini bisa diikuti dengan indirect dan juga direct object. Sedangkan untuk struktur pemakaiannya dalam kalimat, penggunaan Ditransitive Verb bisa mengikuti pola atau rumus berikut ini:

Rumus Ditransitive Verb

Subject + Ditransitive Verb + Indirect Object + Direct Object

Atau

Subject + Ditransitive Verb + Direct Object + to/for + Indirect Object

Contohnya: Richard told them a story.

Keterangan: Subject: Richard, Ditransitive Verb : Told (V2 tell), Indirect Object: Them, Direct Object: a story

Beberapa contoh Ditransitive Verbs bisa sobat lihat dalam daftar berikut ini:

Daftar Ditransitive Verbs

Ask, Buy, Borrow, Call, Cause, Do, Drop, Find, Give, Grant, Lend, Make, Name, Offer, Pay, Pass, Promise, Read, Send, Serve, Show, Suggest, Take, Teach, Tell dan masih banyak lagi. Sekarang, ayo kita lihat bagaimana contohnya jika verb di atas digunakan dalam kalimat.

Contoh Penggunaan Ditransitive Verbs dalam Kalimat

Mr. Richard bought his wife a golden necklace.

(Mr. Richard membelikan istrinya sebuah kalung emas.)

King Arthur named him a royal knight.

(Raja Arthur memberinya gelar seorang kesatria kerajaan.)

Jon Snow showed me the dragon’s eggs.

(Jon Snow menunjukkan pada saya telur naga.)

Mr. Tony Stark gave Spiderman the suit.

(Mr. Tony Stark memberi Spiderman kostum itu.)

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas materi yang bisa kami sampaikan berkaitan dengan pengertian serta contoh Ditransitive Verbs, semoga ulasan singkat ini bisa membantumu dalam memahami materi ini. Terimakasih banyak untuk kunjungannya, baca juga artikel terbaru dari kami yang berjudul Double Comparative Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Ditransitive Verbs – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-ditransitive-verbs – Diakses tanggal 23 September 2017
  2. Ditransitive Verbs – http://www.grammar-quizzes.com/ditransitive.html – Diakses tanggal 23 September 2017
  3. Ditransitive Verb – https://en.wikipedia.org/wiki/Ditransitive_verb – Diakses tanggal 23 September 2017
  4. The Indirect Object – http://www.ucl.ac.uk/internet-grammar/function/ditr.htm – Diakses tanggal 23 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *