Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense


Mencoba memahami tenses seringkali memang membingungkan dikarenakan banyaknya tipe-tipe tenses yang harus dipelajari. Namun, saat kita telah mengerti dasar tenses (present, past dan future) maka tenses-tenses lain akan bisa lebih mudah dipahami. Berikut ini bigbanktheories.com akan menulis Penjelasan Lengkap dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense. Semoga saja dengan artikel kali ini bermanfaat dan bisa membuat pemahaman tentang past perfect tense menjadi lebih jelas. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Past Perfect Tense

Pengertian Past Perfect Tense

Ini Lho Penjelasan Lengkap Past Perfect Tense

Past perfect tense adalah bentuk waktu yang menunjukkan tindakan atau kegiatan serupa yang dimulai sebelum waktu subjek berbicara di masa lalu, dan masih berlangsung pada masa lampau tertentu atau telah terhenti pada waktu tertentu. Selain itu, past perfect tense dapat digunakan untuk memperlihatkan tindakan atau kegiatan yang berhenti dilakukan sebelum waktu subjek berbicara.

Contohnya: They had worked in American Cruise for ten years; then they retired and married. Their children now at school. (Mereka telah bekerja di American Cruise selama seputuh tahun, lalu mereka pensiun dan menikah. Anak-anak mereka telah bersekolah saat ini)

Related: Penjelasan Past Future Perfect Tense Dan Contoh Kalimatnya

Apabila bentuk present perfect tense menggunakan frasa since dan for untuk memperlihatkan tindakan atau kegiatan tertentu yang dimulai di masa lampau dan masih berlangsung pada masa sekarang atau baru saja selesai. Maka, karakteristik dari past perfect tense adalah frasa had ditambah dengan bentuk kata kerja ketiga (verb3). Had dapat digunakan untuk subjek tunggal (singular) maupun subjek jamak (plural).

Pola Kalimat Atau Rumus Past Perfect Tense

Berikut ini adalah pola kalimat yang akan kita gunakan jika ingin membuat sebuah kalimat past perfect tense :

Kalimat Positif

Subject + Had + Verb3

Kalimat Negatif

Subject + Had + Not + Verb3

Kalimat Introgatif/Tanya

Had + Subject + Verb3

CONTOH KALIMAT PAST PERFECT TENSE

Penggunaan dalam kalimat past perfect tense dengan menggunakan frasa-frasa after (setelah), before (sebelum), dan earlier (lebih awal) adalah sebagai berikut.

After (Setelah):

After Mirna had finished eating the pasta, she clean up the dishes. (Setelah Mirna selesai memakan pasta, ia membereskan bekas makannya)

We went to the doctor after I had been in too much pain. (Kami pergi ke dokter setelah saya cukup lama menderita karena kesakitan)

Before (Sebelum):

You decided the agreement between usbefore he had gone to other publisher. (Kamu menentukan kesepakatan diantara kita sebelum dia memutuskan memakai jasa penerbit lainnya)

Gilbert had not thrown out the garbage bag yet because his wife did not clean up their kitchen. (Gilbert belum membuang kantung berisi sampah itu karena istrinya tidak membersihkan dapur mereka)

Earlier (Lebih awal):

Had earlier decisions been made by the parents? (Apakah keputusan-keputusan telah dibuat oleh para orang tua lebih awal?)

The two families got into a big fight outside their houses, eventhough earlier conversations had reached some better solutions. (Dua keluarga itu terlibat perkelahian sengit di luar rumah masing-masing walaupun dialog-dialog yang sempat dijalin lebih awal menawarkan solusi yang lebih baik)

Selain frasa-frasa after, before dan earlier, seringkali dalam penggunaannya Past Perfect Tense juga menggunakan frasa-frasa lain, seperti by the time dan prior to. Perhatikan contohnyadalam kalimat.

By the time (Ketika):

I had finished my job by the time you came here. (Saya telah selesai mengerjakan pekerjaan saya ketika kamu datang kesini)

Prior to (Sebelum):

Prior to you arrival, Mr. Dorne had left for Surabaya. (Sebelum kedatanganmu, Mr. Dorne telah berangkat ke Surabaya)

Demikianlah Penjelasan Dan Contoh Kalimat Past Perfect Tense ini. Semoga bisa dengan mudah dimengerti dan bermanfaat bagi pembaca semua. Terimakasih sudah berkunjung ke bigbanktheories.com. Mohon maaf jika ada kekurangan dalam penjelasan diatas, sampai jumpa di artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *