Penjelasan Dan Contoh Homograph Dalam Bahasa Inggris


Selama ini saat kita menggunakan Bahasa Inggris, baik secara tertulis maupun lisan, mungkin kita pernah menemukan beberapa kosakata yang ternyata memiliki kemiripan antara satu dan lainnya. Kemiripan ini ada yang dalam bentuk kesamaan dalam pengucapan, kesamaan bentuk, dan ada pula yang memiliki kemiripan arti. Terkadang, kita ingin mencari tau lebih jauh pembahasan tentang fenomena ini, dan memang materi yang berkaitan dengan vocabulary seperti ini, selain menarik, ternyata juga penting untuk dipelajari. Artikel kali ini pun masih membahas materi yang berkaitan dengan vocabulary, yaitu tentang homograph.

Ingin tau apa yang dimaksud dengan homograph dalam Bahasa Inggris dan seperti apa contohnya? Simak penjelasan singkat tentang homograph dalam Bahasa Inggris berikut ini. – Bigbanktheories.com

Pengertian Homograph

Penjelasan Dan Contoh Homograph Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Homograph

Penjelasan mudah tentang pengertian homograph mungkin bisa kita dapatkan dengan cara mengetahui asal usul kata homograph ini. Istilah “homograph” berasal dari Bahasa Yunani dan terdiri dari dua kata yaitu:  “homos” yang artinya “sama”, dan “grapho” yang berarti “tulisan”, dengan begini, homograph artinya “tulisan yang sama”.

Related: Inilah Beda Would Rather Dan Would Prefer Dalam Kalimat

Saat kami menelusuri penjelasan tentang homograph, kami menemukan bahwa sebagian sumber berpendapat kalau kata yang termasuk homograf harus berbeda cara pengucapannya (pronounciation), ada pula yang berpendapat bahwa kata kata yang bisa disebut sebagai homograf harus berasal dari kelas kata yang berbeda. Namun hingga saat ini kedua pernyataan di atas masih sering diperdebatkan.

Menurut kami, meski ada perbedaan pendapat seperti yang telah kami sebutkan di atas, kita tidak perlu bingung, karena fokus yang diperhatikan dari homograph sudah jelas, yaitu tulisan yang sama, jadi asalkan kata kata tersebut sama persis bentuknya, maka mereka sudah termasuk homograph. Tapi perlu kita ketahui juga bahwa kata kata yang termasuk homograph harus memiliki arti yang berbeda.

Contohnya: Hit (noun – pukulan) dan Hit (verb – memukul)

Sekali lagi kami tegaskan sobat, kosakata yang tergolong homograph artinya kata kata tersebut sama bentuk atau tulisannya dan berbeda artinya. Sedangkan, berkaitan dengan cara mengucapkan atau pelafalannya, penjelasan berikut ini mungkin akan lebih mudah untuk kamu pahami:

Jika ada dua kata yang sama tulisan (homograph), sama pengucapan atau bunyi (homophone), dan berbeda artinya, maka kata kata tersebut tergolong kedalam homonym.

Jika ada dua kata yang sama tulisan (homograph), berbeda pengucapan atau bunyi, dan berbeda artinya, maka kata kata tersebut tergolong kedalam heteronym atau biasa dikenal juga dengan heterophone.

Bagaimana sobat? Apa sudah bisa dipahami sekarang apa yang dimaksud dengan homograph dalam Bahasa Inggris? Kami harap sudah ya. Setelah membaca penjelasan di atas, kita jadi tau bahwa homograph yang sama pronounciation (pengucapan) nya digolongkan juga kedalam homonym, sedangkan homograph yang berbeda pengucapannya digolongkan juga kedalam heteronym.

Contoh Homograph Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah contoh homograph dalam Bahasa Inggris.

Close (verb – menutup) dan Close (adjective – dekat)

Desert (noun – padang pasir) dan Desert (verb – meninggalkan)

Duck (noun – bebek) dan Duck (verb – menunduk)

Dove (noun – merpati) dan Dove (verb 2 Dive)

Object (noun – benda) dan Object (verb – menolak)

Present (verb – mempersembahkan), Present (noun – hadiah) dan Present (adjective – hadir/sekarang)

Produce (noun – hasil) dan Produce (verb – menghasilkan)

Refuse (noun – sampah) dan Refuse (verb – menolak)

Sewer (noun – penjahit) dan Sewer (noun – got/selokan)

Tear (verb – merobek) dan Tear (noun – air mata)

Itulah tadi beberapa contoh homograph yang bisa kami tampilkan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat pembaca semua. Terimakasih banyak untuk kunjungannya hari ini, sampai jumpa lagi dalam artikel menarik lainnya. Sebagai penuup, kami ingatkan sekali lagi bahwa homograph adalah kata kata yang sama tulisan atau bentuknya dan berbeda artinya.

Referensi:

  1. Homograph – https://en.wikipedia.org/wiki/Homograph – Diakses tanggal 6 Maret 2017
  2. List of English Homographs – https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_English_homographs – Diakses tanggal 6 Maret 2017
  3. Homograph – https://literarydevices.net/homograph/ – Diakses tanggal 6 Maret 2017
  4. Pengertian dan Contoh Kalimat Homograph Dalam Bahasa Inggris – https://www.wordsmile.com/pengertian-contoh-kalimat-homograph-inggris – Diakses tanggal 6 Maret 2017
  5. Heteronym (linguistics) – https://en.wikipedia.org/wiki/Heteronym_(linguistics) – Diakses tanggal 6 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *