Penjelasan Dan Contoh Kalimat Simple Sentence Termudah


Pernah nggak kamu merasa kalau kamu kurang variatif saat berurusan dengan membuat kalimat khususnya dalam Bahasa Inggris. Misalnya saja kamu sedang belajar di kelas dan guru mu meminta setiap siswa membuat satu contoh kalimat dalam Bahasa Inggris dan tidak boleh sama, dan kebetulan kamu duduk di kursi paling belakang.

Yang terjadi biasanya, mulai dari siswa yang duduk di tengah kalimatnya mulai mirip mirip, semakin kebelakang, semakin sulit juga siswanya membuat contoh kalimat dan mulai lama mikirnya, karena rata rata siswa merasa bahwa contoh kalimat yang sudah disiapkan nya “sudah diambil” atau “sudah dipakai” sama temennya yang dapet giliran lebih dulu hehe. Ini sebenernya lucu juga kalau di pikir pikir, gimana ceritanya temen kita ngambil konsep kalimat yang ada di otak kita kan.

Akhirnya sampailah gilirannya ke kamu yang duduk di paling belakang, dan seperti yang bisa kita duga, kamu akan bilang “udah habis pak contoh kalimatnya, sudah dipakai temen temen semua” hahaha. Ternyata kalimat bisa habis juga ya sobat, iya bisalah, kayak kalo aku lagi di deket kamu, aku kehabisan kata kata dan nggak bisa berkata apa apa, kamu, iya kamu, cieee.

Related: Inilah Penjelasan Progressive Aspect Dalam Bahasa Inggris

Apa sih mimin, bahasannya kok jadi kemana mana hehe. Anyway, masalah kehabisan kalimat dan kurang variatifnya kita dalam menggunakan kosakata bisa kita atasi dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengenal tipe tipe kalimat dalam Bahasa Inggris. Berikut ini adalah tipe tipe kalimat tersebut : Simple Sentence, Compound Sentence, Complex Sentence, Compound-Complex Sentence. Nah, yang akan kita pelajari kali ini adalah tipe kalimat simple sentence. Penasaran seperti apa pembahasan materi kali ini ? Yuk langsung saja simak materinya di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Simple Sentence

Penjelasan Dan Contoh Kalimat Simple Sentence

Penjelasan Tipe Kalimat Simple Sentence

Sebuah kalimat yang termasuk dalam tipe simple sentence adalah kalimat yang memenuhi unsur dasar yang cukup untuk membuatnya menjadi sebuah kalimat yang bermakna utuh. Jadi simple sentence ini terdiri dari sebuah subject dan sebuah verb (predicate). Oleh karena unsure penyusun kalimatnya yang sedikit, simple sentence cenderung berbentuk kalimat yang pendek pendek.

Contoh Kalimat Simple Sentence

Mr. Pritchard helped the old lady.

Subject : Mr. Pritchard

Verb : helped

Otto Goodwin was the founder of looking glass technology.

Subject : Otto Goodwin

Verb : was

Marry Goodwin is beautiful.

Subject : Marry Goodwin

Verb : is

Itulah tadi sobat contoh simple sentence dalam Bahasa Inggris. Bagaimana ? Mudah kan ?

Nah, ternyata ada cara tertentu yang bisa kita lakukan untuk menambah panjang kalimat simple sentence yang bisa kita buat, yaitu dengan menggunakan compound subjects dan juga compound verbs, serta bisa juga dengan menambahkan prepositional phrase. Misalnya seperti contoh berikut ini :

Marry and Otto Goodwin arrived at the airport early.

Subject : Marry and Otto Goodwin (compound subject)

Verb : arrived

Sebuah simple sentence bisa juga dikatakan sebagai sebuah independent clause. Mengapa begitu ? hal ini karena, selain dapat menjadi bagian dari compound atau complex sentence, jenis kalimat ini juga bisa berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat yang lengkap.

Nah begitulah sobat sekilas materi tentang penjelasan dan contoh kalimat simple sentence. Kami mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan dalam informasi yang kami bagikan di artikel ini. Semoga bermanfaat bagi sobat pembaca semua, sampai ketemu lagi dalam artikel lainnya.

Referensi :

  1. Sentences : Simple, Compound, and Complex – http://www2.ivcc.edu/rambo/eng1001/sentences.htm – Diakses tanggal 11 November 2016
  2. Pengertian Dan Contoh Simple Sentence (Kalimat Tunggal) – http://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-simple-sentence – Diakses tanggal 11 November 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *