Penjelasan Dan Contoh Non-Defining Clause Bahasa Inggris


Non-defining clause adalah salah satu jenis dari adjective clause (terkadang disebut juga dengan istilah relative clause). Jenis adjective clause lainnya yaitu “defining clause” yang merupakan kebalikan dari non-defining clause. Seperti yang kita tau bahwa adjective clause / relative clause ini merupakan dependent clause yang berfungsi seperti sebuah adjective yaitu menerangkan noun atau pronoun. Dengan begini, maka non-defining clause pun akan berisi keterangan untuk noun ataupun pronoun.

Dalam artikel kali ini, kami akan mencoba memberikan penjelasan tentang materi non-defining clause, supaya nantinya sobat akan bisa menggunakan jenis relative clause ini dengan benar. Tanpa menunggu lama lagi, inilah penjelasan materi beserta contoh non-defining clause dalam Bahasa Inggris. – Bigbanktheories.com

Contoh Non Defining Clause

Penjelasan Dan Contoh Non-Defining Clause Bahasa Inggris

Pengertian Non-Defining Clause

Non-defining clause adalah jenis dari relative clause dimana informasi yang dikandungnya merupakan informasi tambahan yang bersifat non-essential (tidak terlalu penting). Apa maksudnya dengan informasi yang bersifat non-essential ini? Ini artinya kalaupun non-defining clause ini dihilangkan dari kalimat, kalimat tersebut masih akan menjadi kalimat utuh yang benar secara grammatical serta tidak mengalami perubahan arti.

Related: Contoh Penggunaan Kata Hardly Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Contoh: The first lightbulb was invented by Thomas Alva Edison, who was also an engineer.

Yang dicetak tebal dari kalimat tersebut adalah contoh non-defining clause. Sekarang coba sobat hilangkan bagian yang dicetak tebal tersebut, lalu baca kalimat awalnya, apa sudah bermakna utuh? Tentu saja, karena informasi utama yang ingin di sampaikan adalah “bohlam lampu pertama ditemukan oleh Thomas Alva Edison”, sedangkan bagian yang dicetak tebal yang artinya “juga merupakan seorang insinyur” hanyalah sekedar tambahan informasi dari penulis.

Sekarang bandingkan sebentar dengan contoh defining clause berikut ini:

Contoh: Do you know the girl who is talking to Abi over there?

Yang dicetak tebal dari kalimat di atas adalah contoh defining clause. Jika bagian yang dicetak tebal kita hilangkan, apa yang akan terjadi? Ya tepat sekali, akan timbul pertanyaan “which girl?” atau gadis mana yang dimaksud. Ini berarti keterangan tersebut penting dan tidak bisa kita hilangkan.

Bagaimana sobat, terlihat kan perbedaan antara non-defining clause dengan defining clause?

Dalam penulisannya, non-defining clause ini biasanya akan menggunakan punctuation (tanda baca) seperti comma dan parentheses. Supaya sobat bisa memahami pola penggunaan punctuation dalam non-defining clause ini dengan mudah, perhatikanlah contoh berikut ini.

Contoh Kalimat Non-Defining Clause

My friend Rohmat, who went to the same university as me, has just published his third novel.

Ratna’s mother, who lives in Padang, has 17 grandchildren.

My friend and I went to an amusement park, which we had never visited before.

Miss Yoan, who is very beautiful, works for the CDC.

Mrs. Tiara, whose husband works in Pekanbaru, is my relatives.

Penggunaan Relative Pronoun Dalam Non-Defining Clause

Seperti yang kita lihat dalam beberapa contoh kalimat di atas, terdapat berbagai macam relative pronoun yang kita gunakan dalam contoh tersebut. Supaya lebih jelas tentang penggunaannya, simak keterangan singkat berikut ini.

Subject (Who/Which)

Jika noun yang dirujuk atau diterangkan berada pada posisi subject, maka pilihlah di antara dua relative pronoun tersebut (Who/Which).

Object (Whom/Who/Which)

Jika noun yang dirujuk atau diterangkan berada pada posisi object, maka pilihlah di antara tiga relative pronoun tersebut (Whom/Who/Which).

Possessive (Whose)

Jika noun yang dirujuk atau diterangkan merupakan bentuk possessive, maka gunakanlah relative pronoun whose.

Itulah tadi sekilas keterangan tentang penggunaan relative pronoun dalam non-defining clause. Keterangan tambahan ini sekaligus menjadi penutup artikel kali ini yang membahas tentang penjelasan dan contoh non-defining clause dalam Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih untuk kunjunganmu hari ini, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Non-Defining/Non-Restrictive Relative Clause – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-non-defining-relative-clause – Diakses tanggal 24 Januari 2017
  2. Non-Defining Relative Clauses – http://www.ef.com/english-resources/english-grammar/non-defining-relative-clauses/ – Diakses tanggal 24 Januari 2017
  3. Non-Defining Clause Dalam Bahasa Inggris – http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/non-defining-clause-dalam-bahasa-inggris.aspx – Diakses tanggal 24 Januari 2017
  4. The difference between defining and non-defining relative clauses – http://www.grammaring.com/the-difference-between-defining-and-non-defining-relative-clauses – Diakses tanggal 24 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *