Penjelasan Dan Contoh Infinitive Phrase Dalam Bahasa Inggris


Infinitive phrase adalah jenis frasa yang diawali dengan sebuah infinitive (to + verb dasar) diikuti dengan complement atau pelengkapnya yang bisa berupa object atau modifier atau keduanya. Terdapat banyak fungsi yang bisa kita lakukan dengan menggunakan sebuah infinitive phrase, beberapa fungsi tersebut sebenarnya sudah sangat sering kita gunakan, namun sebagian fungsi yang lain mungkin akan terlihat seperti hal baru bagimu.

Melalui artikel kali ini, kita akan mempelajari bersama berbagai contoh infinitive phrase serta fungsi dan cara penempatannya dalam kalimat. Dengan mempelajari materi kali ini, sobat akan bisa menambah variasi kalimat yang bisa kamu gunakan, sehingga kemampuan Bahasa Inggismu pun akan meningkat. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Infinitive Phrase Dalam Kalimat

Penjelasan Dan Contoh Infinitive Phrase Dalam Bahasa Inggris

Contoh Penggunaan Infinitive Phrase

Sebuah infinitive phrase sebenarnya akan sangat mudah untuk kita temukan, karena akan selalu di awali dengan kata “to”. Berikut ini adalah beberapa contoh infinitive phrase sebelum digabungkan kedalam kalimat.

Related: Penjelasan Dan Contoh Disjunct Dalam Grammar Bahasa Inggris

To go home

To cook omelette

To wash the dishes

To talk to your parents

Bagaimana? Sudah sering kan menjumpai pola seperti ini. Inilah yang disebut dengan infinitive phrase. Selama ini kita sudah sering menggunakannya, namun mungkin tidak tau bahwa ada sebuah istilah yang menamainya. Perhatikan ya sobat pola infinitive phrase ini selalu di awali dengan “to” kemudian diikuti oleh “verb” yang merupakan bentuk paling dasar tanpa ada penambahan apapun.

Infinitive phrase seperti yang kami contohkan di atas, bisa digunakan dengan berbagai fungsi dalam sebuah kalimat. Fungsi inilah yang kemudian membagi infinitive phrase kedalam beberapa jenis yaitu: infinitive phrase sebagai noun, sebagai adjective dan juga sebagai adverb. Berikut ini contoh untuk masing masing fungsi infinitive phrase tersebut.

Contoh Infinitive Phrase Sebagai Noun

Infinitive phrase bisa kita gunakan sebagai noun, dengan begini infinitive phrase bisa menempati posisi subject, direct object, subject complement maupun appositive dalam sebuah kalimat. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan infinitive phrase sebagai noun:

To see the Liberty statue in close range is amazing. (sebagai subject)

I want to get a scholarship to Australia. (sebagai direct object)

Ada cara mudah yang biasa saya lakukan untuk menguji bahwa sebuah infinitive phrase berfungsi sebagai noun serta untuk mengetahui sebatas mana rentang frasa tersebut dalam kalimat. Yang saya lakukan adalah dengan mencoba menggantikan frasa tersebut dengan pronoun “it”, meski tidak selalu tepat namun hal ini cukup membantu. Ayo kita coba dengan menggunakan dua contoh di atas:

To see the Liberty statue in close range is amazing.

It is amazing.

Perhatikan bagian yang di cetak tebal dalam kalimat tersebut, bagian itu adalah contoh infinitive phrase. Terkadang kita ragu sebatas manakah infinitive phrase dalam sebuah kalimat, nah bila kita menggantikannya dengan pronoun “it” maka kita bisa menguji nya. Contohnya:

Kalimat Asal: To see the Liberty statue in close range is amazing.

Percobaan pertama: It in close range is amazing. (dengan anggapan bahwa infinitive phrase nya hanya sebatas “To see the Liberty statue”.)

Bagaimana menurutmu hasil percobaan pertama ini? Kalimat jadi terasa aneh kan, artinya infinitive phrase dalam kalimat ini ternyata lebih panjang dari dugaan awal kita.

Percobaan kedua: It is Amazing. (dengan anggapan bahwa infinitive phrase nya mencakup “To see the Liberty statue in close range”.

Bagaimana menurutmu? Ternyata pada percobaan kedua kalimat hasilnya sudah tepat. Ini artinya kita sudah bisa menentukan sebuah infinitive phrase dalam kalimat.

Untuk contoh kalimat kedua, kamu tentu sudah bisa ya memahami bagian mana yang termasuk kedalam infinitive phrase dan alasannya.

Contoh Infinitive Phrase Sebagai Adjective

Infinitive phrase bisa juga kita gunakan sebagai adjective. Saat memegang fungsi sebagai adjective, infinitive phrase akan berfungsi layaknya kata sifat pada umumnya yaitu menerangkan noun. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan infinitive phrase sebagai adjective:

The best way to kill cockroach is by using insect spray.

“To kill cockroach” berfungsi sebagai adjective yang menerangkan “way”.

Japan is the best destination to go during the autumn.

“to go during the autumn” berfungsi sebagai adjective yang menerangkan “destination”

Contoh Infinitive Phrase Sebagai Adverb

Infinitive phrase dapat berfungsi sebagai adverb dalam sebuah kalimat. Saat berfungsi sebagai adverb, infinitive phrase ini akan member keterangan atau alasan mengapa suatu tindakan (verb) itu dilakukan atau terjadi. Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan infinitive phrase sebagai adverb:

My father returned home to take his laptop.

“to take his laptop” menjelaskan alasan mengapa ayah saya kembali ke rumah.

I sold my laptop to pay the college fee.

“to pay the college fee” menjelaskan alasan mengapa saya menjual laptop.

Itulah tadi sobat berbagai contoh penggunaan infinitive phrase dalam kalimat. Semoga penjelasan dan contoh yang kami berikan bisa dipahami dengan mudah ya. Sebelum kami mengakhiri artikel kali ini, kami ingin memberi sedikit tambahan informasi lagi mengenai penggunaan infinitive phrase. Bacalah informasi tambahan berikut ini.

Dalam penggunaannya, ternyata ada beberapa adjective yang sering digunakan bersama infinitive phrase. Beberapa adjective itu adalah sebagai berikut: amazed, anxious, ashamed, careful, delighted, disappointed, glad, happy, pleased, proud, sad, sorry, surprised. Berikut ini beberapa contoh kalimatnya:

I am glad to know that you like it.

I am sorry to hear that.

Oke deh sobat, itu saja yang bisa kami sampaikan seputar pengertian serta contoh penggunaan infinitive phrase dalam Bahasa Inggris, semoga bermanfaat. Kami minta maaf jika dalam penyampaian materi kali ini terdapat kekurangan dan kesalahan yang mengakibatkan sobat pembaca kesulitan dalam memahami materi ini. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, terus kunjungi website kami setiap hari nya untuk informasi terbaru tentang dunia pembelajaran Bahasa Inggris. Sampai jumpa lagi.

Referensi:

  1. Pengertian dan Contoh Kalimat Infinitive Phrase – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-infinitive-phrase – Diakses tanggal 18 Februari 2017
  2. The Infinitive Phrase – http://www.chompchomp.com/terms/infinitivephrase.htm – Diakses tanggal 18 Februari 2017
  3. What Is an Infinitive Phrase? (with Examples) – http://www.grammar-monster.com/glossary/infinitive_phrase.htm – Diakses tanggal 18 Februari 2017
  4. Infinitive Phrase – http://www.k12reader.com/term/infinitive-phrase/ – Diakses tanggal 18 Februari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *