Penjelasan Dan Contoh Kalimat Future Perfect Continuous


Penjelasan seputar rumus dan contoh kalimat dari salah satu tenses yaitu future perfect continuous tense adalah topik yang akan dibahas dalam artikel kali ini. Sebelum mempelajari future perfect continuous tense, ada baiknya jika sebelumnya sudah mengerti terlebih dahulu apa itu future perfect tense yang telah Bigbanktheories.com jelaskan dalam artikel sebelumnya. Semoga dengan membaca artikel ini, pembaca bisa lebih memahami tentang future perfect continuous tense. Selamat membaca. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Future Perfect Continuous

Penjelasan Future Perfect Continuous Tense

Penjelasan Lengkap Future Perfect Continuous Tense

Future perfect continuous tense adalah bentuk waktu yang dipakai untuk menjelaskan tindakan atau kegiatan yang dilakukan subjek tertentu yang dimulai pada masa lampau, namun kemungkinan besar terus berlangsung atau dilanjutkan pada masa yang akan datang. Future perfect continuous tense ditandai dengan penggunaan frasa “Will have been” ditambah dengan kata kerja yang diberi akhiran –ing (verb1 + -ing).

Contohnya: By the end of this month. Sulastri will have been working in Indomaret as a cashier for two years. (Menjelang akhir bulan ini, Sulastri akan telah bekerja di Indomaret sebagai kasir selama dua tahun).

Related: Coba Taklukin Soal Simple Past Tense Yang Menjebak Ini

Perbedaan mendasar future perfect continuous tense dan future perfect tense ialah bahwa future perfect continuous tense tetap berlangsung pada masa yang akan datang, sedangkan future perfect tense telah atau segera selesai pada masa yang akan datang. Penjelasan secara detail akan di jelaskan di akhir artikel ini.

Pola Kalimat Atau Rumus Future Perfect Continuous Tense

Berikut ini adalah pola kalimat yang akan kita gunakan jika kamu ingin membuat sebuah kalimat future perfect continuous tense :

Kalimat Positif

Subject + Will + Have + Been + Verb1 + -ing

Kalimat Negatif

Subject + Will+ Not + Have+ Been + Verb1 + -ing

Kalimat Introgatif/Tanya

Will + Subject + Have + Been + Verb1 + -ing

Selain rumus yang telah tertera diatas, ada juga rumus future perfect continuous tense yang menggunakan “Shall” namun khusus hanya untuk subjek “I dan we”, yaitu sebagai berikut:

Kalimat Positif

I,we + Shall + Have + Been + Verb1 + -ing

Kalimat Negatif

I, we + Shall+ Not + Have + Been + Verb1 + -ing

Kalimat Introgatif/Tanya

Shall + I, we + Have + Been + Verb1 + -ing

Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense

I shall have been living in Thailand for one year by the end of October. (Saya akan telah tinggal di Thailand selama satu tahun menjelang akhir bulan Oktober)

Fifi dan Lulu will not have been studying science at the laboratory for a few days by tomorrow. (Fifi dan Lulu belum akan telah mempelajari sains di laboratorium itu selama beberapa hari menjelang esok)

Will Dito have been planting ten orange trees by the end of this year? (Apakah Dito akan telah menanam sepuluh pohon jeruk menjelang akhirtahun ini?)

Shall Aris and I have been decorating all the rooms by the time our parents arrive? (Apakah Aris dan saya akan telah selesai menghias seluruh ruangan menjelang kedatangan orang tua kami?)

Perbedaan Future Perfect Dan Future Perfect Continuous Tense

Setelah membaca penjelasan, rumus dan contoh kalimat future perfect continuous tense. Sekarang akan di jelaskan perbedaannya dengan future perfect tense, berikut perbandingannya:

Future Perfect Continuous Tense : Viona will have been doing her work for two days by the end of this week. (Viona akan telah menyelesaikan pekerjaannya menjelang akhir minggu ini).

Bandingkan dengan kalimat berikut ini

Future Perfect Tense : Viona will have done her work by the end of this week (Viona akan telah menyelesaikan pekerjaannya menjelang akhir minggu ini).

Pada kalimat pertama (future perfect continuous tense), kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa subjek Viona baru mencoba menyelesaikan pekerjaannya selama dua hari. Ini berarti bahwa kemungkinan besar pekerjaannya belum rampung dan subjek Viona akan terus mengerjakan hal tersebut, dengan waktu yang entah berapa lama lagi. Sebaliknya, pada kalimat kedua, telah ada kepastian bahwa subjek Viona akan menyelesaikan pekerjaannya menjelang akhir minggu. Maka setelah akhir minggu, subjek Viona telah selesai atau telah berhenti mengerjakan hal tersebut.

Semoga Penjelasan Dan Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense ini dapat dimengerti dan dibedakan penggunaannya dengan future perfect tense.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *