Penjelasan Dan Contoh Announcement Text Dalam Bahasa Inggris


Membaca dan memahami penjelasan tentang pengertian announcement dalam Bahasa Inggris sangatlah penting. Terutama bagi siswa SMP dan SMA yang tentunya mempelajari materi tentang announcement text ini disekolah. Dengan membaca artikel yang berisi penjelasan dan contoh announcement text dalam Bahasa Inggris berikut ini, akan sangat membantu dalam proses memahami pengertian announcement serta fungsi atau kegunaannya.

Sebenarnya untuk mengetahui arti atau pengertian announcement kita bisa menerjemahkannya dengan kamus atau aplikasi penerjemah saja. Tapi apakah itu saja sudah cukup untuk membantu kita agar benar – benar memahami seperti apakah announcement text itu? Mungkin tidak ya, untuk itulah kami sudah merangkum materi Bahasa Inggris tentang announcement dan akan membagikannya lewat artikel ini. Jadi dengan membaca artikel ini sampai selesai, mudah – mudahan kita akan bisa memahami pengertian announcement dengan lebih mudah. – Bigbanktheories.com

Announcement Text

Text Announcement

Pengertian Dan Contoh Announcement Dalam Bahasa Inggris Terlengkap

Announcement atau yang arti dalam Bahasa Indonesianya adalah Pengumuman, merupakan suatu pernyataan baik dalam bentuk lisan ataupun tulisan yang bertujuan untuk memberitahukan suatu informasi agar diketahui oleh orang banyak. Dalam membuat sebuah announcement atau pengumuman, umumnya digunakan kalimat dalam bentuk present tense dan juga imperative (perintah).

Related: Contoh Procedure Text Simpel Tentang How To Operate Printer

Sebuah teks bisa kita masukkan dalam kategori announcement atau pengumuman jika terdapat pesan yang ingin disampaikan kepada banyak orang di dalamnya. Announcement atau pengumuman ini biasanya diletakkan di tempat – tempat public yang mudah dijangkau orang banyak dan berisi pesan – pesan positif atau informasi mengenai suatu event atau kegiatan.

Contoh Announcement Tentang Bazaar

Contoh Announcement

Berikut ini contoh – contoh yang juga termasuk kedalam kategori atau jenis announcement.

1. Caution, Notice dan Warning

Caution, Notice dan Warning merupakan teks yang berisi pemberitahuan atau peringatan yang ditujukan sebagai informasi kepada orang banyak. Ciri – cirinya adalah seperti berikut :

  • Berupa teks singkat dan mudah dipahami.
  • Ditulis dengan huruf capital.
  • Terkadang disertai gambar.

Lalu adakah perbedaan antara caution, notice dan warning? Ya, memang terdapat perbedaan diantara ketiganya walaupun tidak begitu besar. Penjelasan tentang tentang perbedaan diantara ketiganya dapat dibaca di artikel tentang Perbedaan Coution Notice Dan Warning.

Contohnya :

CAUTION

CHEMICAL STORAGE ONLY

NO FOOD OR BEVERAGE IS

ALLOWED IN THIS UNIT

Announcement ini adalah larangan untuk orang lain untuk melakukan sesuatu. Dalam contoh diatas, yang dilarang adalah menyimpan makanan dan minuman di area tersebut, karena area tersebut digunakan untuk penyimpanan bahan – bahan kimia.

NOTICE

DO NOT THROW

TRASH IN THE TOILET

Announcement ini juga merupakan larangan untuk orang lain. Yang dilarang dalam announcement diatas adalah membuang sampah di dalam toilet.

WARNING:

LASER RADIATION

DO NOT LOOK AT LASER

WITH REMAINING EYE

Announcement ini berupa peringatan akan bahayanya radiasi sinar laser. Yang dilarang adalah melihat sinar laser tersebut secara langsung dengan mata telanjang tanpa pengamanan.

2. Schedule

Schedule atau jadwal juga termasuk kedalam kategori announcement. Hal ini karena di dalam tabel jadwal terdapat informasi mengenai urutan atau rencana kegiatan dengan pembagian waktu pelaksanaan yang detail atau rinci. Beberapa contoh schedule atau jadwal misalnya : class schedule, flight schedule, dan event schedule.

Announcement (pengumuman) memang dapat dikemas dengan berbagai bentuk dan tampilan, dan walaupun masing – masing jenis announcement yang telah kita bahas di atas memiliki perbedaan, semuanya tetap berfungsi sama yaitu fungsi utama announcement untuk memberitahukan informasi agar diketahui orang banyak. Oh ya, perlu kita ingat juga, semua jenis announcement diatas bisa kita temukan di tempat – tempat umum dan tempat yang mudah dijangkau oleh pengelihatan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *