Penjelasan Dan Contoh Benda Uncountable Noun Beserta Artinya


Salah satu hal penting untuk kita ketahui adalah perbedaan countable dan uncountable noun dalam Bahasa Inggris, karena perbedaan ini akan berpengaruh dalam penggunaan determiners dan juga verb. Jika kita tidak mengenali keduanya dengan baik, kita bisa melakukan kesalahan nantinya dalam membuat kalimat. Terlebih lagi jika kita sedang dihadapkan dengan soal tes yang meminta kita untuk memilih kata yang tepat untuk melengkapi suatu kalimat.

Bentuk soal melengkapi kalimat yang mengandung uncountable noun atau countable noun sangat sering muncul lho dalam Tes TOEFL, misalnya saja ada sebuah kalimat yang menggunakan uncountable noun di posisi subject, kemudian bagian verb nya dihilangkan dan kita diminta memilih kata kerja mana yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut, nah bayangkan kalau kamu belum mempelajari pengertian dan juga contoh benda uncountable noun dalam Bahasa Inggris, bisa bisa kamu mengira bahwa noun tersebut bukanlah dalam bentuk uncountable noun namun dalam bentuk countable noun, tentunya ini akan berakibat fatal bagi hasil tes yang kamu kerjakan. Karena materi uncountable noun ini penting banget, Yuk simak penjelasan dari kami. – Bigbanktheories.com

Uncountable Noun List

Contoh Uncountable Noun

Pengertian Uncountable Noun

Materi ini akan kita bahas secara bertahap, pada bagian ini kita akan mempelajari penjelasan atau pengertian uncountable noun yang dikenal juga dengan sebutan mass nouns, kemudian kita juga akan mempelajari contoh benda uncountable noun beserta artinya. Jadi, apakah uncountable noun itu ?

Related: Penjelasan Serta Contoh Inherent Dan Non-Inherent Adjective

Uncountable noun adalah kata benda yang tidak bisa kita hitung dengan angka. Uncountable noun ini bukanlah individual objects dan tidak bisa kita pisahkan menjadi element atau bagian bagian karena dianggap akan jadi terlalu kecil dan bahkan terlalu tidak berbentuk (Cairan, Bubuk, Gas, dll). Contohnya saja ada sekumpulan kambing, kita bisa memisahkannya menjadi “satu kambing” atau “dua kambing” kan, ini yang disebut Countable Noun atau kata benda yang bisa dihitung. Hal ini berbeda jika kata benda nya adalah “Susu”, bisakah kita memisahkannya menjadi “Satu susu” dan “Tiga susu” ? tentu tidak, nah inilah yang dimaksud dengan uncountable noun. Sebenarnya kita bisa menghitung “Susu” atau uncountable noun lainnya, namun kita akan membutuhkan bantuan berupa kata lain yang menunjukkan ukuran misalnya Segelas (a glass), secangkir (a cup) dan sebagainya.

Uncountable noun umumnya selalu diperlakukan sebagai Singular meskipun uncountable noun ini bukan merupakan individual objects. Oleh karena itu, dalam pemakaiannya di dalam sebuah kalimat, uncountable noun akan berpasangan dengan bentuk verb untuk singular juga. Baca lagi materi tentang Singular and Plural Noun dalam Bahasa Inggris agar kamu lebih mengerti.

Contoh Benda Uncountable Noun Beserta Artinya

Setelah mempelajari pengertian uncountable noun, kini saatnya kita mengenal beberapa contoh benda yang termasuk kedalam uncountable noun dan juga artinya. Perhatikan daftar kata berikut ini :

Uncountable Noun List (Daftar Uncountable Noun)

Milk, Tea, Oil, Coffee, Honey, Water

Rice, Flour, Salt, Sugar, Grain, Sand

Butter, Cheese, Meat, Noodle

Beauty, Anger, Fear, Knowledge, Happiness

Rain, Snow, Wind, Lightning, Snow

Oxygen, Fog, Air, Smoke, Money

Nah itulah tadi beberapa contoh benda uncountable noun, dan kami yakin kamu sudah tau ya arti dari kata kata tersebut, jika belum, coba cek di kamus. Sekarang ayo kita lanjutkan mempelajari contoh penggunaan uncountable noun beserta artinya.

Penggunaan Singular Verb Untuk Uncountable Nouns

This milk is tasteless. (Susu ini tawar / hambar)

The noodle seems delicious. (Mi itu terlihat lezat)

Penggunaan Article Dengan Uncountable Nouns

Umumnya kita tidak menggunakan article a/an bersama dengan uncountable nouns. Jika kita ingin menggunakan article a/an, maka kita harus mengikuti pola berikut ini “a . . . . . of ”, bagian titik titik ini bisa kita isi dengan kata yang menunjukkan ukurannya. Perhatikan contoh berikut :

A glass of milk.

A slice of cheese.

Penggunaan Kata Some, Any, A little, Dan Much Dengan Uncountable Nouns

Kita bisa menggunakan kata kata tersebut bersamaan dengan sebuah uncountablenoun secara langsung tanpa mengikuti pola khusus. Misalnya saja dalam contoh berikut ini :

Add some sugar into the cooking pot.

I don’t have any money.

Gunakan “How Much” Untuk Menanyakan Quantitas (Banyaknya) Uncountable Nouns

How much sugar do you want in your tea ?

How much water do you drink in one day ?

Plural Uncountable Nouns

Ada beberapa kata dari uncountable yang memiliki bentuk plural saja tanpa memiliki bentuk singular. Berikut ini beberapa kata tersebut : trousers, scissors, pants, jeans, goods, glasses, groceries.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar materi Uncountable Noun dalam Bahasa Inggris. Semoga bisa kamu mengerti dengan mudah ya sobat penjelasan dan juga contoh uncountable yang kami berikan dalam artikel ini. Ingatlah, jika suatu saat kamu menemukan sebuah kata benda baru, jangan lupa untuk memeriksa apakah noun tersebut termasuk kedalam countable atau uncountable noun.

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *