Penjelasan Dan Soal Latihan Countable And Uncountable Nouns


Halo temen-temen, artikel kali ini akan membahas lebih jauh tentang Noun dan penjelasannya yang sudah sempat kita bahas secara garis besar pada artikel sebelumnya. Yang akan kita bahas kali ini adalah penjelasan tentang countable dan uncountable nouns.

Apa sih sebenarnya countable dan uncountable itu? Secara singkat, yang dimaksud dengan countable noun adalah kata benda yang bisa dihitung, sedangkan uncountable noun adalah kata benda yang tidak bisa dihitung. Lalu kata benda seperti apa yang bisa dihitung dan kata benda seperti apa yang tidak bisa? Nah, untuk memahami dan menjawab pertanyaan tentang countable and uncountable noun ini, silahkan temen-temen baca penjelasan tentang countable and uncountable noun berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Soal Tentang Countable and Uncountable Nouns

Countable and Uncountable Nouns

Penjelasan Countable Dan Uncountable Nouns Dalam Bahasa Inggris

Masih ingatkah temen-temen materi yang lalu saat kita membahas tentang Singular and Plural Noun? Pada materi tersebut telah dijelaskan bahwa, jika dilihat dari jumlahnya, maka noun atau kata benda digolongkan menjadi dua golongan yaitu singular and plural. Kali ini pun, pembahasan kita masih berhubungan dengan jumlah noun, namun kali ini, noun akan kita lihat dari bisa atau tidaknya noun tersebut dihitung secara langsung. Contohnya : sebuah buku = a book, seorang teman = a friend. Jika noun tersebut bisa dihitung secara langsung, maka noun tersebut termasuk kedalam countable noun, dan jika tidak maka noun tersebut termasuk kedalam uncountable noun.

Related: Inilah Yang Dimaksud Dengan Object Complement Dalam Grammar

Countable noun adalah kata benda yang dianggap bisa dihitung secara langsung dan mempunyai bentuk Singular maupun Plural. Countable noun dapat menggunakan article “a” dan “an” dalam bentuk singularnya. Catatan penting yang perlu diperhatikan adalah, dalam countable noun, kita bisa memakai kata “Many – Banyak” dan “A few – Sedikit”. Perhatikan contoh berikut ini:

  1. He knows many good places. (Dia tau banyak tempat bagus)
  2. There are many books on the table. (Ada banyak buku diatas meja)

Uncountable noun adalah kata benda yang dianggap tidak bisa dihitung secara langsung sehingga akan membutuhkan bantuan suatu ukuran berupa kata benda lain yang bisa dihitung (countable noun) untuk menghitungnya. Uncountable noun pun tidak mempunyai bentuk Plural dikarenakan memang tidak bisa dihitung dan akan selalu dianggap sebagai Singular. Contohnya : “Water = air” dapat dibantu dengan menambahkan kata “segelas” untuk mengukurnya, sehingga menjadi “a glass of water”. Ingat, dalam penggunaan uncountable noun, kita dapat menggunakan kata “Much – Banyak” dan “A little – Sedikit”. Uncountable noun tidak dapat diberi article “a” dan “an”. Berikut ini adalah daftarbeberapa kata benda yang tidak bisa dihitung:

1. Water = Air               11. Meat = Daging                            21. Milk = Susu

2. Air = Udara              12. Chalk = Kapur                            22. Butter = Mentega

3. Sugar = Gula            13. Juice = Jus                                   23. Cotton = Kapas

4. Salt = Garam           14. Blood = Darah                            24. Rice = Nasi

5. Paper = Kertas        15. Flour = Tepung                          25. Wine = Anggur

6. Pepper = Merica    16. Bread = Roti                                26. Gasoline = Bensin

7. Coffee = Kopi          17. Chocolate = Coklat                   27. Kerosene = Minyak Tanah

8. Money = Uang        18. Toothpaste = Pasta Gigi          28. Oil = Minyak

9. Tea = The                 19. Powder = Bedak                          29. Steam = Uap

10. Vinegar = Cuka   20. Soup = Sop                                    30. Smoke = Asap

Sedikit tambahan temen-temen, kata “Some – Beberapa” dapat dipakai baik di Countable Noun maupun Uncountable Noun. Sedangkan kata “Several – Beberapa” hanya dapat dipakai pada Countable Noun. Sedangkan kata “Fewer – lebih sedikit” digunakan pada countable nouns dan kata “Less – lebih sedikit” digunakan pada uncountable nouns.

Temen-temen sampai disini dulu penjelasan singkat tentang countable and uncountable noun. Dibawah ini telah saya sediakan beberapa soal mengenai materi diatas, silahkan temen-temen coba kerjakan sebagai latihan soal dirumah.

Soal Latihan Tentang Countable And Uncountable Nouns

1) How (many/much) years have you lived in Bandung?

2) There is (a few/a little) men in the bus.

3) He pays me (fewer/less) money than I thought.

4) How (many/much) friends do you have?

5) He did not have (many/much) sugar left.

Jawaban :

  1. Many
  2. A few
  3. Less
  4. Many
  5. Much

Itulah tadi pembahasan tentang Countable dan Uncountable Nouns, semoga mudah dipahami. Mempelajari perbedaan antara countable and uncountable noun akan sangat berguna nantinya bagi teman-teman, karena temen-temen akan bisa menentukan bentuk kata seperti apa yang akan muncul setelah noun tersebut. Jangan lupa kunjungi terus Bigbanktheories.com. Terimakasih.

Referensi :

  1. Countable VS Uncountable Nouns – http://www.englishpage.com/minitutorials/countable-uncountable-nouns.htm – diakses tanggal 24 Februari 2016
  2. Countable And Uncountable Nouns – http://www.edufind.com/english-grammar/countable-and-uncountable-nouns/ – diakses tanggal 24 Februari 2016
  3. Countable And Uncountable Nouns – http://catatanbahasainggris.blogspot.co.id/2009/01/countable-and-uncountable-nouns.html – diakses tanggal 24 Februari 2016.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *