Penggunaan Kata Like Dan As Yang Tepat Dalam Bahasa Inggris


Kata Like memiliki beberapa fungsi dan makna. Namun saat di sejajarkan dengan kata As maka arti kata Like yang dimaksudkan disini adalah “seperti”, karena hal ini sama dengan kata As yang juga bermakna “seperti”. Meski memiliki arti yang sama, namun kedua kata ini digunakan dengan cara yang berbeda dalam kalimat. Temukan dan pelajarilah tata cara penggunaan kata As dan Like untuk mengungkapkan kemiripan yang tepat dalam artikel ini. – Bigbanktheories.com

Contoh Kalimat Like Dan As

Penggunaan Kata Like Dan As Yang Tepat Dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Penggunaan Like dan As

Perbedaan dalam penggunaan kata Like dan As disebabkan karena kedua kata tersebut berasal dari kelas kata atau part of speech yang berbeda. Meskipun memiliki pengertian yang sama, namun kata Like sebenarnya merupakan sebuah preposition (kata depan), sedangkan kata As adalah sebuah conjunction (kata sambung). Nah, karena berasal dari part of speech yang berbeda tentu letak dan fungsinya dalam kalimat pun akan berbeda. Meski hingga saat ini masih banyak yang salah dalam menggunakan kedua kata ini, tapi mulai sekarang kamu harus tau perbedaan serta cara penggunaan kata Like dan As yang tepat.

Sekarang sobat sudah tau kan bahwa kata Like dan As itu berbeda, nah selanjutnya yang perlu kita pelajari adalah bagaimana cara penggunaan yang benar untuk masing masing kata tersebut. Untuk itu, sobat bisa mengikuti pola kalimat atau rumus dalam menggunakan Like dan As sebagai cara mengungkapkan kemiripan berikut ini.

Related: Baca Artikel Ini Untuk Tau Perbedaan Antara Must Dan Have To

Aturan Penggunaan Kata Like

Khusus untuk mengungkapkan kemiripan, kata Like berfungsi sebagai preposition. Dengan begini yang muncul setelahnya adalah berupa noun atau pronoun dan bukan sebuah clause. Jika kita tuliskan, pola kalimat atau rumus Like akan terlihat seperti berikut:

Like + Noun (phrase) / Pronoun

Contoh Kalimat Like:

My friend is like a stewardess.

(Temanku seperti seorang pramugari.)

Aturan Penggunaan Kata As

Kata As saat digunakan untuk mengungkapkan kemiripan berfungsi sebagai conjunction. Dan seperti conjunction pada umumnya yang menjadi penghubung antar clause, maka yang muncul setelah kata As adalah berupa sebuah clause atau lebih tepatnya sebuah dependent clause. Ingat, sebuah clause setidaknya harus memiliki subject dan predicate (verb). Pola atau rumus As jika kita tuliskan akan terlihat seperti berikut ini:

As + Dependent clause (subject + verb)

Contoh Kalimat As:

My friend talked as if he knew everything.

(Temanku berbicara seperti dia tau segalanya.)

Itulah tadi sobat penjelasan singkat tentang cara penggunaan kata Like dan As dalam kalimat. Semoga bisa dipahami dengan mudah ya. Sekarang sebelum kami mengakhiri artikel ini, kami akan menampilkan beberapa contoh kalimat menggunakan kata Like dan As.

Contoh Kalimat Like dan As

You are just like my sister.

(Kamu mirip seperti saudara perempuanku.)

Your laptop is like mine.

(Laptop milikmu seperti milikku.)

Nobody loves me as she does.

(Tidak ada yang mencintaiku seperti dia.)

She can speak Japanese as I do.

(Dia bisa bicara dengan Bahasa Jepang seperti saya.)

Sekian pembahasan materi Bahasa Inggris tentang penggunaan kata Like dan As yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat. Terimakasih untuk kunjunganmu hari ini, jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya yang sudah kami sediakan di website ini, sampai jumpa lagi dalam artikel lainnya.

Referensi:

  1. Like / As (Preposition vs. Subordinate Conjunction) – http://www.wordsmile.com/like-as – Diakses tanggal 2 Februari 2017
  2. Like vs. As – http://www.grammar.cl/Notes/Like_vs_As.htm – Diakses tanggal 2 Februari 2017

Simpan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *