Penjelasan Lengkap Analytical Exposition Text Dan Contohnya


Salah satu jenis teks yang akan dipelajari dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SMA adalah Analytical Exposition Text. Dalam kesempatan kali ini, saya ingin ikut serta membantu sobat pelajar untuk memahami jenis teks yang satu ini dengan cara memberikan sekilas penjelasan tentang Analytical Exposition beserta contoh teks nya. Penjelasan di bawah ini akan mencakup definisi atau pengertian dari analytical exposition, fungsi sosial dari sebuah analytical exposition text, struktur teks atau generic structure analytical exposition serta unsur kebahasaan atau language feature of analytical exposition. Silahkan dipelajari, saya harap informasi yang saya sajikan kali ini bermanfaat bagimu.

Perlu sobat ketahui bahwa Analytical Exposition merupakan salah satu jenis dari Exposition Text dalam Bahasa Inggris. Jenis teks lain yang juga tergolong kedalam teks eksposisi dan memiliki kemiripan dengan analytical exposition adalah Hortatory Exposition. Setelah membaca artikel ini, kamu bisa mempelajari juga perbedaan analytical dan hortatory exposition yang telah saya bahas dalam postingan terdahulu. Sekarang, selamat mempelajari penjelasan lengkap tentang analytical exposition berikut ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Analytical Exposition Text Beserta Generic Structure Dan Language Feature nya

Penjelasan Lengkap Analytical Exposition Text Dan Contohnya

Pengertian Analytical Exposition Text

Analytical exposition text adalah jenis teks yang berisi pemaparan atau penjelasan akan analisa suatu isu atau topik tertentu. Jika kita terjemahkan secara literal dari nama nya, Analytical Exposition berarti penjelasan rinci yang bersifat analitis. Jenis teks ini isi nya didominasi oleh argument penulis tentang isu atau topik yang dia angkat menjadi bahan pembahasan utama oleh karena itu jenis teks ini disebut juga sebagai Argumentative Text.

Related: Contoh Procedure Text Singkat Cara Membuat Murgh Makhanwala

Setiap jenis teks yang kita temui dalam mata pelajaran Bahasa Inggris selalu diikuti dengan keterangan tentang fungsi sosial, struktur teks atau generic structure, serta unsur kebahasaan atau language feature nya, berikut ini akan saya jelaskan secara singkat tentang poin-poin tersebut.

Fungsi Sosial Analytical Exposition Text

Mengutip dari penjelasan yang sudah saya berikan dalam artikel yang membahas tentang Argumentative Text, fungsi sosial atau tujuan dari sebuah teks exposition secara umum adalah untuk menunjukkan sikap terhadap suatu isu dan memberikan alasan akan hal itu. Berdasarkan tujuan umum tersebut, fungsi sosial dar sebuah exposition text bisa kita katakan untuk membuat pembaca menyadari akan keberadaan suatu isu atau agar mereka mengetahui bahwa topik yang kita angkat itu layak diperbincangkan atau dalam hal ini berarti layak mendapat perhatian.

Generic Structure Analytical Exposition Text

Thesis Statement

Bagian thesis statement ini merupakan opening atau pembuka dari sebuah analytical exposition text. Pada bagian inilah penulis akan memperkenalkan topik bahasan dan posisi atau pendirian sang penulis akan tema tersebut, misalnya sang penulis beranggapan bahwa memanjangkan kumis itu terlihat keren, berarti inilah “stance” atau pendirian dari sang penulis yang akan di kembangkan dalam tulisan nya.

Argument

Bagian ini muncul setelah “thesis” atau pernyataan utama sang penulis. Biasanya akan terdiri dari beberapa paragraf yang isinya argument yang berfungsi untuk mendukung pernyataan atau pendirian nya dalam thesis statement.

Reiteration

Jika sobat terjemahkan menggunakan kamus, “Reiteration” artinya “pernyataan ulang” dan memang itulah isi dari bagian ini yaitu pengulangan pernyataan yang diberikan di penulis dalam thesis statement.

Language Feature Analytical Exposition Text

Simple Present Tense dan bentuk Passive

Action Verb

Abstract Noun

Modal Auxiliaries

Connectors

Emotive Words

Technical Terms

Contoh Analytical Exposition Text (About Mentally Ill Person)

Mentally Ill Person Wander Around Freely On The Street

I personally think that a person with a mental illness that we usually find wandering around our neighborhood aimlessly is not dangerous, but a serious act need to be done on this matter. The following reasons will show you why we need to do something to insane people.

Firstly, people with mental illness who walk around our neighborhood or workplace may look scary beause most of the time they are found in dirty condition and in zombie-like state (having no consciousness), but they rarely endanger the people around them, except they were disturbed first. Placing them in a secure place will minimize the chance of them being disturbed by irresponsible people compare to when we let them wander around on the street freely.

Secondly, loosing their conscious mind does not mean that they have forgotten their basic instinct for food, drinks and self preservation. We can imagine what will happen when they feel hungry or thirsty when they are roaming around on the street. They will cause trouble to the people around them. Keeping them in a special place will prevent this problem. It will bring security for the insane people and also for the society.

Thirdly, people with mental illness may not have a healthy mind, but they do have a healthy body or at least healthy body parts. Without anyone caring, they are the best target of human trafficking business as no one will notice if they are disappear. That is why we need to protect them by placing them in a secure facility where we can always check on their condition and make sure that they are safe.

Based on the explanations above, it is clear that we need to protect the people with mental illness by placing them in a special and secure facility where we can take care of them and cure them if it is possible.

Terjemahan Contoh Analytical Exposition Text

Orang Gila Berkeliling – Keliling Secara Bebas Di Jalanan

Saya pikir seseorang dengan penyakit kejiwaan yang biasa kita temukan sedang berkeliling – keliling di lingkungan kita tanpa tujuan itu tidak berbahaya, namun sebuah tindakan serius perlu dilakukan akan permasalahan ini. Beberapa alasan berikut ini akan menunjukkan pada anda mengapa kita perlu melakukan sesuatu terhadap orang yang memiliki penyakit jiwa.

Yang pertama, orang dengan penyakit kejiwaan yang berjalan di sekeliling lingkungan kita atau lingkungan kerja kita mungkin terlihat menyeramkan karena sering nya mereka ditemukan dalam kondisi yang kotor dan keadaan seperti zombie (tidak memiliki kesadaran), namun mereka jarang membahayakan orang-orang disekitar mereka, kecuali mereka diganggu lebih dulu. Menempatkan mereka di sebuah tempat yang aman akan memperkecil kemungkinan mereka diganggu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dibandingkan dengan ketika mereka kita biarkan berkeliling – keliling di jalanan secara bebas.

Yang kedua, kehilangan kesadaran mereka tidak berarti mereka telah melupakan naluri dasar mereka untuk makanan, minuman dan perlindungan diri. Kita bisa membayangkan apa yang akan terjadi saat mereka merasa lapar atau haus ketika mereka berkeliling-keliling di jalanan. Mereka akan menimbulkan masalah bagi orang-orang di sekitar mereka. Menempatkan mereka di sebuah tempat khusus akan mencegah masalah ini. Hal itu akan membawa keamanan bagi orang yang sakit jiwa dan juga untuk masyarakat.

Yang ketiga, orang-orang dengan penyakit kejiwaan memang tidak memiliki pikiran yang sehat, namun mereka itu memiliki tubuh yang sehat atau setidaknya organ tubuh yang sehat. Tanpa adanya pengawasan, mereka adalah target terbaik bagi tindakan perdagangan manusia karena tidak ada yang akan menyadari jika mereka menghilang. Inilah sebabnya kita perlu melindungi mereka dengan menempatkan di sebuah fasilitas yang aman dimana kita bisa selalu memeriksa keadaan mereka dan memastikan bahwa mereka dalam keadaan aman.

Berdasarkan penjelasan di atas, sudah jelas bahwa kita perlu melindungi orang yang memiliki penyakit jiwa dengan menempatkan mereka di sebuah tempat khusus dan aman dimana kita bisa merawat mereka dan menyembuhkan mereka jika memungkinkan.

Oke deh sobat, selesai sudah pembahasan tentang Analytical Exposition text kali ini, saya harap informasi serta contoh teks yang saya sajikan bisa dipahami dengan mudah dan bisa bermanfaat bagi sobat semua, khususnya yang sedang mempelajari materi ini di sekolah. Terimakasih atas kunjungannya kali ini, sampai jumpa lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *