Penjelasan Dan Contoh Disjunct Dalam Grammar Bahasa Inggris


Disjunct adalah istilah yang merujuk pada salah satu jenis adverbial dalam Bahasa Inggris selain adjunct dan conjunct. Ketiga istilah ini tentu merupakan jenis adverbial yang berbeda beda. Mempelajari ketiganya, termasuk pengertian dan juga cara penggunaan Disjunct dalam kalimat sangatlah penting bagi kita, karena adverbial yang bisa muncul dalam bentuk frasa (phrase) atau pun klausa (clause) ini saat digunakan dalam kalimat akan berfungsi sebagai adverb (kata keterangan) yang bisa kita gunakan untuk menambah keterangan atau informasi baru kedalam sebuah kalimat secara efisien.

Artikel ini kami buat dengan tujuan untuk membantu sobat pembaca semua dalam memahami pengertian dan contoh Disjunct dalam Bahasa Inggris. Kami pun telah mengumpulkan sejumlah informasi dari beberapa sumber di internet yang menurut kami akan bisa mendukung pemahaman kita tentang materi Disjunct ini. Buat yang udah penasaran dengan penjelasan langkapnya, silahkan deh lansung baca tulisan ini sampai selesai. – Bigbanktheories.com

Disjunct Dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh Penggunaannya

Penjelasan Dan Contoh Disjunct Dalam Grammar Bahasa Inggris

Pengertian Disjunct dalam Grammar Bahasa Inggris

Yang dimaksud dengan Disjunct dalam grammar Bahasa Inggris adalah jenis adverbial yang mengungkapkan informasi yang bersifat tidak penting jika dikaitkan dengan makna kalimat dimana penggunaan Disjunct tersebut muncul. Disjunct ini lebih dianggap sebagai komentar yang menunjukkan sikap dari sang penulis terhadap isi dari sebuah kalimat.

Related: Split Infinitive, Cara Lama Yang Masih Digunakan Hingga Kini

Mengutip pernyataan dari thoughtco.com bahwa “a disjunct is a word or phrase that explicitly expresses the stance of a speaker or writer”, bisa kita simpulkan bahwa sebuah Disjunct dapat berupa kata, frasa, dan seperti yang telah kami sampaikan di atas, klausa. Seperti apa contohnya? Perhatikan kalimat berikut ini:

I didn’t eat the soup.

(Saya tidak memakan sup itu.)

Ini adalah sebuah pernyataan, anggap saja bahwa ada seseorang menyatakan bahwa dia tidak memakan sup yang sedang di bicarakan ini. Sekarang bandingkan makna yang kamu tangkap dari kalimat di atas dengan kalimat berikut ini yang menggunakan sebuah Disjunct:

Fortunately, I didn’t eat the soup.

(Untungnya, saya tidak memakan sup itu.)

Penambahan Disjunct berupa kata “Fortunately” di sini ternyata menambah informasi baru yang merubah kesan dari kalimat tersebut. Dari sini kita akhirnya bisa tau bahwa si pembicara (speaker) ini ternyata merasa “lega” bahwa dia tidak memakan sup yang sedang dibicarakan ini, entah karena sup nya basi atau mengandung racun misalnya, sehingga dia pun terhindar dari dampaknya karena dia tidak memakan sup tersebut.

Inilah yang dimaksud dengan Disjunct sobat. Penambahannya kedalam sebuah kalimat sebenarnya tidak memiliki pengaruh terhadap makna kalimat awalnya, Disjunct disini seolah olah berada di luar kalimat utama tersebut (outside the syntactic structure). Namun setelah ditambahkan kedalam kalimat, dampaknya ternyata cukup besar, karena apa yang dirasakan pembicara jadi tersampaikan, atau bisa kita katakan bahwa komentar dia, pandangan dia, sikap dia terhadap isi kalimat tersebut jadi bisa tersampaikan kepada pendengar atau pembicara. Supaya lebih jelas, akan saya berikan contoh penggunaan adverb yang memiliki pengaruh terhadap kalimat sehingga sobat bisa membandingkannya dengan penggunaan Disjunct pada contoh di atas. Perhatikan kalimat berikut:

I ate the soup.

(Saya memakan sup itu.)

I ate the soup yesterday.

(Saya memakan sup itu kemarin.)

Kata “yesterday” di sini merupakan contoh dari adverb of time. Jika kita potong kalimat tersebut menjadi “I ate the soup.” Kalimat tersebut sudah merupakan sebuah kalimat yang utuh dan kita pun bisa memahaminya, tapi penambahan keterangan waktu “yesterday” ini membuatnya menjadi jelas tentang “kapan dia memakan sup tersebut”, intinya kata “yesterday” ini telah merubah atau memiliki pengaruh yang penting terhadap makna kalimat awalnya. Hal ini sangat berbeda dengan penggunaan Disjunct dimana arti kalimat awalnya tetap sama saja, meskipun memang kesan keseluruhan yang kita tangkap menjadi berubah.

Perlu sobat ketahui juga bahwa dari segi letaknya dalam sebuah kalimat, Disjunct ini bisa muncul di awal kalimat, seperti yang telah dicontohkan di atas, di tengah maupun di akhir kalimat. Hal ini bisa dilakukan karena seperti yang telah kami nyatakan di atas bahwa Disjunct ini benar benar merupakan struktur yang berada di luar kalimat tersebut. Ingat, dalam penggunaannya, selalu pisahkan antara Disjunct ini dengan kalimat yang dikomentarinya dengan menggunakan tanda baca comma (tanda koma), jadi bila dia muncul di tengah, maka Disjunct tersebut akan di apit dua comma.

Beberapa Contoh Disjunct Dalam Bahasa Inggris

Frankly, it is not as good as I think it is.

(Jujur saja, itu tidak sebagus yang aku pikirkan.)

Interestingly, the paintings that you choose draw more attention than the others.

(Menariknya, lukisan yang kamu pilih menyedot lebih banyak perhatian dibandingkan dengan yang lainnya.)

This place, in my opinion, is creepy.

(Tempat ini, menurut pendapat saya, sangat mengerikan.)

Oke deh sobat, sampai disini pembahasan kita mengenai pengertian dan contoh Disjunct dalam grammar Bahasa Inggris, semoga bermanfaat. Terimakasih banyak untuk waktu yang telah sobat laungkan untuk membaca artikel yang kami sediakan, kami harap kamu menyukainya. Baca juga postingan terbaru dari kami yang berjudul Penjelasan Lengkap Ditransitive Verbs dan Contoh Kalimatnya.

Referensi:

  1. Disjunct – http://www.englishlanguageguide.com/grammar/disjunct.asp – Diakses tanggal 24 September 2017
  2. Definition and Examples of Disjuncts in English Grammar – https://www.thoughtco.com/disjunct-grammar-term-1690468 – Diakses tanggal 24 September 2017
  3. Disjunct (linguistics) – https://en.wikipedia.org/wiki/Disjunct_(linguistics) – Diakses tanggal 24 September 2017
  4. Adjunct, Disjunct, dan Conjunct (Part 2) – https://www.wordsmile.com/adjunct-disjunct-conjunct-2 – Diakses tanggal 24 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *