Penjelasan Dan Contoh Adjective Dalam Kalimat Bahasa Inggris


Pengetahuan tentang pengertian adjective (kata sifat) adalah hal yang sangat mendasar dan harus dikuasai siswa, mahasiswa atau siapapun yang sedang belajar bahasa Inggris. Karena perannya sebagai salah satu dari Part of Speech, adjective memberikan pengaruh yang besar dalam pembentukan suatu kalimat.

Selain memahami Pengertian adjective dan contoh pemakaian adjective dalam kalimat, kita juga perlu mengamati bagaimana sebenarnya penempatan adjective dalam kalimat Bahasa Inggris yang tepat. Karena nantinya kita akan sangat sering berurusan dengan penggunaan adjective ini. Misalnya saja, dalam keseharian kita, tidak jarang kita menggambarkan sesuatu atau seseorang dengan kata kata seperti besar, kecil, tinggi, cantik, pintar, rajin, dan sebagainya nah inilah yang termasuk dalam kata sifat atau adjective. Selain contoh diatas, masih sangat banyak kata-kata yang termasuk adjective lho. Kalian pun bisa mencarinya di internet atau kamus. Jika kamu mencoba mencarinya dalam kamus, biasanya adjective di dalam kamus dilambangkan dengan simbol (adj.) setelah kata yang dimaksud. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Dan Penempatan Adjective Dalam Kalimat

Pengertian Adjective

Inilah Pengertian Adjective Dalam Bahasa Inggris

Adjective adalah suatu kata yang berfungsi untuk menerangkan kata benda (noun) ataupun kata ganti orang/benda (pronoun). Biasanya yang digambarkan sifatnya oleh adjective ini adalah seseorang (person), suatu tempat (place), hewan (animal), benda-benda lainnya atau biasa juga sesuatu yang bersifat abstrak (tidak dapat disentuh atau dilihat).

Related: Understood Subjects Dalam Bahasa Inggris Serta Penjelasannya

Jika teman-teman ingin menerangkan sesuatu, pola atau rumus yang harus dipahami ialah umumnya adjective diletakkan di awal suatu noun/pronoun. Berbeda dengan pola dalam bahasa Indonesia yang meletakkan kata sifatnya di akhir. Perhatikan baik-baik perbandingannya dalam contoh berikut:

Contoh:

Beautiful girl (Gadis cantik)

Terkadang dalam bahasa Indonesia, terdapat tambahan kata ‘yang’ dan hal itu tetap tidak merubah arti dari kata tersebut. Misalnya dalam contoh diatas, arti ‘gadis cantik’ ditambahkan kata ‘yang’ menjadi ‘gadis yang cantik’. Berikutnya, perhatikanlah jenis jenis adjective berikut ini.

Beberapa Jenis Adjective Berdasarkan Sumber Kata

Ada beberapa jenis adjective dalam bahasa Inggris yang perlu teman-teman pahami, apa sajakah itu?

Original Adjective

Original adjective adalah adjective yang tidak dibentuk dari kata lain yang bukan adjective melainkan memang dari awal kata tersebut adalah adjective. Contohnya adalah kata: hot, cool, tall, short, big, small, dan sebagainya.

Contoh:

Hengky is smart student in my class. (Hengky adalah murid pandai dikelas saya)

Past Participle

Past participle adalah kata kerja bentuk ketiga (v3). Dalam beberapa kondisi, past participle juga dapat digunakan menjadi adjective. Contohnya adalah kata: broken, confused, bored, tired, focused dan sebagainya.

Contoh:

I can’t fix your broken window. (Saya tidak bisa memperbaiki jendelamu yang rusak)

Article

Article adalah tambahan kata ‘a’, ‘an’ dan ‘the’ di depan kata benda. Beberapa ahli grammar menyebutkan bahwa article juga termasuk adjective.

Contoh:

I have an apple. (Saya mempunyai sebuah apel)

Possessive Pronoun

Possessive pronoun adalah kepemilikan suatu benda oleh seseorang atau sesuatu. Kata yang termasuk possessive pronoun antara lain: my, your, his, her, their, our dan their. Meskipun tidak menerangkan noun/pronoun, namun para ahli grammar menyebutkan bahwa possessive pronoun tetaplah termasuk adjective.

Contoh:

I borrowed her book yesterday. (Saya meminjam buku dia kemarin)

Demonstrative Adjective

Demonstrative adjective adalah kata yang menunjuk pada sesuatu atau seseorang, seperti: these, this dan that.

Contoh:

I love this bag so much. (Saya sangat menyukai tas ini)

Interrogative Adjective

Interrogative adjective adalah kata tanya yang digolongkan kedalam adjective, yaitu: what dan which.

Contoh:

Which table should be moved? (Meja yang mana yang harus dipindahkan?)

Beberapa Jenis Adjective Berdasarkan Sifatnya

Stative Adjective

Stative adjective adalah kata sifat yang menunjukkan sebuah kondisi yang cenderung permanen atau berlangsung lama. Contohnya seperti: black, small, big, tall, white dan sebagainya.

Contoh:

My bestfriend from Germany has black hair. (Teman baik saya dari Jerman memiliki rambut yang hitam)

Dinamic Adjective

Dinamic adjective adalah kata sifat yang berhubungan dengan sifat manusia dan biasanya cenderung berubah-ubah. Contohnya seperti: playful, foolish, friendly, dan sebagainya.

Contoh:

I know that Rina is friendly girl. (Rina adalah seorang gadis yang bersahabat)

Inherent Adjective

Inherent Adjective adalah kata sifat yang menujukkan secara langsung sebuah noun atau pronoun yang diterangkannya. Contohnya adalah ‘slim girl’ yang berarti ‘girl who is slim’

Contoh:

Hermansyah is a tall guy. (Hermansyah adalah laki-laki yang tinggi)

Non-inherent Adjective

Non-inherent adjective merupakan kebalikan dari inherent adjective. Contohnya seperti ‘my old friend’ yang bukan berarti ‘my friend who is old’, namun menunjukkan sebuah friendship atau yang telah lama berlangsung.

Contoh:

Hany is my old friend. (Hany adalah sahabat lama saya)

Contoh Penggunaan Dan Penempatan Adjective Dalam Kalimat Bahasa Inggris

He has two big villas in Bandung. (Dia memiliki dua villa yang besar di Bandung)

Mary is beautiful and smart girl. (Mari adalah gadis yang cantik dan pintar)

Today is very hot. (Hari ini sangat panas)

I have little dog in my house. (saya mempunyai anjing kecil di rumah)

You are my best partner. (Kamu adalah rekan terbaik saya)

Which plate should be cleared? (Piring mana yang harus dicuci?)

This situation makes me angry. (Situasi ini membuatku marah)

This is her responsibilities. (Ini adalah tanggung jawabnya)

I drink infused water every morning. (Saya meminum infused water setiap pagi hari)

I want to buy an umbrella. (Saya ingin membeli sebuah payung)

Demikianlah Penjelasan Dan Contoh Adjective Dalam Kalimat Bahasa Inggris. Semoga penjelasan yang kami berikan dalam artikel ini bisa membantu sobat yang sedang mencari materi tentang adjective dalam Bahasa Inggris. Apabila menurut teman-teman materi ini bermanfaat, silakan di share ya bisa melalui Facebook, Twitter, Instagram atau social media lainnya. Jika teman-teman memiliki pertanyaan atau tanggapan, tuliskan di kolom komentar ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *