Penggunaan Kata So Dan Such Sebagai Adverb Dalam Kalimat


Selamat pagi sobat setia bigbanktheories.com. Kali ini kita akan membahas dua kata yang sudah tidak asing lagi penggunaannya dalam kehidupan sehari hari. Kata apa sajakah yang kami maksudkan ? Yak, tepat sekali, pagi ini kita akan membahas tentang cara penggunaan serta contoh kata “So” dan “Such” dalam kalimat. Pastinya kamu sudah pernah mendengar kedua kata ini dong ya, kan sudah sering muncul dalam iklan makanan di televisi kita. Itu lho, yang dijadikan brand produk sosis yang terkenal dengan jargon “tinggal lef” itu hehe. Nah, sekarang sudah pada ingat kan. Itu salah satu contoh penggunaan kata “So” yang sudah sangat kita kenal. Nah, tapi apa memang benar begitu cara penggunaan kata so dan such yang tepat ? Ayo kita cari tau bersama. – Bigbanktheories.com

Contoh So And Such

Penggunaan Kata So Dan Such

Pengertian So Dan Such

Kata “So” dan “Such” merupakan adverb yang fungsinya untuk member penekanan atas kualitas sesuatu atau seseorang. Kedua kata ini seringnya diartikan sama seperti kata “very” yaitu dalam Bahasa Indonesianya adalah “sangat”. Misalnya saja dalam kalimat berikut ini :

The cake is so good. (Kue itu sangat bagus)

Related: Perbedaan Who Dan Whom Dalam Relative Pronoun Bahasa Inggris

Bagaimana ? sama saja kan dengan pengertian kata “very”. Berikutnya kami akan jelaskan tantang bagaimana caranya menggunakan kata so dan such ini dalam kalimat.

Penggunaan Kata So Dan Such

Dalam menggunakan kata “So” untuk memberikan penekanan makna dalam kalimat, kita bisa meletakkannya setelah adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), dan juga noun phrase yang syaratnya, noun phrase tersebut diawali dengan determiner seperti : many, much, few, dan little. Jika kita tuliskan rumusnya, maka akan menjadi seperti berikut ini :

So + adjective / adverb / (many, much, few, little) . . .

Contoh Kalimat Menggunakan Kata So

He runs so quickly.

Those flowers are so beautiful.

I want to buy so many thing in New York.

Itu tadi adalah cara dan contoh penggunaan kata so dalam kalimat. Sekarang saatnya kita membahas penggunaan kata such.

Saat ingin menggunakan kata “Such” untuk memberi penekanan dalam kalimat, letakkan kata such di depan singular noun (disertai article “a / an”) ataupun plural noun. Jika kita tuliskan maka pola atau rumus kata such dalam kalimat adalah sebagai berikut :

Such + singular noun / plural noun

Contoh Kalimat Menggunakan Kata Such

This is such a great book.

The man bought such expensive cars.

Okedeh sobat, begitulah kurang lebihnya yang perlu kita ketahui seputar penggunaan kata “So” dan “Such” sebagai adverb dalam kalimat. Selamat pagi, selamat mengawali harimu dengan penuh semangat, terimakasih sudah menyempatkan berkunjung ke bigbanktheories pagi ini, have a great day and see you again.

Referensi :

  1. Such or So ? – http://dictionary.cambridge.org/grammar/british-grammar/such-or-so – Diakses tanggal 8 November 2016
  2. Pengertian, Penggunaan, dan Contoh Kalimat So dan Such – http://www.wordsmile.com/pengertian-penggunaan-contoh-kalimat-so-such – Diakses tanggal 8 November 2016

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *