Penjelasan Dan Contoh Pronoun Dalam Kalimat Bahasa Inggris


Temen-temen, pada artikel kali ini kita akan mempelajari tentang pengertian dan penjelasan tentang pronoun serta contoh penggunaan pronoun dalam kalimat Bahasa Inggris. Sebelumnya, materi tentang pronoun dalam Bahasa Inggris ini sudah pernah kita bahas sedikit pada materi Part of Speech, mudah-mudahan temen-temen masih ingat ya hehe. Pada artikel tentang part of speech tersebut, sudah diterangkan bahwa pengertian pronoun adalah kata ganti atau pilihan alternative yang dapat menggantikan noun atau kata benda. Tentunya temen-temen sudah ada gambaran tentang materi yang akan kita bahas kali ini.

Pada artikel kali ini, kita akan mempelajari lebih jauh tentang penjelasan pronoun dan contoh-contoh penggunaan pronoun dalam kalimat Bahasa Inggris. Banyak hal yang akan kita pelajari berkaitan dengan materi pronoun ini, misalnya saja kita akan mempelajari bentuk-bentuk pronoun jika berada di posisi subject dan object, dan juga perubahan yang akan terjadi bila pronoun bertemu dengan kata kerja seperti to be, do, dan have. Mengingat pentingnya penguasaan materi tentang pronoun ini, maka saya sangat menyarankan temen-temen membaca artikel ini sampai akhir. – Bigbanktheories.com

Penjelasan Tentang Pronoun Dan Penggunaannya Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Pronoun

Pengertian Dan Contoh Penggunaan Pronoun Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Pronoun adalah kata ganti yang berfungsi untuk menggantikan kata benda (noun) dengan tujuan agar kata benda yang sama tidak perlu digunakan berkali-kali, sehingga kalimat tersebut akan menjadi lebih efisien. Perhatikan contoh kalimat berikut ini:

Related: Suffix Dalam Bahasa Inggris Beserta Kumpulan Contohnya

Nita bekerja di bandara Soekarno Hatta. Dia mempunyai dua orang anak.

Seperti contoh diatas, kata “Nita” tidak perlu diulangi lagi dan bisa langsung diganti dengan kata “dia”, kata “dia” inilah yang kita sebut dengan kata ganti atau Pronoun.

Kata ganti (pronoun) dapat dibagi menjadi sembilan kelompok yaitu: 1. Kata ganti orang (Personal Pronouns), 2. Kata ganti penunjuk (Demonstrative Pronouns), 3. Kata ganti penghubung (Relative Pronouns), 4. Kata ganti kepunyaan (Possessive Pronouns), 5. Kata ganti Tanya (Interrogative Pronoun), 6. Kata ganti tak tentu (Indefinite Pronoun), 7. Kata ganti perujuk (Reflexive Pronoun), 8. Kata ganti penekanan (Intensive Pronoun) dan 9. Kata ganti timbal balik (Reciprocal Pronoun). Penjelasan serta contoh untuk masing-masing kelompok adalah sebagai berikut:

Personal pronouns adalah kata ganti yang merepresentasikan orang atau benda. Personal pronouns dibagi menjadi dua yaitu, pronouns di posisi subjek dan pronouns di posisi objek. Berikut ini adalah personal pronouns di posisi subjek : I (Saya), You (Kamu), He (Dia), She (Dia), It (Dia), We (Kita), They (Mereka). Sedangkan untuk personal pronouns di posisi objek adalah sebagai berikut : Me (Saya), You (Kamu), Him (Dia), Her (Dia), It (Dia), Us (Kita), Them (Mereka).

Contoh penggunaan dalam kalimat : I have to prepare for the interview tomorrow.

Jika personal pronouns dihubungkan dengan to be, maka pasangan antara pronoun dengan to be nya adalah seperti dalam contoh kalimat berikut ini :

  1. I am a girl.
  2. You are a kid.
  3. He is handsome.
  4. She is beautiful.
  5. It is a cat.
  6. We are Students.
  7. They are Pilot.

Jika personal pronoun dihubungkan dengan kata “Have”, maka pasangan antara pronoun dengan kata “Have” adalah seperti dalam contoh kalimat berikut ini :

  1. I have a car.
  2. You have an apple.
  3. He has a camera.
  4. She has a doll
  5. It has a long tail.
  6. We have a big house.
  7. They have a television.

Demonstrative pronouns adalah kata ganti yang berfungsi sebagai kata penunjuk. Yang termasuk kedalam demonstrative pronouns adalah : This (ini), These (ini), That (itu), dan Those (itu). This dan These digunakan untuk menunjuk benda yang letaknya dekat dengan subjek, sedangkan That dan Those digunakan untuk menunjukkan benda yang letaknya jauh dari subjek. This dan That, digunakan untuk menunjuk benda yang jumlahnya hanya satu (singular noun) sedangkan These dan Those digunakan untuk menunjuk benda yang jumlahnya lebih dari satu (plural noun).

Contoh penggunaan dalam kalimat : Please pass me that paper.

Relative pronouns adalah kata ganti yang berfungsi menghubungkan dua buah klausa atau kalimat. Yang termasuk kedalam relative pronouns adalah : Who, Whom, That, Whose, dan Which. Seluruh kata tersebut jika diartikan kedalam Bahasa Indonesia maka artinya sama yaitu “yang”.

Contoh penggunaan dalam kalimat :

Kalimat pertama : The man went to the office yesterday.

Kalimat kedua : The man was killed.

Kalimat dihubungkan dengan relative pronoun : The man who went to the office yesterday was killed.

Possessive pronouns adalah kata ganti untuk menunjukkan kepemilikan atau kepunyaan terhadap sesuatu. Jika dilihat dari bentuknya, possessive pronouns dapat dibedakan menjadi 2 yaitu Possessive Adjective dan Possessive Pronoun. Contoh dari masing-masingkelompok adalah sebagai berikut : Possessive Adjective – My, Your, His, Her, Its, Our, Their dan Possessive Pronoun – Mine, Yours, His, Hers, Its, Ours, Theirs. Perbedaan dari kedua kelompok diatas adalah, jika kita menggunakan Possessive Pronoun, maka kita tidak perlu lagi menyebutkan kata bendanya, karena sudah dianggap mengerti atau sudah disebutkan sebelumnya.

Contoh penggunaan dalam kalimat :

Possessive adjective : This is my house.

Possessive pronoun : This house is mine.

Interrogative pronoun adalah kata ganti yang digunakan dalam kalimat Tanya. Yang termasuk kedalam interrogative pronoun adalah : What, Which, Who, Whom, etc.

Contoh penggunaan dalam kalimat : What is that?

Indefinite pronoun adalah kata ganti untuk orang atau benda yang tak tentu atau tidak spesifik. Yang termasuk kedalam indefinite pronoun adalah : all, any, both, each, everyone, few, many, neither, none, nothing, several, some, dan somebody.

Contoh penggunaan dalam kalimat : Something smells good.

Reflexive pronoun adalah kata ganti yang merujuk kembali ke subjek dari kalimat tersebut. Yang termasuk kedalam reflexive pronoun adalah : herself, himself, itself, myself, ourselves, themselves, yourselves.

Contoh penggunaan dalam kalimat : I am going to finish it myself.

Intensive pronoun sebenarnya sama dengan reflexive pronoun, namun bedanya adalah intensive pronoun memberikan penekanan pada noun yang mendahuluinya. Yang termasuk kedalam intensive pronoun adalah : herself, himself, itself, myself, ourselves, themselves, yourselves.

Contoh penggunaan dalam kalimat : The President himself visited my University.

Reciprocal pronoun adalah kata ganti yang digunakan untuk menunjukkan bahwa dua atau lebih subjek melakukan aksi yang sama, satu sama lain. Yang termasuk kedalam reciprocal pronoun adalah : each other dan one another.

Contoh penggunaan dalam kalimat : They love each other.

Temen-temen, itulah tadi penjelasan serta contoh penggunaan kata ganti atau pronoun dalam Bahasa Inggris, semoga mudah dipahami. Sampai disini dulu artikel tentang Penjelasan Dan Contoh Pronoun Dalam Kalimat Bahasa Inggris. Terimakasih sudah berkunjung lagi ke bigbanktheories.com, semoga artikel-artikel di website ini bisa membantu temen-temen dalam belajar Bahasa Inggris. Temen-temen bisa menguji pemahaman akan materi pronoun dengan mencoba mengerjakan Contoh Soal Tentang Penggunaan Pronoun Dalam Kalimat Bahasa Inggris, yang tentunya sudah tersedia di website ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi :

  1. Pronouns – http://www.factmonster.com/ipka/A0885483.html – diakses tanggal 29 Februari 2016
  2. Pronouns – http://www.grammarbook.com/grammar/pronoun.asp – diakses tanggal 29 Februari 2016
  3. Pengertian, Macam dan Contoh Kalimat Pronoun (Kata Ganti Bahasa Inggris) – http://www.wordsmile.com/pengertian-macam-contoh-kalimat-pronouns – diakses tanggal 29 Februari 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *