Penggunaan Neither Dengan Pola Neither + Auxiliary + Subject


Pola penggunaan kata neither dalam kalimat sangatlah beragam. Meskipun begitu, jika kita artikan dengan menggunakan kamus, pengertian kata neither sebenarnya sama saja yaitu “juga tidak”, atau bisa kita katakan bahwa kita menggunakan kata “neither” untuk menunjukkan persetujuan (agreement) atas sebuah pernyataan yang bermakna negatif (negative statement).

Penggunaan kata neither salah satunya bisa kita lakukan dengan menggunakan pola atau rumus berikut ini: Neither + Auxiliary + Subject, atau sebagian orang ada yang lebih suka menyebut pola ini dengan “Neither . . . I”, karena pada umumnya subject yang digunakan adalah dalam bentuk first person seperti “I” dan “We”, sedangkan untuk bagian titik titik bisa kita isi dengan auxiliary verb yang sesuai. Yuk kita pelajari lebih lanjut tentang penggunaan kata neither dalam penjelasan di bawah ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Penggunaan Pola Kalimat Neither + Auxiliary + Subject

Neither + Auxiliary + Subject

Neither + Auxiliary Verb + Subject

Seperti yang telah kami sampaikan melalui judul artikel dan juga ulasan singkat di atas bahwa pola yang akan kita pelajari adalah Neither + Auxiliary + Subject. Disini, auxiliary yang bisa kita gunakan dapat berupa primary auxiliary verb (do, be, have, etc) maupun modal auxiliary verb (will, can, etc). Sedangkan untuk subject, umumnya yang digunakan adalah I dan We. Karena bentuk subject yang umum digunakan inilah sebabnya pola penggunaan kata neither yang satu ini lebih dikenal juga dengan rumus “neither …I”. Saya yakin sobat sudah kenal dengan contoh lainnya seperti: neither will I, neither have I, neither can I dan sebagainya.

Related: Bentuk Comparative Dan Superlative Degree Dalam Adverb

Contoh Kalimat Neither + Auxiliary Verb + Subject

He can’t drive a car and neither can I.

(Dia tidak bisa mengendarai mobil dan begitu juga saya.)

Andi won’t buy Siomay in that place anymore. – Neither will I.

(Andi tidak akan membeli Siomay di tempat itu lagi. – Saya pun juga begitu.)

They weren’t able to complete the assignment on time. – Neither were we.

(Mereka tidak mampu menyelesaikan tugas tepat waktu. – Kami pun juga begitu.)

Riki didn’t seem satisfied about this decision and neither did Eka.

(Riki tidak terlihat puas dengan keputusan ini dan begitu juga Eka.)

Jika kita perhatikan dari contoh yang kami tampilkan di atas, terlihat bahwa pola neither will I, neither can I dan yang lainnya lebih sering digunakan sebagai respon yang terpisah dari kalimat utama nya ya, nah perlu di perhatikan juga nih sobat.

Oke deh sobat, sampai disini saja pembahasan singkat dari kami tentang penggunaan kata neither dengan mengikuti pola neither + auxiliary + subject. Semoga bermanfaat dan bisa dipahami dengan mudah, jangan lupa untuk membagikan artikel ini di sosmed kamu. Terimakasih untuk kunjungannya hari ini, sampai jumpa lagi lain waktu.

Referensi:

  1. Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat Neither … I – http://www.wordsmile.com/contoh-kalimat-neither-do-i – Diakses tanggal 26 Januari 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *