Penjelasan Dan Contoh Kata Homonym Dalam Bahasa Inggris


Selamat pagi sobat, apa kabarmu pagi ini? Semoga sehat dan selalu bersemangat dalam belajar ya. Dalam artikel kali ini, kita akan mempelajari materi baru yang berhubungan dengan vocabulary (kosakata) dalam Bahasa Inggris. Tulisan kali ini akan membahas secara khusus tentang istilah homonym dalam Bahasa Inggris.

Sebelum memulai penjelasan materi kali ini, kami ingin bertanya dulu nih, apa ada diantara sobat pembaca yang sudah tau pengertian dan juga contoh homonym dalam Bahasa Inggris? Jika ada yang sudah tau, bagus sekali ya, dan kami harap artikel kali ini bisa menambah kata kata baru kedalam daftar kata homonym yang sudah kamu ketahui. Namun jika belum tau, jangan khawatir, penjelasan singkat dari kami ini akan membantumu dalam memahami materi Bahasa Inggris tentang homonym ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Homonym

Penjelasan Dan Contoh Kata Homonym Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Homonym

Kita perlu berhati hati dalam mempelajari pengertian homonym. Hal ini karena, hingga saat ini pun masih ada perbedaan pendapat tentang batasan kosakata yang bisa dikategorikan sebagai homonym. Terdapat dua pendapat tentang pengertian homonym dalam Bahasa Inggris yaitu: pendapat secara luas (broad definition) serta pendapat yang lebih sempit atau lebih khusus (restrictive definition).

Related: Preposition Of Quantity Or Measure Dan Contoh Kalimatnya

Homonym jika dimaknai secara luas (broad definition) artinya adalah kata kata yang pengucapan atau cara membaca nya sama namun memiliki arti yang berbeda. Sedangkan secara lebih sempit (restrictive definition) homonym artinya kata kata yang sama pengucapan atau cara membaca nya, sama ejaan atau susunan huruf nya, tapi memiliki arti yang berbeda. Dengan kata lain, jika dilihat dari restrictive definition, maka kosakata yang digolongkan kedalam homonym haruslah bersifat homograph (sama penulisan) dan juga homophone (sama pengucapan) disaat yang bersamaan.

Meski hingga saat ini masih terjadi perdebatan akan definisi dari homonym, namun jujur saja, saya pribadi lebih memilih untuk menggunakan restrictive definition dari homonym, karena inilah unsur pembedanya. Jika kita mengacu pada broad definition dari homonym, maka homonym tidak ada bedanya dengan homophone, dan tentu akan timbul pertanyaan, mengapa harus ada dua istilah jika ternyata keduanya memang sama, bagaimana menurutmu?

Jadi sekali lagi kami tegaskan, dalam artikel kali ini, pengertian homonym yang kami gunakan adalah sebagai berikut:

Homonym = Sama bentuk, Sama Pengucapan, Beda Arti

Dengan kata lain, kami lebih setuju dengan pendapat yang menyebut homonym sebagai “multiple meaning words” atau dalam Bahasa Indonesia nya bisa kita terjemahkan dengan “kata kata yang memiliki banyak arti”. Dengan begini menurut kami akan lebih mudah bagi kita dalam memahami pengertian homonym, karena sudah sejak dulu kita pun tau bahwa banyak kosakata dalam Bahasa Inggris yang jika kita cek terjemahan nya dalam kamus, ternyata memiliki lebih dari satu arti, itulah yang dimaksud dengan multiple meaning words ini, namun ingat kita juga harus memastikan bahwa pengucapan atau pronounciation dari kata tersebut sama ya.

Contoh Kata Homonym Dalam Bahasa Inggris

Setelah kita mengenal pengertian homonym, tentu kita juga penasaran, kata kata apa saja yang termasuk kedalam homonym dalam Bahasa Inggris. Berikut kami tampilkan daftar kosakata yang bisa kita golongkan kedalam jenis kata yang bersifat homonym.

Bear (beruang) dan Bear (menahan)

Bat (kelelawar) dan Bat (tongkat pemukul)

Can (bisa) dan Can (kaleng)

Fair (adil / wajar) dan Fair (pameran / pekan raya)

Fine (Denda) dan Fine (bagus)

Left (kiri) dan Left (bentukV2 dari Leave = meninggalkan)

Match (korek api) dan Match (pertandingan)

Scale (timbangan) dan Scale (mendaki)

Spruce (jenis pohon cemara) dan Spruce (marapikan diri / berdandan)

Stalk (batang) dan Stalk (mengikuti)

Tie (dasi) dan Tie (mengikat)

Itulah beberapa contoh kata homonym dalam Bahasa Inggris yang bisa kami tampilkan, semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaranmu. Kami akhiri sampai disini pembahasan singkat tentang homonym dalam Bahasa Inggris, semoga penjelasan yang kami berikan bisa dipahami dengan mudah. Terimakasih banyak untuk kunjungannya, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Homonym dalam Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-homonym-inggris – Diakses tanggal 4 Maret 2017
  2. Homonym – https://en.wikipedia.org/wiki/Homonym – Diakses tanggal 4 Maret 2017
  3. Homonyms, Homophones, and Homographs – https://www.spellingcity.com/homophones-and-homonyms.html – Diakses tanggal 4 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *