Penjelasan Dan Contoh Penggunaan Impersonal Verb


Halo sobat, selamat datang lagi di bigbanktheories.com. Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari materi baru yaitu tentang impersonal verb dalam Bahasa Inggris. Jika sebelumnya sobat belum pernah mengenal pengertian dan juga contoh penggunaan impersonal verb, mungkin sobat akan kaget dengan contoh contoh kalimat yang akan kami tampilkan dalam artikel ini, tapi jangan khawatir, itu hal yang sangat wajar.

Jika sobat sedang membutuhkan penjelasan tentang impersonal verb, mungkin sobat akan mengalami kesulitan dalam menemukan sumber yang memberikan penjelasan tentang materi ini, kalaupun ada, kebanyakan merupakan sumber dengan penjelasan dalam Bahasa Inggris secara full. Melihat kebutuhan inilah,kami memutuskan untuk ikut memberikan penjelasan singkat tentang pengertian dan juga contoh impersonal verb. Bacalah penjelasan berikut ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Impersonal Verb

Penjelasan Dan Contoh Penggunaan Impersonal Verb

Definisi Impersonal Verb

Kita tentu pernah mendengar seseorang mengucapkan kalimat seperti “it rains” atau “it is growing dark” atau juga “it is cold” ya. Saat seseorang menggunakan kalimat tersebut, apakah sobat mengerti maksudnya? Tentu saja ya, karena beberapa contoh kalimat yang kami sebutkan di atas termasuk ujaran yang cukup sering di gunakan, terutama oleh native speaker. Karena seringnya digunakan dalam menunjukkan proses yang terjadi di alam, maka impersonal verbs juga sering disebut dengan weather verbs.

Related: Pengertian Dan Contoh Linking Verb Dalam Bahasa Inggris

Tapi jika ditanya, apakah subject kalimat tersebut jelas bagimu? Mungkin jika kita pikirkan kembali, kita akan menyadari bahwa kita tidak bisa mendifinisikan secara jelas subject dari kalimat tersebut, meskipun begitu, makna kalimat itu tetap bisa kita pahami dengan jelas.

Mengapa bisa begitu? Karena ucapan atau expression yang kami contohkan di atas sudah dianggap sebagai sebuah kebiasaan, dan antara pembicara maupun pendengar dianggap sudah sama sama mengerti hal yang sedang dibicarakan ini. Namun tetap saja kita tidak bisa menemukan antecedent atau kata yang dirujuk oleh “it” dalam beberapa contoh kalimat tersebut. Saat digunakan dengan cara seperti inilah sebuah verb disebut dengan impersonal verb.

Impersonal verb adalah istilah yang digunakan untuk menamai verb (kata kerja) yang digunakan bersama dengan subject yang tak tentu (tidak jelas) atau bahkan digunakan tanpa subject (subject tidak dimunculkan). Contohnya saja dalam expressions seperti “methinks” yang ternyata artinya “it seems to me”, atau “lists” yang dimaknai dengan “it pleases me”, subject benar benar tidak hadir, namun bagi yang sudah sering menggunakannya, ucapan seperti ini sudah bisa dimengerti dan bermakna utuh. Subject tak tentu yang biasanya digunakan dengan impersonal verb adalah “it”

Saat mempelajari materi Bahasa Inggris tentang impersonal verb, ingatlah tiga poin berikut ini:

1.Impersonal verb tidak memiliki agent yang jelas.

2.Impersonal verb hanya muncul dalam bentuk third person singular.

3.Impersonal verb memiliki dummy subject atau muncul tanpa subject (implied).

Contoh Penggunaan Impersonal Verb

We have to go home now, because it is growing dark.

We cannot play outside because it rains.

It is cold. You should give her a blanket.

It feels chilly. I don’t want to leave my bed.

There were, say, thirty persons in my house last night.

Oke deh sobat, itulah tadi sekilas pembahasan materi yang bisa kami berikan seputar penjelasan dan contoh penggunaan impersonal verb dalam Bahasa Inggris. Kami harap sedikit materi yang kami tampilkan ini bisa bermanfaat bagi sobat yang membaca nya. Terimakasih atas kunjungannya hari ini, tetap semangat belajar, raih kesuksesanmu secepat mungkin dan sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Impersonal Verb – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-impersonal-verbs – Diakses tanggal 26 Februari 2017
  2. Impersonal Verbs – http://www.testden.com/toefl/english-grammar-for-students/Impersonal-Verbs.html – Diakses tanggal 26 Februari 2017
  3. What is an impersonal verb? – http://www-01.sil.org/linguistics/glossaryoflinguisticterms/WhatIsAnImpersonalVerb.htm – Diakses tanggal 26 Februari 2017
  4. Impersonal Verb – https://en.wikipedia.org/wiki/Impersonal_verb – Diakses tanggal 26 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *