Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Compound Sentence


Hai hai teman teman Bigbanktheories.com! Apa kabar hari ini? Semoga pada sehat semua ya. Nah, sudah siap kan hari ini kita akan belajar tentang compound sentence. Mungkin bagi beberapa teman teman akan agak sulit memahaminya karena meterinya memang sedikit membingungkan (mimin juga kesusahan memahaminya. hahaha). Tapi tenang aja, kalo di bandingkan dengan materi kita sebelumnya tentang complex sentence, compound sentence masih lebih mudah kok. Sip, kita mulai! – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Compound Sentence Dan Artinya

Penjelasan Lengkap Compound Sentence

Pengertian Compound Sentence

Compound sentence merupakan jenis kalimat panjang yang berasal dari gabungan dua kalimat atau lebih. Kalimat yang digunakan adalah kalimat sederhana (simple sentence) yang terdiri dari subjek dan predikat. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, simple sentence adalah sebuah kalimat sederhana yang bersifat independen yang artinya, apabila kalimat ini tidak di gabungkan pun tetap akan menjadi sebuah kalimat yang utuh.

Contoh:

Related: Conditional Type 3 Dan Contoh Penggunaannya Dalam Kalimat

Independent clause 1  : He wanted to buy a new computer. (Dia ingin membeli komputer baru)

Independent clause 2  : He started to save money. (Dia mulai menabung uang)

Compound sentence   : He wanted to buy a new computer, so he started to save money (Dia ingin membeli komputer baru, jadi dia mulai menabung uang)

Seperti yang kita lihat dalam contoh diatas, untuk menghubungkan dua atau lebih simple sentence / independent clause agar menjadi sebuah compound sentence, maka dibutuhkan kata hubung atau kata sambung yang kita kenal dalam bahasa Inggris dengan sebutan conjunction. Conjunction yang digunakan adalah: for, and, nor, but, or, yet dan so.

Hal penting lainnya yang harus kita ingat adalah dalam compound sentence, independent clause yang di gabungkan haruslah setara tingkatannya, misalnya salah satu kalimatnya berupa present, maka kalimat lain yang di gabungkan juga haruslah berupa present, tidak boleh past tense, future tense, dll.

Contoh Kalimat Compound Sentence Dan Artinya

Berikut ini adalah beberapa contoh dari compound sentence beserta artinya yang mudah-mudahan bisa jadi bahan rujukan untuk teman-teman yang sedang mencari bahan belajar ya. Hehe.

  • For

Kirana and Andy go to the Summarecon Mall, for they feel bored at home. (Kirana dan Andy pergi ke Summarecon Mall, karena mereka bosan di rumah)

She didn’t come to the party, for she fell unhealthy. (Dia tidak pergi ke pesta, karena dia merasa tidak sehat)

My mom didn’t have email address, for she didn’t know how to use internet. (Ibuku tidak mempunyai alamat email, karena dia tidak tahu cara menggunakan internet)

  • And

I like strawberry ice cream, and you also like strawberry ice cream. (Saya menyukai es krim stroberi, dan kamu juga menyukai stroberi es krim)

My brother wants to go to Kanada, and he wants me come with him. (Saudara laki-laki saya ingin pergi ke Kanada, dan dia ingin saya ikut bersamanya)

This burger is too hot and this fried potato is too salty. (Burger ini terlalu pedas dan kentang goreng ini terlalu asin)

  • Nor

I have never visited Japan, nor have visited Korea. (Saya belum pernah mengunjungi Jepang, juga belum mengunjungi Korea)

You don’t like dragon fruit, nor like watermelon. (Kamu tidak menyukai buah naga, juga tidak menyukai semangka)

I don’t go for the film, nor go for the sushi. (Saya bukannya pergi karena film, juga bukan karena sushi)

  • But

I need to go to the English Course, but I feel too sleepy. (Saya harus pergi ke Kursus Bahasa Inggris, tapi saya merasa sangat mengantuk)

My father wants me to be a teacher in elementary school, but I don’t know how to teach English for children. (Ayah saya ingin saya menjadi seorang guru Sekolah Dasar, tapi saya tidak tahu cara mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak-anak)

I like blackforrest cake, but I don’t like the blueberry jam in the middle of blackforrest cake. (Saya menyukai kue blackforrest, tapi saya tidak suka selai bluberi di tengah kue blackforrest)

  • Or

We can go to Lawang Sewu, or we can watch Dr. Strange in Cinema XXI. (Kita bisa pergi ke Lawang Sewu, atau kita bisa menonton Dr. Strange di bioskop XXI)

Our son can be a fire fighter or he can be a football player. (Anak laki-laki kita bisa menjadi seorang pemadam kebakaran atau dia bisa menjadi seorang pemain sepak bola)

You need to text your parents or you need to go home now. (Kamu harus mengirimkan pesan ke orang tuamu, atau kamu harus pulang ke rumah sekarang)

  • Yet

I don’t like vegetables, yet I eat vegetables anyway. (Saya tidak suka sayur, namun saya tetap memakannya)

My little brother doesn’t want to study math, yet he wants to make mother happy. (Adik laki-laki saya tidak ingin belajar matematika, namun ia ingin membuat ibu bangga)

  • So

I don’t go to school for a week, so I don’t know anything about the new teacher. (Saya tidak pergi ke sekolah seminggu, jadi saya tidak tau apapun tentang guru baru itu)

Rinto and Digo didn’t do their homework, so Miss. Erna punished them. (Rinto dan Digo tidak mengerjakan PR mereka, jadi Miss. Erna menghukum mereka)

I need to take care of my mother in hospital, so I can’t attend the graduation ceremony. (Saya harus merawat ibu saya di rumah sakit, jadi saya tidak bisa menghadiri upacara kelulusan)

Terkadang dalam compound sentence terdapat lebih dari dua independent clause yang di gabungkan, tapi ingat! Kalimat yang digabungkan hanyalah kalimat yang mempunyai tingkatan yang sama.

Contoh:

Independent clause 1  : I saw the cat in the trash can. (Saya melihat kucing di tempat sampah)

Independent clause 2  : It looked sick. (Ia terlihat sakit)

Independent clause 3  : I brought the cat to my house. (Saya membawa kucingnya ke rumah saya)

Compound sentence   : I saw the cat in the trash can and it looked sick, so I brought the cat to my house. (Saya melihat kucing di kotak sampah dan ia terlihat sakit, jadi saya membawanya ke rumah saya)

Catatan:Untuk memudahkan teman teman dalam mengahafal kata hubung yang di gunakan dalam membuat compound sentence, ingat saja FANBOYS yang merupakan singkatan dari For, And, Nor, But, Or, Yet dan So.

Nah, sekian penjelasan dari Bigbanktheories.com kali ini ya, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan silakan tuliskan di kolom komentar ya. Semangat!

2 THOUGHTS ON “Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Compound Sentence”

  1. An interesting discussion is definitely worth comment. I believe that you ought to publish more on this issue, it might not be a taboo matter but
    typically people do not talk about such topics.
    To the next! All the best!!


    1. Thank you very much for your comment and support. May success be with you too.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *