Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Dependent Clause


Dependent clause adalah salah satu materi Bahasa Inggris yang akan kita temui di tingkat SMA dan juga SMK. Dalam mempelajari materi ini, kita sudah tidak lagi melihat sentence atau sebuah kalimat hanya dari tenses nya saja. Namun, kita juga mulai memperhatikan dan mempelajari kemajemukan isi dari kalimat tersebut. Itulah sebabnya kita kemudian mulai mengenal istilah dependent clause dan juga independent clause.

Berdasarkan pengertiannya, klausa (clause) adalah kelompok kata yang memiliki subjek dan predikat (kata kerja). Seperti yang sudah kita bicarakan barusan bahwa dalam bahasa Inggris, kita mengenal ada dua macam klausa yaitu independent clause dan dependent clause. Pada materi kali ini yang akan kita bahas adalah dependent clause.

Siapkan matamu untuk membaca materi yang panjang ini hehe, jangan mengantuk, kalau perlu siapkan segelas teh hangat atau kopi. Selamat mempelajari materi Bahasa Inggris tentang dependent clause. – Bigbanktheories.com

Related: Penjelasan Tentang Imperative Mood Dalam Bahasa Inggris
Contoh Kalimat Dependent Clause

Penjelasan Lengkap Dependent Clause

Penjelasan Lengkap Tentang Dependent Clause

Dependent clause adalah klausa yang memiliki subjek dan predikat namun masih belum bisa mengungkapkan suatu pikiran atau ide secara utuh. Hal itu disebabkan karena klausa dari dependent clause diawali dengan subordinator yang mengakibatkan makna dari klausa tersebut menggantung dan tidak dapat bediri sendiri menjadi suatu kalimat yang utuh.

Dalam dependent clause terdapat marker word (kata penanda), yaitu: because, after, before, since, in order to, although, though, whenever, wherever, whether, while, even though, even if, etc. Selain itu dependent clause juga menggunakan conjunction: but, and, or, nor, yet, etc.

Contoh:

When he was born (Kapan dia dilahirkan)

Subordinator : When

Because I love you (Karena saya mencintai kamu)

Subordinator : Because

Karena dependent clause tidak dapat berdiri sendiri sebagai suatu kalimat utuh, maka dibutuhkan independent clause agar makna dari kalimat tersebut dapat dipahami. Gabungan antara dependent clause dan independent clause dikenal dengan istilah complex sentence.

Independent + Dependent Clause = Complex Sentence

Contoh:

I stay beside you because I love you (Saya tetap disampingmu karena saya mencintaimu)

Independent clause : I stay beside you

Dependent clause : Because I love you

Harus diingat bahwa dalam setiap kalimat yang memiliki dependent clause harus selalu terdapat independent clause. Tanpa adanya independent clause, kalimat akan menjadi kalimat yang salah (sentence fragment).

Macam – Macam Dependent Clause

Dependent clause memiliki macam-macam fungsi dalam sebuah kalimat kompleks (complex sentence). Dependent clause dapat berperan sebagai noun (kata benda), adjective (kata sifat) dan adverb (kata keterangan).

Noun Clause

Noun clause adalah klausa yang berfungsi sebagai kata benda baik sebagai subjek maupun objek dalam complex sentence.

Contoh :

My dog eat whatever the brand of the dogfood.(Anjing saya mau makan apapun merk dari makanan anjing)

Menerangkan objek dari ‘Eat’ (verb)

Adjective Clause

Adjective clause adalah klausa yang berfungsi sebagai kata sifat yang menjelaskan suatu noun maupun pronoun dalam complex sentence.

Contoh :

Palembang is the city where I met you. (Palembang adalah kota tempat kita bertemu)

Menerangkan ‘City’ (subject complement)

Adverbial Clause

Adverbial clause adalah klausa yang berfungsi sebagai kata keterangan yang memberi informasi tentang suatu verb, adjective maupun adverb lainnya.

Contoh :

I’ll come to the wedding party if he won’t come. (Saya akan datang ke pesta pernikahan jika dia tidak datang)

Adverbial ‘Clause of condition’

Contoh Dependent Clause Dalam Kalimat

Berikut adalah beberapa contoh kalimat dependent clause dalam bahasa Inggris.

Noun Clause

I don’t care whatever you like. (Saya tidak peduli dengan apa yang kamu suka)

I wonder how she could get there by foot. (Saya penasaran bagaimana dia dapat kemari dengan berjalan kaki)

I agree with what my parents decided for my future. (Saya setuju dengan apa yang orang tua saya putuskan untuk masa depan saya)

I will give a reward for whoever comes to help me. (Saya akan memberikan hadiah untuk siapapun yang datang membantu saya)

I keep thinking about what happened at that night. (Saya terus memikirkan tentang apa yang terjadi malam itu)

Adjective Clause

My father bought a new house which is located in Bekasi. (Ayah saya membeli rumah baru yang terletak di Bekasi)

Theresa likes the man who is handsome and tall. (Theresa menyukai pria yang tampan dan tinggi)

Mack is my cousin’s friend who sends me a love letter. (Mack adalah temannya sepupu saya yang mengirimi saya surat cinta)

Global Surya is the school where my brother go to Elementary School. (Global Surya adalah sekolah dimana adik saya bersekolah Sekolah Dasar)

Cat is an animal which I love. (Kucing adalah seekor hewan yang saya sukai)

Adverbial Clause

When she arrived, I was calling my friend. (Saat ia datang, saya sedang menelpon teman saya)

When I knew that she doesn’t like me, I decided to leave. (Saat saya mengetahui bahwa dia tidak menyukai saya, saya memutuskan untuk pergi)

Until the sun sets, I will be waiting for you. (Sampai matahari terbenam, saya akan menunggumu)

Before my boss get angry, I will immediately finish the report. (Sebelum boss saya marah, saya akan secepatnya menyelesaikan laporannya)

My husband enjoyed the game more than I did. (Suami saya menyenangi permainannya lebih dari saya)

Sekian dulu ya sobat materi kita kali ini, walaupun singkat mudah mudahan bisa dimengerti dengan mudah dan bermanfaat bagi semua pembaca setia bigbanktheories.com. Terimakasih banyak sudah meluangkan waktu membaca artikel baru kami berjudul Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Dependent Clause ini. Kami mohon maaf jika bahasa yang kami gunakan dalam penjelasan masih sulit dipahami dan mungkin terdapat kesalahan. Masukan dari kawan kawan tentunya sangat berharga bagi perkembangan website ini, oleh karena itu kami menunggu respon dari sobat pembaca semua melalui kolom komentar. Sampai jumpa lagi di artikel lainnya dan tetap semangat untuk meraih mimpimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *