Penjelasan Dan Contoh Kalimat Menggunakan Bare Infinitive


Mungkin sangat jarang yang mengenal istilah bare infinitive, karena umumnya materi ini lebih dikenal dengan sebutan zero infinitive atau infinitive nol. Hmm seperti apa sih verb infinitive yang satu ini? Dalam artikel kali ini, kami akan coba menjelaskan pengertian zero infinitive serta mencontohkan cara penggunaannya dalam sebuah kalimat.

Sebelum mempelajari tentang bare infinitive, mari kita ketahui terlebih dahulu tentang apa itu infinitive (to+verb). Infinitive adalah kata yang dibentuk dari verb atau kata kerja namun dapat berfungsi sebagai noun, adjective maupun adverb dalam sebuah kalimat (verbal). Hal ini berbeda dengan bare infinitive yang dapat berfungsi sebagai verb maupun sebagai part of speech lainnya (noun, adjective dan adverb). – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Bare Zero Infinitive

Bare Infinitive

Inilah Penjelasan Lengkap Bare Infinitive

Bare infinitive atau juga umum dikenal sebagai zero infinitive yaitu verb atau kata kerja yang digunakan tanpa menggunakan ‘to’ sebelum kata tersebut. Cobalah perhatikan contoh kalimat berikut ini.

Related: Verbal Phrase Dalam Bahasa Inggris Dan Jenis Jenisnya

Contohnya : We want Fitri to do her homework by herself. (Kami menginginkan Fitri untuk mengerjakan PR-nya sendiri)

Coba perhatikan kata ‘want’ yang terletak setelah subjek ‘Intan’, itulah verb yang berperan sebagai bare infinitive. Mungkin ada yang bingung apakah bare infinitive dan verb1 itu sama ataukah berbeda pengertiannya? Ya, bare infinitive memang verb1 namun verb1 yang lebih spesifik lagi. Misalnya, contoh diatas dirubah menjadi:

Tia wants Fitri to do her homework by herself. (Tia menginginkan Fitri untuk mengerjakan PR-nya sendiri)

Kata ‘wants’ memang adalah verb1, namun tidak bisa disebut sebagai bare infinitive karena telah berubah dari bentuk awalnya ‘want’ dan diberi penambahan ‘s’, dan ini biasanya disebut dengan additional infinitive.

Rumus Dan Penggunaan bare Infinitive

Bare infinitive adalah sebuah kata kerja atau verb yang tidak memiliki penambahan apapun dalam penggunaanya. Berbeda dengan infinitive yang mempunyai pola atau rumus ‘to+verb’, bare infinitive adalah bentuk dasar atau base form dari verb.

Penggunaan bare infinitive dalam sebuah kalimat dapat dikategorikan menjadi 4 bagian, yaitu:

  • Setelah ‘would rather’ atau ‘had better’
  • Setelah modal auxiliary verb ‘will, would, can, could, shall, should, may, might, must, dan needn’t’.
  • Setelah kata ‘do’ dan semua perubahannya ‘do, don’t, does, doesn’t, did, dan didn’t’.
  • Setelah causative verb ‘have, let, make, hear, help dan watch’.

Contoh Bare Infinitive Dalam Kalimat

My uncle will be arriving in Jakarta this afternoon at 02.00 p.m. (Paman saya akan tiba di Jakarta siang ini pukul 02.00 p.m.)

I will have continued my study in Australia. (Saya akan melanjutkan pendidikan saya di Australia)

I would call my boss when I finished the monthly report. (Saya akan menelpon bos saya saat saya menyelesaikan laporan bulanan)

Aminah helped me cook the pizza and pancake. (Aminah membantu saya memasak pizza dan pancake)

Digta may ride his favorite bike every sunday. (Digta boleh mengendarai motor favoritnya setiap minggu)

My mother will come tomorrow morning. (Ibu saya akan datang besok pagi)

Cokro could swim faster than everyone else in this class. (Cokro dapat berenang lebih cepat daripada semua orang dikelas ini)

 I think he would rather study mathematics. (Saya pikir dia lebih suka belajar matematika)

You had better eat your breakfast immediately. (kamu lebih baik makan sarapanmu segera)

Minnie doesn’t like pinneapple. (Minnie tidak suka nanas)

You must go to the school now. (Kamu harus pergi ke sekolah sekarang)

Itulah tadi Penjelasan Lengkap Dan Contoh Kalimat Dengan Mengunakan Bare Infinitive . Kami harap penjelasan kami dalam materi kali ini bisa dimengerti dengan mudah. Materi dan contoh kalimat zero infinitive ini masih bisa teman-teman kembangkan lagi karena masih banyak sekali pola kalimat yang dapat dibuat. Semoga bermanfaat ya untuk teman-teman yang mempelajari bahasa inggris, Bigbanktheories.com mohon maaf apabila dalam penulisan masih banyak kekurangan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *